Artikel Baru

Mesin Sawut Singkong Ubi Jalar Kentang Ketela

Mesin Sawut Singkong Ubi Jalar Kentang Ketela


harga mesin sawut singkong, jual mesin sawut ubi, alat mesin sawut, mesin sawut ubi jalar, mesin sawut kentang, harga mesin sawut singkong, mesin parut sawut, harga mesin sawut, harga mesin sawut ketela.



mesin sawut singkong ketela kentang

Spesifikasi  
Tipe                     : Irisan Sawut
Dimensi               : 50 x 40 x 80 cm
Material rangka   : Siku  Besi
Material body      : Plat Besi  dan Stainless Steel
Material  pisau    : Stainless Steel
Penggerak           : Dinamo 1/2 HP
Kapasitas            : 50-60 kg/jam Penekan


_________________________________________________________________________________


Sawut atau pasrah adalah satu diantara beberapa ribu jajanan nusantara yang datang dari Yogyakarta. Makanan ini memiliki bahan basic singkong yang di parut kasar serta dikasih kombinasi gula merah dan taburan kelapa parut. Perasaan sawut yang enak, manis, serta lezat membuat jajanan tradisionil ini banyak disenangi oleh penduduk indonesia. Sebab memiliki bahan basic singkong, jajanan ini berbentuk mengenyangkan hingga pas untuk jadikan menjadi pengganjal perut yang kosong. 
Sawut sendiri datang dari bahasa Jawa, “semrawut” yang berarti “berantakan” karena penyajiannya yang condong amburadul. Sawut diketahui juga dengan nama “pasrah” sebab membuatnya yang diparut kasar ( dalam bahasa Jawa bermakna “pasrah” ).

Resep Sawut Singkong Yang Enak

Sawut Singkong Pelangi

Resep Sawut Singkong Kukus Gula Merah

Ingin membuat kue kukus tradisionil dari olahan singkong ( ubi kayu) yang enak lewat cara gampang, salah satunya ialah resep sawut singkong kukus gula merah yang terbuat dari adonan parutan singkong macam manis legit gula merah, lalu dikukus lantas diberikan dengan taburan kelapa parut yang gurih. 

Kue sawut singkong pun adalah satu diantara bermacam jajan pasar yang termasuk juga favorite dari daerah jateng serta yogya, umumnya bersanding dengan olahan bahan basic serba singkong yang lain seperti getuk, gotot ataupun tiwul. 

Tidak hanya sawut singkong gula merah, ada variasi sawut singkong keju dan dibikin berlapis dengan dua perasaan, bahkan juga dapat berwarna warni seperti pelangi. Bentuk sawut dapat juga sesuai dengan hasrat dengan cetakan bundar atau kotak ataupun beraneka macam yang lain. 

Resep Bahan Sawut Singkong Proses pembuatan kue sawut singkong ini begitu gampang serta simpel, akan tetapi rasa-rasanya begitu enak. Singkong diparut, gula merah disisir, serta supaya lebih menarik diberikan beralaskan potongan daun pisang yang dibuat bundar. 

Bahan Sawut Singkong

Beberapa bahan kue sawut :

  • 500 gr singkong 
  • 150 gr gula merah, sisir 
  • 1 sachet vanili 
  • 1/2 sdk garam 
  • 50 gr gula pasir 
  • 50 gr kelapa parut dikukus untuk topinggya 
  • daun pisang seperlunya, cuma untuk alas kue lewat cara digunting berupa bundar 

Sesudah menyiapkan beberapa bahan diatas, jadi di bawah ini ialah tingkatan langkah membuat : 

Langkah Membuat Sawut Singkong 

1. Kupas singkong dari kulitnya, bersihkan sampai bersih serta tiriskan, lalu parut singkong dapat memakai parutan keju. 
2. Sediakan wadah, lantas tuangkan parutan singkong, gula merah, gula pasir, vanili serta garam, lantas aduk rata semua bahan itu. 
3. Sesudah adonan rata, sediakan potongan - potongan bundar daun pisang untuk alas. Tuangkan adonan seperlunya pada masing - masing alas daun pisang, selain itu panasi kukusan. Sesudah panas input adonan kue sawut lantas kukus saat 20 menit. 

