Artikel Baru

Cara Membuat Pakan Bebek Petelur Yang Murah

8 Jenis Bahan Pakan Alternatif Untuk Ransum Pakan Bebek

Hohoho, bertemu kembali, di kesempatan akan menjelaskan mengenai cara membuat pakan bebek petelur yang murah 8 Jenis Bahan Pakan Alternatif Untuk Ransum Pakan Bebek simak selengkapnya lebih dalam tentang 8 Jenis Bahan Pakan Alternatif Untuk Ransum Pakan Bebek.

Bahan Alternatif digunakan untuk menghemat pengeluaran biaya pakan. Peternak dapat berkreasi dalam pemberian pakan bebek dengan mencari bahan pakan yang murah. Tetapi peternak tetap mampu memenuhi kebutuhan pakan bebek.

Hingga saat ini, peternak maupun pedaging dihadapkan dengan masalah tingginya harga pakan dan ketersediaan yang tidak pasti. Banyak peternak beralih mencari bahan pakan alternatif sebagai bahan penyusun pakannya.

Bahan pakan alternatif adalah bahan pakan lokal yang belum banyak digunakan. Meskipun demikian perlu dilakukan penggalian potensi terhadap sumber daya alam di lingkungan sekitar sebagai bahan pakan alternatif. Mengingat setiap daerah berbeda-beda mengenai potensi bahan yang bisa menunjang kebutuhan pakan ternak bebek.

DOD Hibirida
Masa Panen Bebek hibrida yang terbilang cukup singkat yaitu 45 hari panen dengan bobot mencapai 1 – 1,5 kg

Apa saja yang bisa dijadikan bahan pakan alternarif untuk rasum pakan bebek ?

Berikut 8 jenis bahan paan yang sudah banyak digunakan oleh peternak bebek di Indonesia :

1. Ampas Tahu

Ampas Tahu
Ampas Tahu sebagai bahan pakan alternatf untuk ternak bebek

Ampas tahu adalah limbah padat yang berasal dari bubur kedelai yang sudah tidak digunakan lagi dari proses pembuatan tahu. Tetapi penggunaan pakan ini harus segera mungkin diberikan pada bebek, karena mengandung protein tinggi dan mudah ditumbuhi jamur. Penggunaan ampas tahu sebaiknya dengan dikeringkan terlebih dahulu sampai kadar air kurang dari 13% karena yang diberikan untuk pakan bebek biasanya ampas tahu basah. Yang perlu Anda ketahui adalah tempat pakan harus cepat dibersihkan agar tidak ditumbuhi jamur.

Agar pakan ampas tahu ini bisa lebih tahan lama Anda bisa melakukan langkah-langkah dengan membuat ampas tahu fermentasi yang nanti nya kurang lebih bisa bertahan dalam dua bulan.

2. Ampas Tempe

Ampas tempe ternyata juga memiliki kadar nutrisi yang baik untuk pakan bebek loh

Ampas tempe merupakan limbah dari proses pembuatan tempe. Jenis pakan ampas tempe ini berpotensi sebagai bahan pakan karena ketersediaan yang cukup melimpah. Hal ini dikarenakan banyaknya pabrik tempe yang ada di Indonesia. Namun, penggunaan jenis pakan ini terbatas karena kandungan serat kasarnya yang tinggi.

3. Onggok

Onggok merupakan limbah pengolahan singkong menjadi tepung singkong. Penggunaan onggok terbatas karena kandungan serat kasarnya cukup tinggi.

4. Tepung Bekicot & Keong Mas

Tepung ini banyak digunakan sebagai bahan pakan sumber protein alternatif. Namun, penggunaan tepung bekicot mentah maksimal 15%, sedangkan apabila direbus terlebih dahulu penggunaannya dapat meningkat menjadi 20%.

