Artikel Baru

Apa Manfaat Kolang Kaling Untuk Kesehatan

7 Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan
Allow, selamat pagi, pada kali ini akan menjelaskan mengenai apa manfaat kolang kaling untuk kesehatan 7 Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan simak selengkapnya lebih dalam tentang 7 Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan.

Kolang-Kaling adalah Buah yang dihasilkan oleh pohon Aren (Arengan Pinnata). Buahnya berbentuk bulat pipih berwarna putih bening, rasanya yang cenderung hambar, bertekstur kenyal ini banyak dicari di bulan ramadhan untuk dijadikan bahan campuran kolak, es buah atau dibuat manisan. Selain bisa diolah menjadi berbagai jenis kuliner, Kolang-Kaling juga bisa dijadikan obat yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Banyak manfaat Kolang-Kaling yang kita dapat jika mau mengonsumsinya.Kolang-Kaling harus melalui proses dulu sebelum dapat dimakan atau diolah menjadi minuman segar. Mulai dari pembakaran atau perebusan untuk menghilangkan lendir yang membuat gatal, kemudian proses pengupasan kolang kaling dari kulit, dan dilanjut dengan perendaman air kapur selama beberapa agar kenyal dan terfermentasi. Wah, ternyata ribet ya?

7 Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan

Kandungan gizi dalam Kolang-kaling

Mengapa Kolang-Kaling memiliki khasiat untuk kesehatan? Apa sajakah kandungan gizi didalamnya? Berikut ini adalah nutrisi dalam Kolang-Kaling yang bermanfaat :

  • Air
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Mineral
  • Fospor
  • Serat
  • Kalsium
  • Potasium
  • Zat besi
  • Vitamin A,
  • Vitamin B,
  • Vitamin K

Manfaat kolang-kaling untuk kesehatan

Dibawah ini adalah beberapa manfaat untuk kesehatan yang kita dapat jika mengkonsumsi Kolang-Kaling :

1. Asam urat

Zat galalktoman pada Kolang-Kaling membantu pengurangan peradangan yang terjadi pada sendi yang mengalami penumpukan purin akibat juga akan mengandung gula (manis) karena gula darah tak dapat disaring maksimal oleh ginjal dan tubuh.

7 Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan

6. Kesehatan tulang

Manfaat Kolang-Kaling dari segi kesehatan yang lain yaitu membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang. Kandungan kalsium di dalamnya membantu tubuh menutrisi tulang. Oleh karena itu Kolang-Kaling cocok dikonsumsi oleh anak-anak karena bagus untuk pertumbuhannya. Bisa menjadi alternatif kan selain memuinum susu yang biasanya tinggi kadar kalorinya yang memicu penambahan berat badan. Zat galaktomanan didalam buah aren ini juga bisa membantu meredakan nyeri sendi dan dapat mencegah osteoporosis.

7. Perlancar pencernaan

Kolang-Kaling mengandung serat yang tidak mudah larut atau sering disebut serat kasa. Serat ini bermanfaat untuk membersihkan racun yang terdapat pada tubuh, khususnya pada usus dan melancarkan metabolisme pencernaan. Sehingga efektif menangani masalah pencernaan baik sembelit atau diare.

Itulah dia beberapa khasiat buah Kolang-Kaling yang dapat kita dapatkan jika mengkonsumsinya.  Anda bisa mencobanya dirumah. Manfaatnya akan lebih dirasakan jika Kolang-Kaling ini tidak banyak mendapat perlakuan, seperti penambahan gula berlebih yang justru merusak kandungan nutrisi didalamnya. Misalnya saat dibuat menjadi manisan, maka kandungan gula justru akan lebih dominan dibanding nutrisi lainnya. Terlebih untuk penderita diabetes.

Begitulah detil mengenai 7 Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan semoga artikel ini menambah wawasan salam

untuk info alat pengolah kolang kaling bisa menghubungi kami. 

harga mesin pengupas kolang kaling

Tulisan ini diposting pada kategori apa manfaat kolang kaling untuk kesehatan, apa manfaat kolang kaling bagi kesehatan, manfaat kolang kaling untuk kesehatan tubuh,

https://artikel.co/manfaat-kolang-kaling

No comments