Artikel Baru

Diminati Pasar Dunia, Kementan Kembangkan Budidaya Umbi Porang Untuk Ekspor - Tribun Timur

Diminati Pasar Dunia, Kementan Kembangkan Budidaya Umbi Porang Untuk Ekspor - Tribun Timur
Hallo, bertemu kembali, sesi kali ini akan dibahas tentang harga porang perkilo Diminati Pasar Dunia, Kementan Kembangkan Budidaya Umbi Porang Untuk Ekspor - Tribun Timur simak selengkapnya lebih dalam tentang Diminati Pasar Dunia, Kementan Kembangkan Budidaya Umbi Porang Untuk Ekspor - Tribun Timur.

TRIBUN-TIMUR.COM - Tanaman porang memiliki nilai strategis untuk dikembangkan, karena punya peluang yang cukup besar untuk diekspor. Catatan Badan Karantina Pertanian menyebutkan, yang mencapai Rp 11,31 miliar ke negara Jepang, Cina, Vietnam, Australia dan lain sebagainya. 

Berangkat dari ini, Kepala Subdirektorat Ubikayu dan Aneka Umbi Lain, Direktorat Aneka Kacang dan Umbi, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan), Cornelia menyatakan turun meningkat. Umbi porang saat ini masih banyak yang berasal dari hutan dan belum banyak dibudidayakan. Ada beberapa sentra pengolahan tepung porang saat ini,  seperti di daerah Pasuruan, Madiun, Wonogiri, Bandung serta Maros.

“Hingga saat ini, salah satu keterbatasan porang Indonesia terletak pada penyediaan bahan baku yang masih terbatas. Kedepan, kami mendorong potensi pengembangan budidayanya, apalagi kalau sudah ada contoh yang bisa diekspor seperti ini. Pastinya akan memacu semangat petani untuk mulai budidaya porang,” demikian diungkapnya Cornelia di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Ia menegaskan pengembangan budidaya umbi porang yang merupakan produk lokal untuk Porang dan Kernel Palm di GOR Andi Mappe, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Pangkep, Sulawesi Selatan pada bulan April lalu. Menurut Menteri Amran, kata Cornelia, umbi porang merupakan potensi yang belum tergarap sehingga menjadi peluang baik bagi siapa saja yang mau berusaha.

Diminati Pasar Dunia, Kementan Kembangkan Budidaya Umbi Porang Untuk Ekspor - Tribun Timur

“Harga porang segar di pasar saat ini berkisar Rp. 4.000 per kilogram, berbeda halnya setelah menjadi chip porang yang siap harganya bisa meningkat menjadi Rp 14.000 per kilogram. Jadi, ada margin yang cukup besar antara harga porang segar dengan porang olahan,” tegasnya.

“Ini menandakan produk olahan memiliki nilai jual lebih tinggi. Jadi saya ingin porang dalam negeri bisa memenuhi kebutuhan . Dari sisi produksinya mencukupi, selanjutnya bisa dikembangkan  pengolahannya,” imbuhnya.

Perlu diketahui tanaman porang atau bahasa latinnya Amorphophallus oncophyllus ini adalah tanaman yang toleran naungan hingga 60%. Porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl. Bahkan, sifat tanaman tersebut dapat memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan dibawah naungan tegakan tanaman lain. Untuk bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung. (*)

Oke penjelasan perihal Diminati Pasar Dunia, Kementan Kembangkan Budidaya Umbi Porang Untuk Ekspor - Tribun Timur semoga tulisan ini bermanfaat terima kasih

untuk harga mesin pengupaspencuci|pengolah} porang suweg iles iles bisa menghubungi kami. 

Diminati Pasar Dunia, Kementan Kembangkan Budidaya Umbi Porang Untuk Ekspor - Tribun Timur

mesin pembuat tepung porang

Artikel ini diposting pada kategori harga porang perkilo, harga porang per kilo 2020, harga porang per kilo basah,

https://makassar.tribunnews.com/2019/09/10/diminati-pasar-dunia-kementan-kembangkan-budidaya-umbi-porang-untuk-ekspor

No comments