Artikel Baru

Alat Pemecah Kemiri

Alat Pemecah Kemiri

harga jual mesin alat pemecah kemiri termasuk pengungkit golongan, alat pemecah kemiri tradisional, alat pemecah kemiri manual, alat pemecah kemiri, alat pemecah kemiri sederhana, gambar alat pemecah kemiri, harga alat pemecah kemiri, pada alat pemecah kemiri letak titik beban berada, nama alat pemecah kemiri, alat pemecah biji kemiri.


fungsi dari alat mesin ini adalah memecah dan menghancurkan kulit keras kemiri untuk diambil biji kemirinya.





alat pemecah kemiri
gambar alat pemecah kemiri

Spesifikasi Mesin Pemecah Kemiri


  • Kapasitas                  : 100-120 kg/jam 
  • Dimensi                    : 70 x 50 x 80 cm 
  • Pengerak                   : Dinamo ½ HP 
  • Rangka                      : Siku 4 x 4 
  • Material Cover          : Besi 
  • Material Pengupas    : Besi 
  • Transmisi                  : Pulley Dan Vbelt 


Video Mesin Pemecah Kemiri





_____________________________________________________________________________________________

Kemiri


Penyimpanan kemiri jika tidak disimpan secara benar supaya berkutu, serta berjamur. Langkah menaruh kemiri supaya bertahan lama atau awet ada tiga langkah, yakni : 

1. Janganlah buang tempurungnya 

Menaruh kemiri bersama tempurungnya dapat membuat kemiri bertahan lama. Sebab tempurungnya dapat membuat perlindungan sisi isi kemiri, hingga kemiri tidak dikunjungi kutu serta jamur. Namun langkah berikut tidak praktis, sebab kita harus pecahkan serta mencongkel didalamnya waktu akan dipakai. Aduh! Repotnya. 

2. Disangrai 

Kita pasti sempat beli kemiri yang tidak bertempurung . Nah langkah menaruh kemiri agar bertahan lama yakni dengan menggongseng atau menyangrainya. Menyangrai atau menggongseng kemiri di dalam wajan dengan api kecil agar tidak gosong serta pastinya tidak gunakan minyak ya, nah ini ialah langkah ke-2 yang dapat diaplikasikan. 

3. Merendam dalam minyak 

Langkah menaruh kemiri supaya bertahan lama atau awet lewat cara merendamnya di minyak goreng yang belum dipakai serta ingat ya, harus betul-betul terbenam kemirinya di minyak. 
Siapkan toples atau mangkok yang dapat ditutup. Masukan kemiri dalam toples itu lalu tuang minyak goreng sampai kemiri terbenang. Kemiri akan awet serta bertahan lama. 

Ladies, ke-3 langkah diatas dapat kamu pilih ingin memakai langkah yang mana. Telah itu dahulu ya langkah menaruh kemiri agar bertahan lama atau awet. Baik selamat coba ya. Sampai jumpa di post Maya mendatang. Mudah-mudahan berguna buat yang membutuhkannya. 
Minta maaf jika ada salah catat dalam posting ini, peringatkan Maya ya inshaallah akan langsung diperbaiki. 

APA ITU KEMIRI 
Kemiri adalah biji tanaman kemiri. Bijinya sebenarnya bercangkang, tapi cangkangnya dibuang hingga tinggal sisi dalam biji yang lalu kita gunakan untuk memasak. 
RASA YANG DITIMBULKAN 
Seperti ciri-ciri biji-bijian lainnya, kemiri memiliki kandungan minyak. Nah, minyak ini yang membuat masakan bertambah gurih. 
Sayangnya kedatangan kemiri membuat masakan jadi langu khususnya jika waktu memasak sesaat saja. Contohnya pada nasi goreng, mi goreng, atau tumisan. Itu penyebabnya kemiri harus disangrai dulu. Supaya penyangraian dapat masak sampai ke, karena itu pecahkan kemiri jadi potongan kecil-kecil lalu sangrai sekalian diaduk. 
MENGHANCURKAN KEMIRI 
Kemiri yang baru disangrai, harus selekasnya diulek atau dibelender agar minyaknya keluar. Ulek serta jus sendiri, janganlah bersama dengan bumbu yang lain agar hancur serta halus benar. 
Sesudah dihancurkan bersama dengan bumbu lain, tumis bumbu barusan sampai harum benar supaya kedatangan kemiri tidak membuat masakan jadi langu. 
PADUAN KEMIRI 
Kemiri dapat bekerjasama dengan bumbu apa. Bawang merah, bawang putih, ketumbar, atau bumbu yang lain dapat bersatu dengan kemiri. 
HIDANGAN DENGAN KEMIRI 
Kemiri biasanya dibuat di sajian berkuah seperti pindang, soto, kare. 

