Artikel Baru

Mesin Pemasak Nata De Coco - Alat Pembuat Nata De Coco

Mesin Pemasak Nata De Coco - Alat Pembuat Nata De Coco

Mesin Pemasak Nata De Coco, Alat Pembuat Nata de coco, harga mesin pemasak nata de coco, jual alat pemasak nata de coco.

mesin pemasak nata de coco


Spesifikasi Mesin Pemasak Nata De Coco

Tipe : KM -50 PND
Dimensi : 500x400x900 mm
Material Body : Stainless Steel
Material Tabung : Stainless steel
Material Pengaduk : As Stainless Steel dan Plat Stainless Steel, Kayu
Pengerak : Elektromotor 1/ 4 HP
Kapasitas : 40-50 Liter/ proses
Pemanas : LPG
Thermokontrol Otomatis
Double Jacket

Tipe : KM -100 PND
Dimensi : 600x500x1000 mm
Material Body : Stainless Steel
Material Tabung : Stainless steel
Material Pengaduk : As Stainless Steel dan Plat Stainless Steel, Kayu
Pengerak : Elektromotor 1/ 2 HP
Kapasitas : 80-100 Liter/ proses
Pemanas : LPG
Thermokontrol Otomatis
Double Jacket

Baca Juga : Mesin Pemotong Nata De Coco
_________________________________________________________________________________

Nata de coco datang dari bahasa Spanyol yang bermakna cream kelapa. Awalannya nata de coco dibikin di Filipina yang disebut koloni bangsa Spanyol. Nata de coco sendiri ialah semacam cermat yang terbuat dari air kelapa. Di Indonesia, nata de coco dikonsumsi menjadi bahan kombinasi beberapa resep minuman seperti es buah serta yang lain. Waktu bulan Puasa datang, nata de coco jadi primadona menjadi kombinasi minuman berbuka. Pembuatan nata de coco memakai bahan baku air kelapa yang difermentasi dengan semacam bakteri.

Proses Pembuatan Nata de Coco

Bagaimana triknya merubah air kelapa jadi nata? Proses pembuatan nata de coco dibantu oleh semacam bakteri bernama Acetobacter xylinum. Nah, bakteri gula yang terdapat di air kelapa akan difrementasi oleh Acetobacter xylinum jadi seperti gel atau jelly yang terapung diatas cairan. Gel yang memiliki tekstur kenyal serta berwarna putih ini dimaksud nata atau sel bakteri atau selulosa. Di bawah ini beberapa langkah membuatnya :

1. Pertama kali, buat persiapan beberapa bahan tersebut:
- Air kelapa
- Gula pasir
- Asam cuka (asam asetat)
- Wadah fermentasi
- Starter atau biakan bakteri Acetobacter xylinum
- Panci untuk memasak

2.Saringlah air kelapa untuk memisahkan kotoran serta serat. Yakinkan kandungan air kelapa betul-betul bersih dari serat-serat kelapa.
3.Masukan air kelapa ke panci. Didihkan air kelapa itu. sesudah mendidih, tuang gula pasir.
4.Matikan api serta dinginkan. Simpanlah air kelapa itu ke wadah untuk proses fermentasi yang sudah steril. Sesudah dingin, imbuhkan asam asetat (asam cuka).
5.Step setelah itu step inokulasi yakni satu proses perpindahan bibit atau biakan bakteri dari medium lama ke medium baru. Pindahkan starter atau biakan bakteri Acetobacter xylinum dari alat biakan ke wadah fermentasi berisi air kelapa yang sudah didihkan, dikasih gula serta asam cuka.
6.Tutuplah wadah fermentasi serta peram saat 7 sampai 14 hari. Yakinkan alat peram tertutup serta tidak alami goncangan. Yakinkan kesterilan wadah peram serta penutupnya.
7.Saat waktu panen nata datang, nata mesti dicuci, di rebus atau di rendam terlebih dulu untuk menghilangkan asam. Bila dikerjakan lewat cara di rendam, rendamlah di air saat 3 hari serta yakinkan untuk ganti air rendaman sehari-hari.
8.Sesudah itu, nata dipotong-potong jadi bagian-bagian. Lalu kerjakan perebusan nata kembali.
9.Step akhhir pembuatan nata de coco yakni dengan merendam nata yang sudah di rebus ke larutan gula dengan persentase 40% saat 30 menit sampai 45 menit. Nata siap disantap.

