Artikel Baru

Khasiat Umbi Porang, Harga Umbi Porang Mencapai Rp 65.000/Kg

Khasiat Umbi Porang, Harga Umbi Porang Mencapai Rp 65.000/Kg - Megazio
Hohoho, bertemu kembali, artikel ini akan membahas tentang khasiat pohon porang Khasiat Umbi Porang, Harga Umbi Porang Mencapai Rp 65.000/Kg - Megazio simak selengkapnya lebih dalam tentang Khasiat Umbi Porang, Harga Umbi Porang Mencapai Rp 65.000/Kg - Megazio.


dari spesies Amorphophallus muelleri.
Umbi porang banyak mengandung glucomannan berbentuk tepung, Glucomannan merupakan serat alami yang larut dalam air biasa digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental.
Khasiat Umbi Porang, Harga Umbi Porang Mencapai Rp 65.000/Kg - Megazio
Pohon Umbi Porang, Umbi porang adalah tanaman umbi-umbian atau talas yang sedang populer, Porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri.

Bahkan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan pembuatan komponen pesawat terbang, demikian dilansir laman resmi Kementerian Pertanian.
Manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan “jelly” yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri Jepang.

1. Umbi Porang dengan Umbi Suwek

“Porang berbeda dengan suwek. Porang mempunyai katak (buah yang tumbuh di antara batang tanamannya), tapi kalau suwek tidak. Umbi porang berwarna kuning, sedangkan suwek agak putih,” katanya.
Porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl. Bahkan, sifat tanaman tersebut dapat memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lain. Untuk bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak
Khasiat Umbi Porang, Harga Umbi Porang Mencapai Rp 65.000/Kg - Megazio

2. Harga Umbi Porang Per- Kilogram

Katak porang juga bernilai tinggi. Harganya mencapai Rp 170.000 per kilogram. Hal itu karena katak tidak banyak diproduksi dan bisa dijadikan bibit tanaman porang.

3. Harga Tepung Umbi Porang

Umbi porang tersebut kemudian dijual ke pabrik pembuatan tepung porang di daerah Jawa Timur. “Tepung porang diekspor ke Jepang. Kabarnya, harga tepung porang bisa mencapai Rp 200.000-300.000 per kilogram.

4. Kandungan dalam Umbi Porang

Tepung yang hanya mengandung glukomanan porang konon bahkan dihargai hingga Rp 1,2 juta per kilogram. Di Jepang, tepung porang diolah menjadi ramen atau mi tradisional negara tersebut. Sayangnya, petani Indonesia belum bisa membuat tepung porang.
Sekian pembahasan mengenai Khasiat Umbi Porang, Harga Umbi Porang Mencapai Rp 65.000/Kg - Megazio semoga info ini bermanfaat salam
untuk harga mesin pemotongpencuci|pengolah} buah porang bisa menghubungi kami.
mesin pembuat tepung porang
Tulisan ini diposting pada kategori khasiat pohon porang, manfaat pohon porang, kegunaan pohon porang,
https://www.megazio.com/khasiat-umbi-porang-harga-umbi-porang-mencapai-rp-65-000-kg/

No comments