Biasanya, orang pertama-tama kenal kemiri jadi bumbu masakan, tetapi dalam perubahannya, kemiri digunakan dalam bagian kosmetik serta kesehatan alat pemecah kemiri

Dikutip dari Wikipedia, tidak didapati dengan jelas kapan persisnya tanaman kemiri menebar ke India, Cina sampai Asia Tenggara, tidak kecuali Indonesia. Tetapi perubahannya di Indonesia lumayan besar serta jadi komoditas dagang rempah yang cukup diperhitungkan. 

Dalam masakan, kemiri berperan jadi pengental kuah sekaligus juga menolong memperkuat aroma enak serta rasa makanan. Pemakaian kemiri seringkali dipertemukan dengan santan, peranan kemiri ialah jaga kestabilan santan supaya tidak pecah tulis dipanaskan, sebab kemiri mempunyai karakter mengikat santan. 

Untuk menolong keluarkan serta memperoleh aroma enak yang ciri khas pada makanan, biji kemiri disangrai atau digoreng dahulu sebelum jadikan bumbu masakan. Sesudah disangrai atau digoreng, kemiri akan keluarkan minyak yang beraroma enak, serta berikut yang akan menolong memberikan kelezatan pada makanan. 

Dapat disebut kemiri ialah rempah yang hampir berada di tiap kuliner nusantara walau pemakaiannya sedikit. Walau pemakaiannya tidak diperlukan dalam jumlahnya besar tetapi peranan kemiri begitu memastikan kelezatan hasil akhir makanan. Bertambah baik janganlah hilangkan bahan ini dari bumbu masakan ya. 


Faedah ini dapat kamu temukan dari minyak kemiri. Berikut fakta kenapa banyak yang jual minyak kemiri di market. Kemiri mempunyai banyak nama di Indonesia, seperti muncang di wilayah Sunda, dèrèkan serta pidekan di Jawa, kembiri di Batak, serta masih banyak. 

Tetapi sebelum mengulas lebih jauh tentang cara membuat minyak kemiri, kamu harus tahu lebih dulu apa faedah yang dapat kamu temukan dari minyak kemiri, diantaranya: 

Percepat Perkembangan Rambut 
Jumlahnya rambut yang rontok, terkadang membuat rambut jadi terlihat tipis, serta bahkan juga mengakibatkan dikit kebotakan pada bagian-bagian kepala. Karena itu, kamu dapat manfaatkan minyak kemiri, yang nyatanya dapat percepat perkembangan rambut, hingga akan menutupi wilayah yang botak, sebab kerontokan rambut barusan. 

Menahan Kerontokan 
Jika kamu mempunyai permasalahan rambut rontok, karena itu minyak kemiri bisa jadi jalan keluarnya. Sebab, kemiri mempunyai kandungan protein dan mineral yang lumayan tinggi, sampai bisa menguatkan akar rambut. Bila akar rambut telah kuat, karena itu tidak ada permasalahan kerontokan yang terlalu berlebih pada rambutmu. 

Baca : 5 Pemicu Rambut Rontok 

Menahan Uban 
Munculnya uban memang hal yang wajar buat mereka yang telah berumur lanjut. Tetapi, bila hal itu berlangsung pada seorang yang masih berumur muda, karena itu ini akan mengakibatkan kerusakan penampilannya. Tetapi jika ini berlangsung kepadamu, tak perlu cemas, kamu dapat memakai minyak kemiri, sebab minyak satu ini bermanfaat untuk menahan rambut beruban. 

Menebalkan Rambut 
Sesudah permasalahan kerontokan hilang serta wilayah yang botak karena kerontokan itu telah kembali ditumbuhi rambut. Karena itu, dampak seterusnya yang akan kamu alami ialah rambutmu jadi lebih tebal. Tidak hanya tebal, rambut semakin lebih kuat serta tidak gampang putus, lho. 

Menghitamkan Rambut 
Nah, faedah penting dari minyak kemiri yang akan kamu temukan ialah warna rambut yang hitam bercahaya. Dengan ini, penampilanmu akan makin cantik serta mewah. Faedah ini masih dapat kamu alami, walau type rambutmu lurus, ikal, bahkan juga keriting sekalinya. Jadi, telah siap untuk bikin minyak kemiri sendiri di dalam rumah? 

