Artikel Baru

Alat Pengering Ikan

Alat Pengering Ikan - Oven Pengering Ikan


cara membuat oven pengering ikan sederhana, alat pengering ikan sederhana, cara membuat pengering ikan asin, pengering ikan asin otomatis, cara membuat ikan asin dengan oven, alat penjemur ikan asin.

Penjemuran tradisional hanya mengunakan sinar matahari, namun bila memasuki musim pancaroba yang mana hujan dan kering silih berganti tentu bakal merpotkan produksi. tetapi bila mengunakan alat pengering ikan modern maka cuaca tidak akan terlalu berpengaruh.


alat pengering ikan
gambar alat pengering ikan


Spesifikasi Alat Pengering Ikan


Spesifikasi Tipe           : Sirkulasi Heat Tanduk Rusa

  • Pintu                           : 1 Pintu
  • Dimensi                       : 600 x 500x 900 mm
  • Pemanas                      : LPG
  • Daya                            : 250 watt
  • Sistem                         : Cabinet
  • Jumlah rak                   : 4 rak
  • Ukuran Rak                 : 50 x 40 cm
  • Material Penahan Panas : Glaswool
  • Dinding Dalam           : Stainless Steel
  • Dinding Luar              : Mild Steel
  • Material Rak               : Screen Stainless Steel
  • Kapasitas                    : 8-15 kg/proses (tergantung komoditi)
  • Thermokontrol Otomatis


Spesifikasi Tipe           : Sirkulasi Heat Tanduk Rusa

  • Pintu                           : 1 Pintu
  • Dimensi                       : 800 x 600x 1500 mm
  • Pemanas                      : LPG
  • Daya                            : 250 watt
  • Sistem                         : Cabinet
  • Jumlah rak                   : 6 rak
  • Ukuran Rak                 : 50 x 40 cm
  • Material Penahan Panas : Glaswool
  • Dinding Dalam           : Stainless Steel
  • Dinding Luar              : Mild Steel
  • Material Rak               : Screen Stainless Steel
  • Kapasitas                    : 20-30 kg/proses (tergantung komoditi)
  • Thermokontrol Otomatis


______________________________________________________________________________________

Jenis Ikan Kering Yang Banyak di Indonesia


1. Ikan asin gabus 

Ikan asin ini cukup disukai di Indonesia lho, sebab citarasa dagingnya yang lezat serta ciri khas. Kelebihan lain dari ikan asin ini ialah relatif bersih. Mengapa? Sebab sebelum diasinkan, ikan gabus dibelah serta dibikin bersih dari sisik, insang, serta isi perutnya. Karena itu, harga ikan asin gabus ini dikit mahal. Cukup sesuai dengan kan ya dengan mutunya. Nah, olahan yang paling popular dari ikan gabus yang diasinkan ialah sambel goreng ikan asin gabus, ikan asin gabus balado, serta ikan asin gabus cabe hijau. 

2. Ikan asin peda 

Nah, jika yang satu ini, kamu sudah pasti tidak asing dong ya. Ikan asin peda ini adalah olahan ikan asin 1/2 kering. Harga ikan ini pun tidak begitu mahal. Ikan asin peda ini umumnya enak diproses jadi pepes. 

3. Ikan asin teri jengki 

Siapa di sini yang menyukai makan sambal goreng teri kacang? Nah, nyatanya ikan asin berikut yang seringkali digunakan. Ikan asin ini benar-benar merakyat sebab harga nya yang begitu murah serta banyak diketemukan dimana saja. Eits, meskipun merakyat, nilai gizinya lumayan tinggi lho akan kandungan kalsium serta fosfornya, karena ikan ini dikonsumsi komplet bersama dengan tulang serta kepalanya. 

4. Ikan asin cucut 

Ingin tahu satu diantara olahan ciri khas dari ikan asin yang satu ini yang tidak bisa ditinggalkan? Yup, asem-asem ikan cucut asin! 

5. Ikan asin jambrong 

Ikan asin yang satu ini hampir-hampir seperti dengan ikan gabus. Umumnya diproses jadi sambal, abon, atau digoreng. 

6. Ikan asin katamba 

Nyatanya, ikan asin katamba termasuk juga ke ikan asin termahal lho, sebab rasa-rasanya yang lezat. Nah, umumnya ikan asin type ini diproses jadi sambal goreng tempe atau ikan asin tumis asam. 

