Artikel Baru

Manfaat Tongkol Jagung Untuk Ternak

PEMANFAATAN TONGKOL JAGUNG SEBAGAI PAKAN TERNAK RUMINANSIA
Allow, selamat siang, di kesempatan akan dibahas tentang manfaat tongkol jagung untuk ternak PEMANFAATAN TONGKOL JAGUNG SEBAGAI PAKAN TERNAK RUMINANSIA simak selengkapnya lebih dalam tentang PEMANFAATAN TONGKOL JAGUNG SEBAGAI PAKAN TERNAK RUMINANSIA.

Parent Category: Written by Suryani, Ely Novrianty,dan Gohan Octora Manurung Hits: 19381

  • Print
  • Email

Tongkol jagung atau janggel, merupakan bagian dari buah jagung setelah biji dipipil. Kandungan nutrisi tongkol jagung berdasarkan analisis di Laboratorium Ilmu Makanan Ternak meliputi kadar air, bahan kering, protein kasar dan serat kasar berturut-turut sebagai berikut 29,54; 70,45; 2,67 dan 46,52% dalam 100% bahan kering BK).

Tongkol jagung merupakan sisa hasil pertanian yang masih memiliki kualitas yang rendah. Tongkol jagung digunakan sebagai bahan konsentrat pada pakan ternak ruminansia. Kandungan serat kasar tinggi, protein dan kecernaan rendah. Oleh karena itu, dalam pemanfaatannya sebagai bahan pakan, tongkol jagung perlu ditingkatkan kualitasnya antara lain dengan teknologi pengolahan amoniasi fermentasi (amofer) atau pembuatan silase.

PEMANFAATAN TONGKOL JAGUNG SEBAGAI  PAKAN TERNAK RUMINANSIA

Upaya peningkatan kualitas tongkol jagung sebagai pakan ruminasia dapat dilakukan dengan perlakuan fisik, kimiawi, biologi atau gabungan perlakuan tersebut. Perlakuan fisik dengan pencacahan dapat digabungkan dengan perlakuan kimiawi berupa amoniasi dan perlakuan biologi yaitu fermentasi menggunakan starter mikrobia sellulolitik. Salah satu fungsi amoniasi adalah memutus ikatan lignoselulosa dan hemiselulosa serta menyediakan sumber N untuk mikrobia, sedangkan fungsi fermentasi adalah dapat menurunkan serat kasar dan sekaligus meningkatkan kecernaan bahan pakan berserat. Proses fermentasi bertujuan menurunkan kadar serat kasar, meningkatkan kecernaan dan sekaligus meningkatkan kadar protein kasar (Tampoebolon, 1997). Penggunaan teknologi amoniasi fermentasi, dapat meningkatkan kandungan protein kasar tongkol jagung dengan menurunkan kandungan serat kasar, serta meningkatkan kecernaan tongkol jagung, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pakan yang baik untuk ternak ruminansia.

Cara pembuatan Amoniasi tongkol jagung dengan menggunakan bahan kimia ( Otea) adalah sebagai berikut:

  1. Alat dan bahan yang diperlukan: Tongkol jagung,Timbangan, mesin penggiling,plastik besar  warna hitam, bak air, urea 3% dari berat tongko jagung dan Gayung
  2. Cara pembuatan amoniasi tongkol jagung menggunakan orea adalah: Timbang tongkol jagung sesuai kebutuhan, setelah itu tongkol jagung di giling, larutkan orea ke dalam air, Air digunakan sebanding dengan berat tongkol jagung, untuk mendapatkan bahan kering campuran lebih kurang 60%. Larutan tersebut dicampurkan dengan tongkol jagung yang sudah digiling, setelah dicampur masukan tongkol jagung tersebut ke dalam plastih hitam, kemudian ikat dengan tali dan disimpan dalam keadaan kedap udara  selama  21 hari.

Setelah 21 hari sebelum digunakan tongkol jagung amoniasi di angin-anginkan dahulu selama satu malam untuk menguapkan sisa amoniak yang tidak terserap dalam tongkol jagung, setelah itu tongkol jagung amoniasi siap untuk digunakan. Pemberian tongkol jagung amoniasi yang dicampur dengan konsentra dengan perbandingan 1:1 dapat meningkatkan pertumbuhan ternak Domba 90 gram /ekor/hari.

Sumber : ekasetiawanfapetunja.blogspot.co.id

PEMANFAATAN TONGKOL JAGUNG SEBAGAI  PAKAN TERNAK RUMINANSIA

Begitulah detil perihal PEMANFAATAN TONGKOL JAGUNG SEBAGAI PAKAN TERNAK RUMINANSIA semoga info ini bermanfaat terima kasih

untuk info mesin penghancur janggel jagung bisa menghubungi kami. 

mesin giling janggel jagung

Tulisan ini diposting pada tag

http://lampung.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/berita/4-info-aktual/651-pemanfaatan-tongkol-jagung-sebagai-pakan-ternak-ruminansia

No comments