Artikel Baru

Pupuk Organik Dari Sabut Kelapa

Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Sabut Kelapa Sumber Hara Kalium (K) Alami
Hi, berjumpa kembali, sesi kali ini akan dibahas mengenai Pupuk Organik Dari Sabut Kelapa Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Sabut Kelapa Sumber Hara Kalium (K) Alami simak selengkapnya lebih dalam tentang Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Sabut Kelapa Sumber Hara Kalium (K) Alami.



Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa -- Pohon multimanfaat, itulah dia kelapa. Mulai dari akar sampai kulit buahnya. Bahkan, kelapa bukan sekedar minuman pelepas dahaga, tapi ia juga sumber hara penyubur tanaman yang potensial. Dalam kulit pembungkusnya yang bewarna kecoklatan, yaitu sabut kelapa, rupanya terdapat kandungan hara alami, terutama unsur kaliumnya (K) dengan persentasenya cukup tinggi mencapai 10% lebih.

Kelapa dan Sabutnya. Gambar : Dokpri

Tidak hanya unsur kalium yang dikandung sabut kelapa, namun lebih dari itu. beberapa para ahli yang telah meneliti, mengabarkan terdapat sejumlah unsur hara esensial di dalamnya. Bahkan, sabut kelapa dapat memperbaiki struktur tanah sehingga produktifitas tanah dan tanaman menjadi lebih baik.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Sabut Kelapa Sumber Hara Kalium (K) Alami

Kandungan Unsur Hara Pupuk Organik Cair (POC) Sabut Kelapa

Banyak yang sudah memanfaatkan sabut kelapa untuk pupuk terutama pupuk organik cair. Para petani sangat terbantu dengan penggunaan pupuk sabut kelapa ini karena bisa menjadi substitusi dari pupuk KCl. Kenapa? Hal ini tidak terlepas dari kandungan kimia di dalamnya. Salah satu kandungan tersebut adalah kalium (K).

Tidak hanya kalium, masih ada unsur lain seperti magnesium (Mg), kalsium (Ca), fosfor (P) dan sejumlah unsur mikro di dalam sabut kelapa. Unsur-unsur yang ada dalam sabut kelapa mudah sekali diperoleh terutama kalium. Sebab, kalium mudah larut dalam air.

Nah, tunggu apalagi! Tanaman Anda menunggu sentuhan pupuk organik cair sabut kelapa. Oh, iya masih ada nih. Bagaimana dengan unsur nitrogen? Unsur ini memang terdapat dalam senyawa-senyawa organik. Jadi, di samping kandungan kalium, sabut kelapa juga mengandung nitrogen walaupun kadarnya lebih rendah dibandingkan dengan kalium.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Sabut Kelapa Sumber Hara Kalium (K) Alami

Peran Unsur Kalium  (K) untuk Tanaman

Dimana ada pemupukan tanaman, pupuk yang mengandung kalium tidak mau ketinggalan. Apalagi pemupukan dengan NPK, sudah pasti K nempel terus bersama pupuk majemuk tersebut. Bahkan, untuk memenuhi unsur hara kalium, ada juga yang memberikan pupuk tunggal, yaitu KCL.

  • Baca Juga : 



Kalau demikian, apa peran sabut kelapa untuk tanaman? maksudnya apa peran unsur kalium yang ada dalam pupuk anorganik maupun kalium yang ada dalam sabut kelapa untuk tanaman? Inilah beberapa peran unsur kalium (K) yang perlu diketahui :

  • Sangat berperan dalam pembentukan karbohidrat dan lemak
  • Berfungsi juga sebagai katalisator dalam hal reaksi-reaksi biokimia dalam jaringan tanaman
  • Tanaman lebih tahan atau adaptif terhadap kekeringan
  • Meningkatkan daya tahan terhadap serangan hama dan penyakit
  • Akar menjadi banyak dan semakin luas pertumbuhannya
  • Meningkatkan hasil tanaman karena daun, bunga dan buah tidak mudah rontok
  • Kualitas hasil tanaman terutama buah menjadi lebih baik. Bahkan, rasa buah lebih manis.

Cara Membuat POC Sabut Kelapa

Untuk membuat pupuk organik cair sabut kelapa, tidaklah mengharuskan kita sekolah tinggi-tinggi atau keahlian (skill) khusus. Proses pembuatannya terbilang mudah karena tanpa sentuhan teknologi canggih. Cukup peralatan sederhana dan prosesnya sangat natural. Bagaimana cara membuatnya?

Untuk membuat POC sabut kelapa sangat mudah. Hanya dengan cara merendam sabut kelapa dalam beberapa hari saja atau dalam waktu singkat, POC sudah jadi. 

Ingin segera membuat, bukan? Baik, siapkan alat dan bahan terlebih dahulu.

Alat-alat :

  • Drum atau Ember == 2 buah (1 untuk penampungan air dan 1 lagi tempat meramu bahan-bahan)
  • Gayung == 1 buah

Bahan-bahan :

  • Sabut Kelapa== 10 Kg
  • Air bersih== 15 liter (secukupnya)

Cara Membuatnya :

  • Bersihkan sabut kelapa dari kotoran-kotoran yang ada sehingga tidak berpengaruh pada hasil nantinya (bilas saja sekali dengan air bersih)
  • Masukkan semua sabut kelapa ke dalam drum atau ember
  • Isi air ke dalam drum yang berisi sabut kelapa (gunakan gayung, ya) hingga semua sabut kelapa terendam.
  • Tutup rapat ember dengan tutupnya, jika tidak ada tutupnya, cari penutup lain berupa plastik gelap.
  • Letakkan drum tersebut pada tempat tidak terkena cahaya langsung.
  • Biarkan sabut kelapa di dalam drum selama +/- 15 hari.
  • Pada hari ke-15, buka penutupnya. Amati perubahan warna. Jika warnanya air rendaman itu sudah berubah menjadi kecoklatan agak kehitaman atau kuning gelap, pertanda pupuk organik cair (POC) sudah jadi dan siap untuk diaplikasi ke tanaman.


Rendaman Sabut Kelapa. Gambar : Dokpri
POC Sabut Kelapa. Gambar : Dokpri

Sekian pembahasan perihal Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Sabut Kelapa Sumber Hara Kalium (K) Alami semoga artikel ini bermanfaat salam

untuk beli alat press cocopeat bisa menghubungi kami. 

mesin sabut kelapa

Tulisan ini diposting pada kategori Pupuk Organik Dari Sabut Kelapa, pembuatan pupuk organik dari sabut kelapa, pupuk organik cair sabut kelapa,

https://pupuklahan.blogspot.com/2018/08/cara-membuat-pupuk-organik-cair-poc-dari-sabut-kelapa-sumber-unsur-hara-kalium-k-alami.html

No comments