Artikel Baru

MANFAAT KESEHATAN GLUCOMANNAN - PORANG KONJAC GLUCOMANNAN

MANFAAT KESEHATAN GLUCOMANNAN - PORANG KONJAC GLUCOMANNAN
Hi, selamat pagi, artikel ini akan membahas tentang manfaat porang untuk kesehatan MANFAAT KESEHATAN GLUCOMANNAN - PORANG KONJAC GLUCOMANNAN simak selengkapnya lebih dalam tentang MANFAAT KESEHATAN GLUCOMANNAN - PORANG KONJAC GLUCOMANNAN.

manfaat kesehatan glucomannan
manfaat kesehatan glucomannan

Manfaat kesehatan glucomannan, sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa tepung glucomannan ini berasal dari umbi pohon porang. Umbi pohon porang diproses dengan memisahkan kandungan glucomannan dengan Asam oksalat dan pengikut lainnya. yang mengandung asam oksalat sangat tidak baik untuk kesehatan tulang, terutama karena akan berakibat terjadinya pengapuran pada tulang.

Glucomannan yang terkandung dalam sebuah umbi porang berkisar antara 30% sampai dengan 50% saja. Oleh karena itu umbi porang tidak dapat langsung dikonsumsi.

Tepung Glucomannan ini diperkenalkan pertama kali di Asia Timur terutama di negara china dan jepang. Di negara ini sudah berabad abad lamanya memanfaatkan tepung glucomannan untuk makanan dan kesehatan. Tepung Glucomanan untuk kesehatan utamanya mengobati asma, nyeri payudara, batuk, hernia, luka bakar dan berbagai kelainan kulit. Sedangkan untuk makanan biasa dimasak menjadi mie atau semacam tahu. Mie shiratake sangat digemari di negara jepang. Sehingga beberapa dekade sekarang tepung glucomannan sudah masuk ke kawasan eropa dan amerika.

Penelitian modern mengungkapkan bahwa manfaat kesehatan glucomannan lainnya adalah dapat menurunkan kolesterol plasma secara signifikan, memperbaiki metabolisme karbohidrat, mendorong pergerakan usus dan meningkatkan usus besar yang sehat.

Berikut ada 5 manfaat kesehatan glucomannan yang bisa dirangkum :

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kesehatan glucomannan adalah pada serat dari tepung porang atau glucomanan ini memiliki kandungan kalori yang sangat rendah dan serat tinggi seperti pada sayuran. Sehingga bisa dijadikan makanan alternatif untuk diet penurunan berat badan. Konsumsi serat tepung glucomannan untuk menurunkan berat badan harus disertai dengan pola hidup yang sehat dengan berolah raga secara teratur. Karena pada intinya bahwa tepung glucomanan dapat menimbulkan rasa kenyang yang membuat Anda cenderung tidak makan berlebihan.

Dalam sebuah penelitian tahun 2015, ada 176 orang sehat mempunyai kelebihan berat badan yang menjadi obyek penelitian secara acak diminta menelan suplemen serat atau plasebo (kapsul kosong tidak ada isi) saat diet terbatas kalori. Suplemen serat yang digunakan adalah glucomannan dengan guar gum, glucomannan dengan guar gum dan alginate.

Semua pasien ( subyek) diharuskan mengkonsumsi diet seimbang 1200 kalori ditambah dengan suplemen serat atau plasebo. Setelah periode pengamatan lima minggu, para peneliti menemukan bahwa semua suplemen serat dan diet terkontrol menyebabkan penurunan berat badan dibandingkan dengan plasebo plus diet seimbang 1200 kalori.

Tapi para peneliti menyimpulkan bahwa glucomannan yang berperan dalam diet ini sedangkan guar gum dan alginate bukan penyebab penurunan berat badan.

2. Prebiotik Yang Alami

Makanan probiotik tentu sangat penting untuk kesehatan usus dan kesehatan secara keseluruhan, namun prebiotik sebenarnya membantu “memberi makan” , seperti glucomannan dan bawang putih dan artichoke adalah jenis senyawa serat yang tidak mudah dicerna.

MANFAAT KESEHATAN GLUCOMANNAN - PORANG KONJAC GLUCOMANNAN

Seperti semua prebiotik, glucomannan di dalam tubuh manusia melewati bagian atas saluran  dan tubuh manusia tidak dapat mencerna dan memecahnya. Tapi begitu prebiotik mencapai usus besar, di mana mereka difermentasi oleh microflora usus, mereka menciptakan probiotik.

Tepung dari umbi porang ini adalah prebiotik yang memberi makan bakteri ramah di usus. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2008 menunjukkan bahwa suplementasi glucomannan meningkatkan konsentrasi feses probiotik pada umumnya serta probiotik spesifik. Seperti bifidobacteria dan lactobacilli.

Mengapa ini penting? Asupan prebiotik yang lebih tinggi terkait dengan manfaat, termasuk:

  • Menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular
  • Menurunkan kadar kolesterol agar lebih sehat
  • Bermanfaat untuk kesehatan usus lebih baik
  • Dapat memperbaiki pencernaan
  • Menurunkan respons terhadap stres
  • Memperbaiki keseimbangan hormon agar lebih baik
  • Menjaga fungsi kekebalan tubuh agar lebih tinggi
  • Menurunkan resiko obesitas dan penambahan berat badan
  • Peradangan lebih rendah dan reaksi autoimun

Fakta bahwa tepung dari umbi porang adalah prebiotik adalah salah satu alasan mengapa ia memiliki manfaat selanjutnya.

