Artikel Baru

Jual Mesin Oven Kopra - Alat Pengering Kopra

Jual Mesin Oven Kopra

cara membuat oven kopra , harga mesin pengering kopra, bisnis kopra putih, tungku pengering kopra putih, cara membuat mesin pengering kopra, daftar harga oven kopra, proses pembuatan kopra, harga oven pengering kelapa.

Mesin Oven Kopra
Mesin Oven Kopra



Fungsi : Mengeringkan daging kelapa untuk membuat kopra putih, dengan mesin ini pengolahan menjadi lebih gampang dan mudah tidak terkendala cuaca. perawatan mesin mudah sehingga tidak membutuhkan biaya tinggi.

alat Mesin Oven Kopra
Alat Mesin Oven Kopra


Kami Bedakan Berdasarkan Kapasitas
Dimensi : 250 x 100 x 90 cm
Material dinding : Plat Stainless Steel (Dalam) dan Mild Steel (Luar)
Material tungku : Besi
Material alas bahan : Stainless Steel
Material rangka : Siku  besi Dan Sthal besi
Sistem pengeringan : Box Dryer
Penggerak : Dinamo ½ HP
Kapasitas : 150-180 kg/proses 
Pemanas : LPG
Kipas aksial
Dimensi : 300 x 120 x 90 cm
Material dinding : Plat Stainless Steel (Dalam) dan Mild Steel (Luar)
Material tungku : Besi
Material alas bahan : Stainless Steel
Material rangka : Siku  besi Dan Sthal besi
Sistem pengeringan : Box Dryer
Penggerak : Dinamo HP
Kapasitas : 250-300 kg/proses
Pemanas : LPG
Kipas aksial
Dimensi : 350 x 120 x 90 cm
Material dinding : Plat Stainless Steel (Dalam) dan Mild Steel (Luar)
Material tungku : Besi
Material alas bahan : Stainless Steel
Material rangka : Siku  besi Dan Sthal besi
Sistem pengeringan : Box Dryer
Penggerak : Dinamo HP
Kapasitas : 400-500 kg/proses
Pemanas : LPG
Kipas aksial
Dimensi : 400 x 120 x 90 cm
Material dinding : Plat Stainless Steel (Dalam) dan Mild Steel (Luar)
Material tungku : Besi
Material alas bahan : Stainless Steel
Material rangka : Siku  besi Dan Sthal besi
Sistem pengeringan : Box Dryer
Penggerak : Dinamo HP
Kapasitas : 750-1000 kg/proses
Pemanas : LPG
Kipas aksial

Mutu kopra yang dihasilkan dipengaruhi oleh mutu buah dan proses pembuatannya. Proses ini berlangsung mulai dari pengupasan buah sampai pengeringan daging selesai. Meskipun buah yang dikoprakan memenuhi persyaratan yang diminta, tetapi tidak jarang kopra yang dihasilkan bermutu rendah sekali akibat dari cara pembuatannya yang kurang baik ataupun terjadi kesalahan di dalam proses pengeringannya.
Kadar air kopra dan warna merupakan faktor yang ikut menentukan kwalitas di antara beberapa faktor lainnya seperti kadar asam lemak bebas, kekerasan, bau dan lainnya.Kadar air tertinggi yang diperkenankan dari kopra yang bermutu baik adalah 6 %. Kadar air diatas 6 % akan mendorong pertumbuhan jamur yang merusakkan kopra. Kadar asam lemak bebasnya tidak lebih dari 5%. Warna yang diingini adalah putih, bebas dari kotoran antara lain tanah yang menempel pada waktu buah dibelah dan asap selama pengeringan di rumah pengasapan. Tanah yang menempel pada daging dapat dihindari bilamana tempat pembelahan buah dialas dengan plastik atau lainnya. Asap yang menempel dapat dicegah bilamana pengeringannya tidak dilakukan sebagaimana lazim dilakukan di rumah pengasapan (kiln).

Ada 3 cara pengeringan adalah : penjemuran, penggarangan/pengasapan dan pengeringan dengan udara panas.

Cara pertama menghasilkan kopra yang bermutu tinggi bilamana cuaca baik. Penggarangan/pengasapan menghasilkan kopra yang berwarna coklat sampai kehitaman. Mutu kopra yang dihasilkan dengan udara panas sama dengan kopra yang dijemur dan pembuatannya tidak tergantung kepada keadaan cuaca. Sudah banyak macam alat/mesin yang menggunakan sistim ini, tetapi karena harga maupun biaya eksploitasinya masih diluar kemampuan para petani umumnya, sehingga pemakaian dikalangan mereka masih terbatas sekali. Alat yang dibuat ini dicoba mengkonstruksinya dari bahan yang murah dan mudah diperoleh serta pemakaiannya mudah dan murah pula.

