Artikel Baru

Cara Membuat Pakan Bebek Yang Murah

cara membuat pakan ternak domba yang murah dan praktis

Hallo, selamat sore, pada kali ini akan dibahas tentang cara membuat pakan bebek yang murah cara membuat pakan ternak domba yang murah dan praktis simak selengkapnya lebih dalam tentang cara membuat pakan ternak domba yang murah dan praktis.

Cara membuat pakan ternak domba yang murah dan praktis

Domba dan Kambing adalah  jenis ternak ruminasia yang sejak jaman dahulu  dulu menjadi jenis hewan yang paling diminati oleh para peternak dengan alasan mudah dalam pemeliharaannya, modal relatif  murah, mudah mendapatkan keuntungan. Ternyata Cara membuat pakan ternak domba yang murah dan praktis itu mudah dipraktekkan.

Cara pemeliharaan yang dilakukan oleh peternak pada umumnya adalah membuat kandang ternak sederhana yang didirikan di sekitar rumah tinggal. Bahakan cara yang paling sederhana adalah dengan menggembalanya di tanah lapang, padang rumput atauu perswahan dan perkebunan.

cara membuat pakan ternak domba yang murah

Metode pemeliharaan domba atau kambing seperti tersebut diatas adalah cara pemeliharaan hewan masa lalu yang mana kondisi dan situsi saat itu masih mendukung. Seiring perubahan jaman dan perubahan iklim yang cepat berubah dan sulit diramalkan maka lahan pertanian menjadi lebih sempit karena masyarakat lebih memilih mengembangkan kawasan industry karena secara perekonomian lebih menjanjikan. Selain itu semakin hari lahan pertanian menjadi lebih sempit karena semakin banyak didirikan bangunan rumah tinggal, perkantoran kawasan industri. Akibat dari perubahan fungsi tanah dan lahan tersebut maka semakin sempitnya tanah yang dapat ditanami tumbuhan dan rumput. Hal ini secara tidak langsung membuat stok pakan ternak semakin menipis.

Kondisi akan perubahan iklim dan fungsi lahan menjadikan persediaan pakan rumput segar untuk ternak domba , kambing, sapi dan ternak ruminansia lainnya semakin menipis dan susah dicari. Hal ini peternak harus pintar memutar otaknya untuk mencari tahu bagaimana cara membuat pakan ternak domba yang murah dan praktis.

Peternak harus memiliki kemampuan untuk membuat pakan pada saat supliy hijauan menurun

Untuk pelaku peternakan baik masih dalam skala kecil maupun besar , biaya terbesar dalam biaya operasional sehari-hari adalah pakan. Pakan merupakan  salah satu faktor dari tiga faktor penentu  keberhasilan dari usaha  peternakan. Adapun rincian faktor keberhasilan sebuah usaha peternakan adalah: penentuan bibit ternak yang mengambil porsi sebanyak 15%, proses bududaya sebanyak 15 % dan yang terakhir adalah pakan sebanyak 70%. Memang benar adanya bahwa pakan  mempunyai pengarih paling besar terhadap keberhasilan  usaha pakan ternak.

cara membuat pakan ternak domba yang murah dan praktis

Nah dari penjabaran diatas bagi peternak domba harus mencari informasi bagaimana cara membuat pakan ternak domba yang murah. Semakin pas komposisi pakan makan semakin efisian alokasi biaya penyediaan pakan.

Berbagai  cara membuat pakan ternak domba yang murah dengan sangat mudah  didapatkan dari berbagai sumber seperti internet, buku-buku peternakan, buku- buku argobisnis, mengikuti kelompok bejalar dengan para peternak maupun mengikuti kursus-kursus peternakan yang banyak ditawarkan dinas peternakan dan pertanian.

Dengan berbekal pengetahuan pakan yang kami miliki kami ingin sekali berbagai bagaimana cara membuat pakan ternak domba yang murah. Beberapa teknik dapat diterapkan sesuai dengan kondisi masing masing peternak.

Adapun cara membuat pakan ternak domba yang murah diantaranya adalah:

A. Pakan dengan cara fermentasi

Pakan fermentasi adalah pakan ternak yang  pengolahannya dengann cara  memalji perubahan struktur kimia dari bahan organic dengan diberikan enzim mikroorganisme/ bakteri.

 Keunggulan dari pakan fermentasi ini adalah:

  1. Bahan bakunya sangar mudah didapatkan
  2. Bahan pakan yang telah diolah dengann cara fermentasi mempunyai kandungan gizi pakan yang sangat tinggi dibandingkan jenis pakan lainnya
  3. Pakan fermentasi sangat mudah untuk dicerna sehingga nutris dari sumber pakan tersebut sangat mudah untuk dicerna dalam tubuh
  4. Pakan fermemtasi dapat disimpan lebih lama yaitu kurang lebih 3 bulan sehingga dapat membantu stok persediaan pakan.
  5. Kotoran ternak tidak terlalu bau dibandingkan dengan konsumsi rumput

B. Pakan ternak instan

Pakan ternak instan merupakan inovasi pakan kreatif yang sudah diteliti secara klinis di Laboratorium Nutrisi Pakan Ternak Instan IPB, Dan tentu saja kandungan nutrisi pakan tersebut tidak diragukan lagi.

Keuntungan menggunakan pakan tersebut diantaranya:

  1. mampu menaikkan bobot pakan ternakkurang lebih 120 gr per hari.
  2. kualitas terjaga dan terukur sehingga komposisi pakan yang diberikan setiap hari konsisten karena komposisi pakan dan kandungan nutrisinya sudah terukur.
  3. sangat mudah digunakan, pakan kami sudah dibuat seperti granul sehingga memudahkan dalam pemberiannya.
  4. jangka waktu penyimpanan lebih lama sehingga dapat menyetok pakan.
  5. hemat biaya operasional karena harga pakan ternak instan ini sangat murah dibandingkan jenis pakan lainnya dan dengan menggunakan pakan ini maka dapt menghemat jumlah pekerja. Dengan pakan ini satu pekerja dapat memelihara 100 sampai 150 ekor ternak. Sehingga biaya operasional lebih murah.

Demikian  dua cara diantara bebeberapa cara membuat pakan ternak domba yang murah  yang dapat anda terapkan dalam usaha peternakan anda.

Untuk menambah acuan informasi tentang pakan ternak bisa dapat kan dari berbagai sumber.

cara membuat pakan ternak domba yang murah dan praktis

Baca juga:

  • i

Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang n dapat menghubungi:

Wa/tlp/sms : 0821-3444-0557

Sekian penjelasan tentang cara membuat pakan ternak domba yang murah dan praktis semoga artikel ini berfaedah terima kasih

Artikel ini diposting pada tag cara membuat pakan bebek yang murah, cara membuat pakan bebek petelur yang murah, cara membuat pakan bebek murah,

https://www.pakanternakinstan.com/cara-membuat-pakan-ternak-domba-yang-murah-dan-praktis/

No comments