3. Konstipasi Relief

Konstipasi adalah masalah umum yang biasa disebabkan oleh diet rendah serat, dehidrasi dan kurang olahraga. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa glucomannan berguna untuk penyakit sembelit. Saat dikonsumsi, makanan  yang mengandung tepung glucomannan akan bekerja sebagai prebiotik di sistem pencernakan kita, sehingga sangat membantu untuk pergerakan usus.

Glucomannan juga bermanfaat sebagai obat pencahar alami, yang berarti asupannya mampu mendorong tinja yang lebih besar agar lebih mudah melewati usus besar. Sehingga dapat mendorong tinja dengan hanya membutuhkan sedikit tenaga untuk mengeluarkannya.

Sebuah percobaan pendahuluan dan sejumlah uji coba double blind menemukan glucomannan menjadi pengobatan sembelit yang efektif. Bagi orang yang mengalami konstipasi, glucomannan dan obat pencahar pembentuk curah lainnya biasanya mendorong pergerakan usus dalam 12 sampai 24 jam asupan. Studi telah menunjukkan tiga sampai empat gram agar efektif untuk sembelit.

Satu penelitian tahun 2008 secara khusus menemukan bahwa dosis sederhana dari suplemen glukomanan konjac mendorong pergerakan usus pada orang dewasa yang mengalami konstipasi hingga 30 persen dan memperbaiki ekologi kolon secara umum.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Sebuah analisis sistemik dari 14 studi glukomanan dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, mengungkapkan bahwa penggunaan glucomannan memiliki efek menguntungkan secara signifikan terhadap kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida, serta berat badan dan glukosa darah puasa. Namun, hal itu tidak mempengaruhi kolesterol HDL atau tekanan darah.

Lebih khusus lagi, penderita glukomanan dapat melakukan hal berikut dalam penelitian ini: (8)

  • Mampu menurunkan total kolesterol sebesar 19,3 mg / dL
  • Bermanfaat menurunkan kolesterol LDL dengan 16 mg / dL
  • Menurunkan trigliserida sebesar 11,1 mg / dL
  • Turunkan gula darah puasa sebesar 7,4 mg / dL

Bagaimana proses glucomannan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah yaitu sebagai zat fiber centric, ia mampu menurunkan penyerapan kolesterol di dalam usus. Dan mampu melapisi usus sehingga penyerapan kolesterol oleh tubuh bisa dikurangi dan menggelontorkan cairan dalam usus.

5. Membantu penderita diabetes

Ada lebih dari 20 penelitian ilmiah yang melibatkan glucomannan pada penderita diabetes. Salah satu cara yang dapat membantu penderita diabetes adalah karena menunda proses pengosongan alami lambung, sehingga dapat membantu penyerapan gula secara bertahap dan menurunkan kadar gula darah setelah makan.

MANFAAT KESEHATAN GLUCOMANNAN - PORANG KONJAC GLUCOMANNAN

Sebuah studi yang diterbitkan di Diabetes Care adalah kecil hanya ada 11 kasus hiperlipidemia dan penderita diabetes tipe 2 hipertensi. Studi menujukkan efek yang sangat positif dari serat porang ini. Obyek studi adalah yang dirawat secara konvensional dengan diet rendah lemak dan terapi obat, dengan diberi biskuit yang diperkaya dengan serat umbi porang.

Secara keseluruhan, para peneliti menyimpulkan bahwa penambahan serat porang ke dalam pengobatan konvensional dapat memperbaiki kontrol gula darah, profil lipid darah serta tekanan darah sistolik pada pasien diabetes berisiko tinggi. Pada gilirannya, mereka percaya bahwa serat porang dapat meningkatkan efektivitas pengobatan diabetes tipe 2 konvensional.

Studi lain dengan memberikan makanan yang mengandung serat porang kepada 72 penderita diabetes tipe II  selama 65 hari. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa makanan yang mengandung serat porang sangat bermanfaat dalam pencegahan dan pengobatan hiperglikemia. Hiperglikemia atau gula darah tinggi umumnya menyerang penderita diabetes yaitu kondisi di mana jumlah glukosa (gula) berlebih beredar dalam darah.

Sehingga secara keseluruhan manfaat kesehatan glucomannan dengan meminum kapsul glukomanan. Atau anda dapat memasukkan tepung glucomannan kedalam makanan. Sehingga dapat membantu mengurangi kolesterol dan kadar gula darah dan tekanan darah pada orang dengan diabetes.

Begitulah penjelasan perihal MANFAAT KESEHATAN GLUCOMANNAN - PORANG KONJAC GLUCOMANNAN semoga artikel ini berfaedah salam

untuk pemesanan mesin pengupaspencuci|pengolah} buah porang bisa menghubungi kami. 

mesin pembuat tepung porang

Artikel ini diposting pada tag

https://porang.co.id/2017/06/04/manfaat-kesehatan-glucomannan/

No comments