7. Ikan jambal roti 

Ini nih primadonanya ikan asin. Terpopuler deh di Indonesia! Walau harga nya mahal, tetapi ikan jambal roti ini masih disukai lho sebab memiliki bentuk yang tebal seperti roti serta rasa-rasanya yang super gurih (serta asin). Nyatanya harga nya yang mahal ini, dikarenakan oleh dua kombinasi fakta, yakni keinginan yang tinggi serta bahan bakunya yang hanya terbatas. Bahan bakunya juga harus detil yakni ikan manyung serta kadukang. 
Ikan asin ini paling pas jadikan kombinasi nasi liwet atau dibikin tumis super pedas bersama dengan potongan cabe serta pete. Bila sedang malas masak, kamu cukup goreng ikan asin ini dengan potongan dadu kecil, sediakan bersama dengan nasi panas, sayur asem, serta sambal kegemaran. Yumm, ngiler kan! 

8. Ikan asin tenggiri 

Tahu tidak, ikan tenggiri itu masih saudaraan dengan ikan makerel, tuna, serta boneto lho. Sesaat ikan asinnya ini seringkali diberikan jadi tumis bersama dengan sambel yang super pedas serta menggigit. 


9. Ikan asin petek 

Kamu sempat lihat ikan asin yang memiliki bentuk pipih serta lebar dan garing waktu dikonsumsi? Mungkin saja itu ikan asin petek. Ikan ini mudah sekali diproses. Cukup digoreng sesaat dalam minyak panas, ikan asin ini telah krispi serta enak sekali. Ditambah lagi diberikan bersama nasi panas serta sambel favorite, maknyusss! 

10. Cumi Asin atau Cumi Telur 

Sesuai dengan namanya, ini bukan ikan, ya. Tetapi terbuat dari cumi-cumi kecil yang diasinkan. Cumi asin ini nikmat diproses jadi cumi pedas manis, sambel cumi asin pete, cumi cabe hijau, serta balado cumi asin. 

11. Rebon 

Jika yang satu ini, type dari udang kecil yang dikeringkan serta diasinkan. Nah, rebon ini paling pas dibuat dengan kelapa sangrai. 
Jadi, ikan asin yang mana yang ingin kamu masak serta lahap dahulu? Ingat ya, makanlah ikan asin ini jadi lauk seperlunya saja, mengingat kandungan garamnya yang lumayan tinggi. Kamu dapat juga kurangi kandungan asinnya lewat cara merendam serta mencuci berulang-kali sebelum dibuat. Siap coba? 


Dari beberapa type ikan kering yang jual di Labuan Bajo, Ikan Langkah paling laris terjual dibanding dengan yang lain. 
Ikan langkah kering umumnya "dicari" oleh pelancong nusantara yang liburan di Labuan Bajo serta akan pulang ke daerahnya semasing. 
"Saya baru setahun lebih jual ikan kering di Labuan Bajo. Dari beberapa macam ikan yang saya jual, Langkah paling laris," kata Tian, waktu didapati di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) baru, Jumat (31/5/2019). 
Dikatakannya, tidak hanya Langkah ia jual Ikan Lajang, Ketamba, Belut Laut kering serta beberapa ikan kering yang lain. 
"Ikan Langkah umumnya kami beli dari Pulau Papagarang serta Rangko. Demikian dengan ikan kering yang lain dari pulau," kata Tian. 
Beberapa penjual ikan di TPI baru itu katanya mulai berjualan dari jam 6.00 Wita sampai jam 22.00 Wita. 
"Jika ramai dapat laris sampai Rp 2 juta /hari. Jika sepi cuma Rp 500 ribu," kata Tian. 
Menurut dia jual di TPI lama lebih laris dibanding dengan di TPI baru. Tetapi mereka harus geser ke TPI baru sebab TPI lama telah jadi tempat pembangunan marina. 



kami siap melayani pengiriman mesin ke seluruh Indonesia. daerah tersebut diantara:

Banda Aceh Langsa Lhokseumawe Sabang Subulussalam Binjai Gunungsitoli Medan Padang Sidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjungbalai Tebing Tinggi Bengkulu Jambi Sungaipenuh Dumai Pekanbaru Bukittinggi Padang Padang Panjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih Bandar Lampung Metro Pangkalpinang Batam Tanjungpinang Jawa Bandung Banjar Batu Bekasi Blitar Bogor Cilegon Cimahi Cirebon Depok Jakarta Jakarta Utara Jakarta Timur Jakarta Pusat Jakarta Selatan Jakarta Barat Kediri Madiun Magelang Malang Mojokerto Pasuruan Pekalongan Probolinggo Salatiga Semarang Serang Sukabumi Surabaya Surakarta Tasikmalaya Tangerang Tangerang Selatan Tegal Yogyakarta Kalimantan Pontianak Singkawang Banjarbaru Banjarmasin Palangka Raya Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Nusa Tenggara Denpasar Bima Mataram Kupang Sulawesi Gorontalo Makassar Palopo Parepare Baubau Kendari Palu Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Maluku Ambon Tual Ternate Tidore Kepulauan Papua Jayapura Sorong, Bangka Belitung

No comments