Artikel Baru

Cara Membuat Pakan Bebek Petelur Fermentasi

3 Jenis Pakan Untuk Bebek Petelur yang dapat Anda di Ketahui 3 Jenis Pakan Untuk Bebek Petelur yang dapat Anda di Ketahui
cara membuat pakan bebek petelur
cara membuat pakan bebek petelur
cara membuat pakan bebek petelur

Hi, bertemu kembali, pada kali ini akan menjelaskan mengenai cara membuat pakan bebek petelur fermentasi 3 Jenis Pakan Untuk Bebek Petelur yang dapat Anda di Ketahui simak selengkapnya

3  Jenis Pakan Untuk Bebek Petelur yang Perlu di Ketahui – Bebek mempunyai beberapa jenis diantaranya bebek pedaging, bebek petelur bebek pedaging sekaligus bebek petelur dan bebek hias. Yang paling banyak dipelihara di Indonesia adalah bebek pedaging dan bebek petelur. Sementara untuk bebek hias dipelihara terbatas dari kalangan pecinta bebek hias. Hal itu disebabkan oleh harga bebek hias yang masih belum terjangkau, kalangan dengan ekonomi menengah ke bawah.
Bebek mojosari salah salah satu bebek petelur yang cukup populer
 merupakan peluang usaha yang sangat mengutungkan karena tingkat konsumsi daging bebek di masyarakat yang cukup tinggi sehingga permintaan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal tersebut tentu menjadi peluang bisnis bagi para peternak profesional. Dan untuk pemeliharaan bebek petelur sebenarnya cukup sederhana dan dapat dilakukan oleh peternak pemula. Salah satu yang menjadi perhatian adalah pakan bebek petelur.

Pakan Bebek Petelur Penunjang Produktivitas Telur 

Bebek petelur merupakan bebek yang dikembangkan untuk dimanfaatkan telurnya. Permintaan telur bebek dipasaran pun tidak pernah surut setiap harinya, maka dari itu banyak peternak yang berbondong – bondong untuk menekan hasil produksi telur menjadi lebih tinggi. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh perawatan serta pemberian pakan yang berkualitas untuk bebek petelur.
Pada umumnya pemberian pakan untuk bebek petelur dan bebek pedaging memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, kebutuhan pakan bebek petelur sangat dipengaruhi oleh umur pada bebek. Pakan bebek petelur mempunyai perbedaan pada komposisi gizinya.  
Baca juga di : 

Untuk Pakan terdiri dari 3 jenis yaitu :

1. Pakan Sumber Energi

Pakan sumber energi diataranya berasal dari jagung kuning yang digiling, bekatul, gandum, berbagai biji-bijian dan sourgum. pakan tersebut sangat penting karena bisa menghasilkan energi untuk bebek. Energi di butuhkan untuk berbagai aktivitas seperti  bertelur, bermain dan aktivitas lainnya. Pakan sumber energi cukup penting karena menunjang produksi telur yang dihasilkan.

Jenis bahan Pakan Sumber Energi adalah sebagai berikut :

  • Sorgum
  • Jagung Kuning
  • Singkong
  • Dedak Padi
  • Polar
  • Tepung roti
  • Minyak CPO(Crude palm oil)

2. Pakan Sumber Protein

Pakan sumber protein diantaranya bungkil kelapa, bungkil kacang hijau, berbagai jenis tepung misalnya tepung ikan, tepung tulang dan tepung daging.  Jenis pakan tersebut cukup mudah di dapat dipasaran dengan harga yang terjangkau sehingga peternak tidak kesulitan mendapatkannya.
Baca juga di : 
  •  

Jenis bahan Pakan Sumber Protein adalah sebagai berikut :

  • Bungkil Kedelai
  • Corn Gluten Meal (CGM)
  • Tepung Ikan
  • Bungkil Kelapa
  • Bungkil Kacang Tanah
  • Tepung Daging dan Tulang
  • Konsentrat

3. Pakan Sumber Mineral

Untuk pakan sumber mineral bisa didapatkan pakan minyak ikan dan minyak kelapa. Pakan sumber mineral diberikan dalam jumlah yang terbatas pada bebek.
Saat ini banyak terdapat voer atau konsentrat siap pakai yang terdapat di pasaran. Voer tersebut mempunyai komposisi yang pas sesuai dengan jenis bebek yang dipelihara. Namun jika mengandalkan voer yang siap pakai tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar. untuk itu agar lebih efisien dan hemat biaya maka peternak perlu  memberikan berbagai jenis bahan pakan tambahan yang mempunyai kandungan yang gizi yang baik dan seimbang. Hal tersebut cukup penting mengingat produktivitas bebek cukup dipengaruhi dari jenis pakan yang dikonsumsinya.

Jenis bahan Pakan Sumber Energi adalah sebagai berikut :

  • Sumber Mineral Ca dan P
  • Sumber Mineral Na dan Cl
  • Sumber Trace Mineral

Formula Pakan Untuk Bebek Petelur

Dalam pemberian pakan pada bebek petelur peternak dapat meracik sendir formula pakan yang cocok untuk Bebek Petelur. Penyusunan formula pakan untuk bebek petelur tentunya berbeda dengan formula pakan untuk bebek pedaging, oleh karena itu peternak harus memperhatikan terlebih dahulu kebutuhan nutrisi setiap jenis dan pertumbuhan bebek sebelum menyusun formulasi pakannya. Ragam formulasi tersebut disusun berdasarkan presentase nutrisi dari setiap bahan pakan yang tersedia.
Baca juga di : 

Tips Menyusun Formula Pakan Itik

  • Tentukan umur bebek yang akan diberikan pakan
  • Tentukan kebutuhan nutrien bebek yang akan digunakan
  • Tentukan bahan pakan yang akan digunakan, semisal bahan protein, mineral atau energi
  • Tentukan kandungan nutrien pakan
  • Pertimbangkan kandungan serat kasar pada bahan pakan yang tersedia
Pakan Konsentrat Itik-Bebek Petelur 144
Bebek pada umumnya mulai bertelur pada 6 bulan. Pada awal masa bertelur, bebek perlu penyesuaian dan tidak langsung secara rutin bertelur setap hari. Setelah 6 bulan lebih bebek sudah mulai bertelur. Untuk bebek mojosari dapat menghasilkan telur selama 11 bulan dalam setahun sehingga produksi telurnya cukup banyak. Dan untuk mendukung produksi telur  perlu pemeliharaan yang intensif. Dengan pemeliharaan tersebut bebek akan mendapat asupan makan yang teratur. Bebek juga beraktivitas hanya di dalam kandang sehingga tidak banyak energi yang terbuang.
Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

Kata Terkait:ternak bebek petelur, budidaya bebek mojosari, jenis bebek petelur lokal, kandang untuk bebek pedaging, jenis bebek pedaging unggulan lokal untuk, pengaruh kandang terhadap perkembangan bebek petelur, harga DOD atau bibit bebek pedaging hibrida, pakan bebek petelur fermentasi, pakan itik petelur buatan sendiri
pakan bebek petelur kering, pakan itik petelur murah, harga konsentrat itik petelur 144, pakan bebek murah, takaran pakan itik petelur, makanan bebek agar cepat besar


Sekian pembahasan mengenai 3 Jenis Pakan Untuk Bebek Petelur yang dapat Anda di Ketahui semoga info ini bermanfaat terima kasih
Artikel ini diposting pada kategori cara membuat pakan bebek petelur fermentasi, cara buat pakan fermentasi bebek petelur, cara membuat pakan fermentasi buat bebek petelur,

No comments