Kopra atau yang biasa kita kenal menjadi daging kelapa yang dikeringkan ini adalah salah satunya bahan baku pembuatan minyak kelapa mentah (CCO) dan produk turunan yang lain. Produk ini ialah salah satunya komoditi andalan Indonesia yang telah di pasarkan sampai ke luar negeri loh, bahan dari sana jadikan menjadi bahan pembuatan beberapa jenis produk seperti minyak goreng, margarin, deterjen, sampai bahan bakar bio diesel. Karena itu sebenarnya beberapa produk semacam itu yang kita gunakan sehari-sehari ya aslinya dari kopra ini. 

Jadi, buat kalian yang belum juga jelas nih, kelapa kopra (Coconut copra) itu utamanya ialah produk daging kelapa yang dikeringkan, maksudnya itu untuk dapat mengekstraksi minyak yang terdapat di dalamnya. Nah proses pembuatan minyak dari kelapa kopra ini sebenarnya telah dikerjakan semenjak dahulu kala, tetapi hasilnya ya masih tetap begitu tradisionil. Proses pengeringannya ini masih tetap dikerjakan dengan tradisionil lewat cara menjemur daging buah kelapanya dibawah paparan cahaya matahari atau juta dapat dengan pengasapan. Tetapi sebab saat ini telah zaman moderen, hasilnya ya dapat kita kerjakan dengan moderen ikut, yakni dengan memakai mesin pengering kopra yang saat ini telah tersedia banyak di market. Nah kelak kelapa yang telah kita buat jadi kopra setelah itu kita proses selanjutnya untuk dapat membuahkan produk minyak kelapa atau produk turunan yang lain yang dapat kita gunakan di kehidupan kita keseharian. 

Butuh kita kenali nih, skema pengeringan kopra yang dikerjakan itu dapat memengaruhi kualitas kopra yang dibuat. Jika kita perhatikan sich ada dua type kopra yang tersebar di market, yakni kopra putih serta kopta cokelat. Kedua-duanya itu adalah dari hasil cara pengeringan yang berlainan. Pengeringan kopra dengan menggunaan mesin pengering akan membuahkan kopra berwarna putih dengan kualitas yang lebih baik jika kita banding dengan cara pengeringan dengan penjemuran dibawah paparan cahaya matahari atau pengasapan. Nah kelapa kopra yang baik itu miliki kandungan air 6%-7%, jika kandungan airnya tidak sampai begitu umumnya kopra akan rawan pada serangan bakteri serta jamur. 

Proses Pembuatan Kopra dengan Cara Pengeringan  :

Penjemuran di bawah cahaya matahari 
Langkah yang pertama ini ya masih tetap termasuk tradisionil, kita tidak perlu perlengkapan papaun, sebab hanya dijemur di bawah paparan cahaya matahari begitu saja. Tetapi langkah tersebut yang menghabiskan waktu sangat lama, dapat sampai 5-7 hari, itu saja bergantung keadaan cuacanya, jika cocok musim hujan waktu yang diperlukan dapat lebih lama kembali, serta kualitas kopra yang dibuat ini terkadang tidak konstan, berjamur, dan kandungan airnya ikut kadang kurang optimal. 

Penjemuran bertudung plastik 
Langkah yang ke-2 ini jika saya katakan sich adalah modifikasi dari penjemuran cahaya matahari, tetapi di tempat ini kita manfaatkan tudung plastik, jadi kopra yang kita jemur itu di area plastik. Jadi skema kerjanya itu, panas yang masuk ke area plastik akan tahan lama, jadi penjemurannya dapat bertambah cepat dari penjemuran biasa. 

Pengasapan 
Langkah yang ke-3 ini sebenarnya ialah tehnik pengeringan yang sangat banyak berkembang di kelompok petani kopra. Triknya itu daging kelapa kita masukan ke para-para tungku pengasapan dengan memakai sabut atau tempurung kelapa menjadi bahan bakarnya dibagian bawah, umumnya sich tehnik ini perlu waktu seputar 3 hari. 

Pengovenan 
Langkah yang ke empat ini ialah tehnik pengeringan kopra yang terunggul untuk dapat membuahkan kopra, sebab zaman saat ini banyak petani serta pabrik yang memakai cara pengeringan ini. Tehnik yang digunakan yaitu dengan memakai oven pengering kopra. Jadi triknya itu ialah kelapa basah kita susun di almari oven yang telah ada, selalu kita panaskan dalam keadaan tertutup, nah setelah itu kita alirkan panas ke oven itu dengan suhu 40-80 C. Panas yang dibuat dari pembakaran biomassa yang membuahkan asap serta panas ini lalu disalurkan oleh blower untuk dapat mengaliri oven pengering kopra. 
Oke, jadi kira-kira semacam itu langkah mengeringkan kopra yang efisien serta efektif. Sebab seperti yang telah saya katakan barusan, kualitas kopra yang dibuat ini begitu bergantung proses dari pengeringannya, jadi jika kita telah tahu tehnik basic pengeringannya itu, bukan tidak mungkin kopra yang dibuat jadi tambah lebih baik. Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna buat rekan-rekan sekalipun yang ingin memproses serta menghasilkan kopra sendiri. Selamat coba serta terima kasih. 

No comments