Artikel Baru

Manfaat Rendaman Sabut Kelapa Buat Tanaman

Mengubah Sabut Kelapa Menjadi Pot Tanaman yang Cantik - Kabartani
Allow, selamat malam, di kesempatan akan dibahas mengenai Manfaat Rendaman Sabut Kelapa Buat Tanaman Mengubah Sabut Kelapa Menjadi Pot Tanaman yang Cantik - Kabartani simak selengkapnya lebih dalam tentang Mengubah Sabut Kelapa Menjadi Pot Tanaman yang Cantik - Kabartani.

Kabartani.com – Pohon kelapa memang memliki banyak kegunaan, mulai dari buah, daun hingga batangnya. Tak terkecuali juga memanfaatkan sabut kelapa menjadi pot tanaman nan cantik, seperti apa pembuatannya? akan saya ulas lebih mendalam.

Simak juga 

Sabut kelapa memang sudah terkenal akan kegunaannya sebagai bahan pembuatan cocopeat yang biasa digunakan untuk media tanam. Selain itu sabut kelapa ternyata juga bernilai ekonomi tinggi.

Itu setelah sabut kelapa diolah menjadi serat (cocofiber). Serat inilah yang sedang dicari pasar, karena digunakan sebagai bahan baku pembuatan jok mobil, furniture, pot, geotekstil, maupun matras.

Karena, pada edisi ini saya hanya membahas pemanfaatan sabut kelapa menjadi pot tanaman, maka mari kita langsung praktekkan saja. Terlebih dahulu siapkan peralatan yang digunakan seperti pada gambar dibawah ini.

gambar-1-alat-pembuat-pot-sabut-kelapa-kabartani

Cara Pembuatannya:

1. Gunakan kelapa yang benar-benar sudah kering, disini saya menggunakan kelapa gading yang memiliki buah kecil dan Potong kelapa menjadi 5 bagian, jangan sampai terputus.

gambar-2-sabut-kelapa-kering-kabartani2. Potong pangkal kelapa dengan pisau, agar hasilnya rapi, beri tanda lingkaran pada pangkal kelapa dengan spidol.

gambar-3-pemotongan-sabut-kelapa-kabartani3. Tusuk kulit luarnya sampai tembus, lalu masukkan tali plastik sebagai perekat. Ujung sambungan di rekatkan dengan api. jangan lupa beri gantungan dari kawat.

gambar-4-pemasukkan-tali-plastik-pada-sabut-kelapa-kabartani4. Karena saya membuat karakter stroberi saya meggunakan cat merah dan cat hitam sebagai pola, setelah cat merah mengering, buat bintik-bintik khas stroberi dengan cat warna hitam.

gambar-5-proses-pengecatan-sabut-kelapa-kabartani

5. Pot cantik dari sabut kelapa pun sudah jadi, siap untuk digunakan. Untuk karakter dan warna bisa anda sesuaikan sendiri ya.

gambar-6-pot-sabut-kelapa-sudah-jadi-kabartani

Simak juga 

Demikianlah informasi mengenai bagaimana Mengubah Sabut Kelapa Menjadi Pot Tanaman yang Cantik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian, terima kasih.

Referensi:

Candra THP “Cara Sambung Pucuk Tin” (bontangkreatif.blogspot.co.id)

Sekian penjelasan mengenai Mengubah Sabut Kelapa Menjadi Pot Tanaman yang Cantik - Kabartani semoga artikel ini berfaedah terima kasih

untuk harga mesin penghancur sabut kelapa bisa menghubungi kami. 

mesin sabut kelapa

Artikel ini diposting pada label Manfaat Rendaman Sabut Kelapa Buat Tanaman, manfaat air rendaman sabut kelapa, manfaat air rendaman sabut kelapa untuk tanaman,

https://kabartani.com/mengubah-sabut-kelapa-menjadi-pot-tanaman-yang-cantik.html

No comments