Proses membuat nata de coco - Nata de coco termasuk juga bahan pangan menjadi minuman produk aplikasi bioteknologi konvensional. Di samping tempe yang telah dibicarakan awal mulanya, bahan pangan yang satu ini pula manfaatkan mikroorganisme jamur serta bakteri menjadi agen biologi yang membuahkan enzim untuk lakukan metabolisme.
Enzim yang dibutuhkan ialah selulose dengan agen biologi acetobacter xylinum serta bahan basic yang dipakai ialah air kelapa. Nah, menjadi lanjutan materi bioteknologi konvensional dalam produksi pangan, kesempatan ini Matra Pendidikan akan menyediakan proses pembuatan nata de coco. Nata de coco adalah hasil fermentasi air kelapa dengan pertolongan mikroba Acetobacter xylinum, yang berupa padat, berwarna putih transparan, terasa manis serta memiliki tekstur kenyal.
A.Langkah Membuat:
1. Air kelapa mentah di saring, serta dimasukkan ke panci stenless ukuran 5 liter dibuat sampai mendidih 100 derajat celcius
2. Sesudah mendidih masukan gula putih 250 gr, za 0,5 gr, cuka 50 cc.
3. Kombinasi air kelapa yang telah mendidih dimasukan ke baki plastik yang bersih atau steril.
4. Tutuplah baki-baki itu dengan kertas koran steril yang telah dijemur dengan panas matahari.
5. Baki-baki ditutup rapat serta diatur diatas rack baki dengan rapi serta ditiriskan sampai dingin untuk dikasih bibit nata de coco
6. Pembibitan dikerjakan saat pagi hari serta hasil pembibitan ditutup kembali
7. Baki hasil pembibitan tidak bisa terganggu atau tergoyang
8. Biarlah baki pembibitan itu saat 1 minggu serta janganlah terganggu atau tergoyang oleh apa pun.
9. Membuka hasil pembibitan sesudah berusia 1 minggu.

B.Langkah Panen
1. Nata yang tercipta diambil serta dibuang sisi yang rusak (bila ada),lantas dibikin bersih dengan air (dibasuh). Lalu di rendam dengan air bersih saat 1 hari.
2.Di hari ke-2 rendaman ditukar dengan air bersih serta di rendam lagiselama 1 hari.
3.Di hari ke-3 nata dicuci bersih serta dipotong bentuk kubus (ukuransesuai hasrat) lalu di rebus sampai mendidih serta air rebusan yang pertama dibuang.
4.Nata yang sudah dibuang airnya barusan, lalu di rebus kembali danditambahkan dengan satu sendok makan asam sitrat.

C.Langkah Memproses
1.Jika di proses menjadi kombinasi es buah, nata de coco ditambah lagi gula serta sirup.
2.Jika tidak sudah sempat mengolahnya, jadi disimpan saja dalam almari es.

D.Faedah nata de coco
Nata de coco berguna untuk kesehatan badan sebab memiliki kandungan mineral serta vitamin yang diperlukan badan. Contohnya untuk melakukan perbaikan proses pencernaan badan serta BAB sebab nata de coco kaya serat. Diluar itu pun tingkatkan kebal badan, terutamanya buat anak-anak.

kami siap melayani pengiriman mesin ke seluruh Indonesia. daerah tersebut diantara:

Banda Aceh Langsa Lhokseumawe Sabang Subulussalam Binjai Gunungsitoli Medan Padang Sidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjungbalai Tebing Tinggi Bengkulu Jambi Sungaipenuh Dumai Pekanbaru Bukittinggi Padang Padang Panjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih Bandar Lampung Metro Pangkalpinang Batam Tanjungpinang Jawa Bandung Banjar Batu Bekasi Blitar Bogor Cilegon Cimahi Cirebon Depok Jakarta Jakarta Utara Jakarta Timur Jakarta Pusat Jakarta Selatan Jakarta Barat Kediri Madiun Magelang Malang Mojokerto Pasuruan Pekalongan Probolinggo Salatiga Semarang Serang Sukabumi Surabaya Surakarta Tasikmalaya Tangerang Tangerang Selatan Tegal Yogyakarta Kalimantan Pontianak Singkawang Banjarbaru Banjarmasin Palangka Raya Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Nusa Tenggara Denpasar Bima Mataram Kupang Sulawesi Gorontalo Makassar Palopo Parepare Baubau Kendari Palu Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Maluku Ambon Tual Ternate Tidore Kepulauan Papua Jayapura Sorong, Bangka Belitung

No comments