Sesudah masak, kue sawut singkong telah siap diberikan dengan taburan kelapa parut diatasnya. Demikian rincian di atas mengenai Resep sawut Singkong Gula Merah. Mudah-mudahan info ini bisa berguna buat anda semua. selamat coba 

Sawut Pelangi Rasa Masa Lampau


Sawut Singkong Pelangi  

Baik Macan (Mama Cantik) untuk Resep Terbaru Sawut Singkong Pelangiini bahan bahannya mudah dicari Ma dan untuk proses pembuatannya juga sangat mudah, yang terpenting siapkan dengan lengkap Ma bahan-bahan yang dibutuhkan serta perhatikan cara pembuatannya.  
Dengan memberikan resep yang simple tapi maksimal hasil dan rasanya Macan bisa mencobanya dirumah. oke Ma mau tau bahan-bahan apa aja yang kita perlukan, yuk kita cek dulu selengkapnya dibawah ini. 


Bahan-Bahan Sawut Singkong Pelangi Bahan : 
  • Siapkan bahan utamanya Ma yaitu Ketela pohon/ singkong 500gram,
  • Siapkan juga gula pasir 200gram
  • Garam 1 sendok teh
  • Vanili 1/2 sendok teh Ma
  • Daun pandan 2 lembar
  • Siapkan perasa pandan (sesuai selera)
  • Siapkan perasa strawbery (secukupnya)
  • Kelapa parut 100 gram, kukus terlebih dahulu Ma.

Cara Membuatnya : 
  • Kupas terlebih dahulu ketela pohon/ singkongnya Ma, rendam dalam air selama 15 menit, (untuk mengurangi rasa pahit yang ada di ketela Ma)
  • Setelah direndam Ma, parut ketela dengan parutan keju, 
  • Kemudian campur dengan gula pasir, garam serta vanili
  • Aduk ma agar tercampur rata kemudian bagi parutan singkong menjadi 3 bagian,,
  • Campurkan bagian pertama dengan perasa pandan Ma,
  • Kemudian bagian kedua campur dengan perasa strawberry
  • Dan yang bagian ketiga dibiarkan tetap berwarna putih saja Ma (atau boleh diberi Warna lain juga Ma, biar tambah menarik)..
  • Setelah semua selesai Ma.. masukan kedalam kukusan yang telah dipanaskan sebelum nya
  • Kemudian letakan daun pandan di atas adonan sawut, 
  • Kukus selama 30 menit Ma..setelah matang, silahkan tata sawut singkongnya di piring
  • Dan yang terakhir sajikan dengan parutan kelapa yang sebelumnya sudah di kukus tadi Ma...

Dan Taaraaa,,, Ma hehe sawut singkong pelanginya sudah siap tinggal santap Ma makin nikmat dan Yummie jika disantap bareng suami dan keluarga tercinta Ma,, pasti makin endoss... Hehe yang pastinya mumer dan sehat Ma untuk keluarga tercinta..

Tumpeng Sawut


Proses pembuatan tumpeng diawali dengan mengupas singkong, lalu dicuci, serta diparut kasar atau arti dalam bahasa Jawa “dikokrok”. Beberapa bapak pun ketertarikan menolong ibu-ibu. Kebersamaan yang mengagumkan, sebab beberapa bapak ikut juga terjun serta berbaur dengan pekerjaan yang umumnya banyak dikerjakan oleh kaum hawa. Sesudah itu, singkong yang telah diparut dikukus dengan diberi dikit garam serta gula pasir. Parutan singkong yang sudah dikukus diciptakan dengan bermacam-macam hingga membuat tumpeng tampak menarik. Menjadi pelengkap dari tumpeng pun diikutkan beberapa sayuran menjadi sumber vitamin serta mineral, seperti selada air, wortel, terong, tomat, serta cabai yang dikreasikan dalam bermacam-macam agar percantik penampilan tumpeng. Menjadi sumber protein serta lemak, pun ditambahkan sambal teri, ayam goreng, telur puyuh, tempe, serta tahu bacem. Tepi tumpeng dipercantik dengan kacang panjang rebus yang dianyam membuat seperti pagar.

No comments