Artikel Baru

Manfaat Biochar Sekam Padi

Manfaat Biochar Bagi Kesuburan Tanah
Hohoho, bertemu kembali, artikel ini akan dibahas tentang manfaat biochar sekam padi Manfaat Biochar Bagi Kesuburan Tanah simak selengkapnya lebih dalam tentang Manfaat Biochar Bagi Kesuburan Tanah.

17 Maret 2019   21:35 Diperbarui: 17 Maret 2019   21:42 1973 2 Mohon Tunggu...

Kesuburan tanah adalah kemampuan tanah untuk dapat menyediakan unsur hara dalam jumlah yang cukup dan berimbang untuk pertumbuhan dan hasil tanaman, Kesuburan tanah merupakan salah satu hal yang perlu di perhatikan dalam suatu usaha pertanian. Tanah yang sehat dan subur  akan memberikan nutrisi yang cukup pada tanaman yang di tanam di atasnya.   

Manfaat Biochar Bagi Kesuburan Tanah

Kesuburan tanah ini sangat berkaitan erat dengan ketersediaan unsur hara yang tersedia dan dapat di serap oleh tanaman. Pada dasarnya unsur hara telah banyak tersedia di dalam tanah. Hanya saja ada beberapa masalah yang berkaitan dengan penyerapan dan sifat unsur hara tersebut. Ada beberapa unsur hara yang sangat melimpah di alam hanya saja tanaman tidak dapat memanfaatkan unsur hara tersebut secara langsung. 

Misalnya saja unsur N, unsur ini sangat melimpah ketersediaannya di alam. Hanya saja tanaman tidak dapat langsung memamanfaatkan unsur hara tersebut (kecuali tanaman legume). Ada beberapa organisme tanah yang membantu tanaman unuk merombak unsur n di alam menjadi NH4+ agar dapat di serap oleh tanaman. Selain unsur N, ada pula unsur lain yang juga memerlukan bakteri untuk merombaknya menjadi bentuk unsur yang dapat diserap oleh tanaman.

Biochar adalah bahan padat yang diperoleh dari karbonisasi dari biomassa. produksi. Sebagai gambaran sederhana, dari 50 juta ton produksi gabah tiap tahunnya ikut dihasilkan sekitar 60 juta ton merupakan "iimbah" (jerami dan sekam padi) yang dapat diproses menjadi biochar.

VIDEO PILIHAN

Manfaat Biochar Bagi Kesuburan Tanah

Oke penjelasan perihal Manfaat Biochar Bagi Kesuburan Tanah semoga info ini berfaedah terima kasih

untuk info mesin giling sekam bisa menghubungi kami. 

mesin giling sekam dedak bekatul

Tulisan ini diposting pada label

https://www.kompasiana.com/adi_wicaksono14/5c8e5a313ba7f773d0379e42/manfaat-biochar-bagi-kesuburan-tanah

No comments