DOD Hibrida
Dapatkan DOD Bebek hibrida dengan harga terjangkau dengan memesan ditempat kami. Hubungi 0812 2028 8686

5. Nasi Kering

Nasi kering merupakan bahan pakan alternatif sumber energi. Jenis nasi kering atau nasi aking merupakan nasi yang tidak habis dikonsumsi kemudian dikeringkan. Sebaiknya nasi kering tidak berasal dari nasi yang sudah berjamur karena bebek rentan terhadap aflatoksin yang diproduksi jamur mikroskopik.

6. Indigofera sp.

Tanaman Indigofera sp. Merupakan tanaman ini berpotensi tinggi sebagai sumber pakan ternak berkualitas karena mempunyai protein dan energi yang tinggi untuk mendukung meningkatkan produktivitas ternak ruminansia di berbagai agroekosistem.

Indigofera sp adalah legum yang berpotensi menjadi bahan pakan karena memiliki kadar protein yang tinggi. Penggunaannya terbatas dalam pakan karena kandungan proteinnya tinggi dan mengandung antinutrien yaitu sebesar 9,35%.

7. Limbah Tauge

Limbah Tauge yang ternyata dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan pakan alternatif untuk pakan bebek

Limbah tauge sering disebut dengan kulit tauge yang berwarna hijau dan sering dijumpai sebagai limbah pasar sayuran. Jenis limbah ini berpotensi sebagai bahan pakan yang mengandung protein yang cukup tinggi.

8. Biji Kecipir

Selain sering digunakan sebagai bahan masakan para ibu – ibu dirumah, ternyata bermanfaat juga ya untuk bebek.

Kecipir adalah tumbuhan merambat yang banyak dimanfaatkan sebagai sayuran. Biji kecipir banyak digunakan sebagai bahan pakan sumber protein alternatif. Biji kecipir yang berwarna putih dapat digunakan dalam jumlah yang banyak. Namun biji kecipir yang berwarna cokelat dan merah penggunaannya terbatas karena adanya tanin yang merupakan zat antinutrien. Beberapa pengolahan seperti perendaman dapat mengurangi kandungan tanin dalam biji kecipir

Bagaimana teknik pengolahan Bekicot ?

1. Tepung Bekicot Rebus

Proses perebusan bekicot yang kemudian akan dikeringkan dan digiling untuk dijadikan tepung bekicot

Caranya dengan merebus bekicot selama 15-20 menit. Pisahkan daging dan isi organ dalam nya dengan cangkang. Kemudian cuci hingga bersih dan keringkan, lalu digiling hingga halus.

2. Tepung Bekicot Rebus dengan Larutan Garam

Caranya dengan membuat larutan garam dengan melarutkan 1 kg garam pada 20 liter air untuk 50 kg bekicot. Kemudian rebus bekicot menggunakan larutan garam selama kurang lebih 15 menit. Pisahkan daging dan isi organ dari cangkangnya. Kemudian cuci dan keringkan, lalu digiling hingga halus.

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait :

pakan bebek pedaging, pakan bebek pedaging agar cepat besar, komposisi pakan bebek, jual pakan bebek petelur, cara pemberian pakan bebek pedaging, pakan bebek petelur yang murah, takaran pakan itik petelur, campuran pakan bebek pedaging, harga pakan itik petelur, pemberian pakan bebek pedaging, pemberian pakan bebek petelur, cara pemberian pakan bebek petelur, cara pemberian pakan bebek pedaging, bebek peking, ternak bebek, ternak bebek petelur, telur bebek, bebek petelur, cara beternak bebek, makanan bebek, kandang bebek petelur, bebek hibrida, makanan bebek, kandang bebek petelur, bebek hibrida, pakan bebek petelur, itik petelur, harga telur bebek

**Linda Rahmawati Choiriyah**

*

Oke pembahasan perihal 8 Jenis Bahan Pakan Alternatif Untuk Ransum Pakan Bebek semoga tulisan ini berfaedah terima kasih

Tulisan ini diposting pada tag

https://jualayamhias.com/bahan-pakan-alternatif/

No comments