Artikel Baru

Apa Itu Tanaman Porang Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan - Anggrekmania

Apa Itu Tanaman Porang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan - Anggrekmania
Hi, bertemu kembali, sesi kali ini akan menjelaskan tentang porang konjac Apa Itu Tanaman Porang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan - Anggrekmania simak selengkapnya lebih dalam tentang Apa Itu Tanaman Porang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan - Anggrekmania.

Tanaman Porang dan Manfaatnya – Kita mungkin banyak yang sudah dan banyak yang belum tahu juga mengenai tanaman porang yang satu ini. Porang sering juga disebut dengan iles-iles yang merupakan tanaman penghasil umbi dari keluarga Araceae dan genus Amorphophallus. Tanaman jenis biasanya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Inilah yang menjadikan tanaman porang ini dicari oleh masyarakat. Pengobatan dengan herbal memang dikenal lebih efisien dan praktis serta manfaat yang tinggi. Dengan segudang manfaat yang dimiliki, tentu menjadikan harga tanaman ini dibanderol cukup mahal. Maka dari itu sering dijadikan ladang bisnis para investor dari Jepang dan China.

Para petani juga dapat menanam tanaman ini di lahan yang luas. Akan tetapi budidaya tanaman Porang ini harus memperhatikan kondisi iklim. Tanaman Porang dapat tumbuh di areal tropis baik di dataran rendah serta mudah hidup di antara tegakan pohon hutan seperti mahoni, jati, sono. Jenis tanaman ini terumasuk tanaman semak karena memiliki tinggi 100-150 cm dengan umbi yang ada didalam tanah.

Berbicara mengenai tanaman Porang dan manfaatnya, disini kami akan membahasnya lebih lengkap. Selain itu cara menaman, harga dan perbedaan dengan suweg juga akan kami kupas. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam yang telah kami siapkan berikut ini.

Apa Itu Tanaman Porang dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Manusia

Tanaman Porang dan Manfaatnya

Apa Itu Tanaman Porang

Apa itu tanaman Porang. Tanaman Porang adalah sebuah tanaman yang masuk dalam ketegori tanaman umbi-umbian. Tanaman ini banyak dibicarakan oleh masyarakan karena kisah sukses salah satu petani porang di desa Kepel, Jawa Timur. Petani Porang tersebut berhasil menjadi miliader karena bisnis ekspor Porang tersebut.

Tanaman Porang juga mengandung banyak glucomannan berbentuk tepung. Glucomanannan ini juga merupakan serat alami yang larut dalam air dan biasa digunakan menjadi bahan aditif makanan sebagain emusifier serta pengental. Menariknya lagi dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan komponen pesawat terbang.

Manfaat Tanaman Porang

Manfaat Porang untuk Kesehatan

Selain diatas, ada juga manfaat lain yang dimiliki oleh tanaman Porang ini. Apa saja manfaatnya simak dibawah ini.

  • Glukomanan sangat aman untuk dikonsumsi karena rendah kolesterol, ia juga akan memberikan rasa kenyang yang cukup lama sehingga sangat cocok bagi anda yang tengah menjalani program diet.
  • Tepunya Porang memiliki kadar glikemik yang sangat rendah dan aman untuk penderita Diabetes
  • Glukomanan juga berguna untuk dijadikan kapsul obat-obatan
  • Porang juga bermanfaat untuk dijadikan bahan kosmetik
  • Selain itu juga untuk pembuatan lem dan jelly yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri Jepang.

Lalu juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan memperlambat pengosongan perut dan mempercepat rasa kenyang sehingga cocok untuk makanan diet bagi penderita diabetes.
  • Mengandung vitamin A dan B lebih tinggi dari kentang.
  • Kandungan karbohidratnya lebih dari 80 persen.

Porang sendiri merupakan tanaman yang toleran dengan naungan hingga 60% dan dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl. Bahkan dengan melihat sifat tanaman tersebut, Porang sangat memungkinkan dibudidaya di lahan hutan dibawah naungan tegakan tanaman lain.

Cara Menanam Porang

Cara Menanam Porang

Perlu kalian ketahui disini bahwa tanaman Porang ini paling baik ditanam ketika musim penghujan, yakni sekitar bulan November-Desember. Untuk tahap penanamannya adalah sebagai berikut.

  • Bibit yang telah dipilih dimasukkan satu per satu ke dalam lubang tanam dengan letak bakal tunas menghadap ke atas
  • Untuk setiap lubang tanam diisi 1 bibit porang dengan jarak tanam 1 m x 1 m
  • Tutup lubang tanam dengan tanah setebal 3 cm

Penanam Porang juga harus kita perhatikan mengenai teknik pengembangbiakan, persiapan lahan, cara pemupukan dan pemeliharaanya.

Harga Porang Saat Ini

Harga Tanaman Porang

Untuk soal harga, harga tanaman Porang ini memiliki harga Rp 10.000 hingga Rp 13.000 per kilogram. Jika sudah dikeringkan menjadi chip Porang harganya mencapai Rp 55.000 sampai Rp 65.000 per kilogram. Sedangkan untuk tepung Porang ini harganya mencapai Ro 200.000 sampai Rp 300.00 per kilogram. Kemudian tepung yang hanya mengandung glukomannan Porang kabarnya dihargai hingga Rp 1,2 juta per kilonya.

Perbedaan Tanaman Porang dan Suweg

Perbedaan Porang dan Suweg

Perbedaan Porang dan Suweg ini terdapat pada buahnya. Dimana Porang memiliki katak (buah yang tumbuh diantara batang dan tanamannya), sedangkan suweg tidak memilikinya. Kemudian umbi Porang berwarna kuning, sedangkan suweg putih.

Katak Porang sendiri memiliki nilai jual yang tinggi, dimana dapat mencapai Rp 170.000 per kilogram. Hal ini karena katak tidak banyak diproduksi dan bisa dijadikan sebagai bibit tanaman Porang.

Nah itulah beberapa pembahasa mengenai tanaman Porang dan Manfaatnya serta harga jual dari tanaman Porang itu sendiri. Jangan lupa baca juga di postingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai tanaman Porang dan manfaatnya, semoga dapat bermanfaat dan menambawah wawasan buat kalian semua.

Oke pembahasan perihal Apa Itu Tanaman Porang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan - Anggrekmania semoga info ini berfaedah terima kasih

untuk info mesin pengupaspencuci|pengolah} porang suweg iles iles bisa menghubungi kami. 

mesin pencuci porang

Artikel ini diposting pada tag porang konjac, tanaman porang konjac, paidi porang konjac,

https://www.youtube.com/watch?v=3JZyVMeRB-M

No comments