Beberapa bahan: 

250 gr biji kemiri, atau cocokkan dengan minyak yang ingin dibuat 
Air seperlunya 
Langkah Membuat: 

Haluskan Biji Kemiri 
Pertama kali, cuci biji kemiri sampai bersih, lalu haluskan, tetapi jangan pernah begitu halus, 
Kamu dapat melembutkannya dengan dua langkah, yaitu ditumbuk dengan cara langsung, juga dengan memakai jus, 
Jika kamu menumbuknya dengan manual, karena itu tumbuklah sampai cukup halus serta gampang untuk disaring, 
Sedang, bila kamu melembutkannya dengan memakai jus, karena itu campurkanlah biji kemiri dengan air seperlunya, 
Ingat, jangan pernah begitu halus seperti cairan, ya. Cukup jus sampai teksturnya cukup kasar. 
Saring 
Sesudah memperoleh kemiri halus, sekarang waktunya kamu menyaring, 
Campur kemiri halus itu dengan air seperlunya, 
Lalu peras sampai keluar santannya, 
Proses pemerasan ini sama juga dengan saat kita memeras santan kelapa, 
Jadi, jika barusan kamu menumbuk atau memblendernya begitu halus, karena itu kamu dapat memerasnya dengan memakai kain, 
Sesudah diperas, saringlah supaya tidak tercampur dengan santan waktu dididihkan, pada proses seterusnya. 
Didihkan 
Sesudah memperoleh santan kemiri yang bersih, 
Masukanlah santan kemiri itu ke wajan, serta biarlah sampai mendidih, 
Sepanjang proses ini, aduk-aduk santan kemiri supaya proses penguapannya berlajan prima, 
Proses penguapan ini akan memerlukan waktu yang lumayan lama, jadi kamu harus bersabar, ya, 
Selalu aduk santan kemiri sampai airnya menguap serta tersisa minyaknya saja, 
inyak kemiri yang telah jadi umumnya terlihat dari kerak minyaknya yang berwarna cokelat pekat. 
Peras serta Masukan ke Botol 
Sesudah minyaknya jadi, diamkan sampai mendingin, 
Sesudah itu, mengambil kerak itu, serta peras minyaknya memakai kain sampai jadi kering, 
Masukan minyak kemiri hasil perasan barusan ke botol, supaya gampang bila ingin kamu pakai untuk penggunaan seharian. 
Langkah lain untuk bikin minyak kemiri, yaitu dengan dibakar: 
Sediakan biji kemiri yang sudah terkupas prima dari cangkangnya, 
Bakar biji kemiri sampai betul-betul gosong seperti membuat arang, 
Sesudah biji kemiri gosong, teruskan dengan memblendernya sampai keluar minyak, serta 
Masukan minyak kemiri ke wadah tertutup. 
Langkah lain untuk bikin minyak kemiri, yaitu dengan diperas: 
Sediakan biji kemiri yang sudah terkupas prima dari cangkangnya, 
Kamu dapat pilih lewat cara memarut biji kemiri atau mungkin dengan memblendernya, 
Sesudah diparut atau diblender, peras biji kemiri sambil memberikan tambahan air dikit demi sedikit, 
Simpan air perasan biji kemiri dalam wadah tertutup sepanjang 24 jam penuh, 
Lalu masak air perasan biji kemiri sampai keluar minyaknya, 
Kekurangan dari cara ini ialah minyak kemiri yang dibuat cuma dikit serta memerlukan waktu yang lama, 
Tetapi, minyak yang dibuat dari cara ini akan tambah lebih bening. 
Langkah lain untuk bikin minyak kemiri, yaitu dengan disangrai: 
Sediakan biji kemiri yang sudah terkupas prima dari cangkangnya, 
Sangrai biji kemiri dalam wajan tanpa ada minyak sampai masak, 
Biji kemiri yang sudah disangrai lalu ditumbuk sampai halus atau diblender, serta 
Haluskan, lalu peras dengan memakai air.


kami siap melayani pengiriman mesin ke seluruh Indonesia. daerah tersebut diantara:

Banda Aceh Langsa Lhokseumawe Sabang Subulussalam Binjai Gunungsitoli Medan Padang Sidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjungbalai Tebing Tinggi Bengkulu Jambi Sungaipenuh Dumai Pekanbaru Bukittinggi Padang Padang Panjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih Bandar Lampung Metro Pangkalpinang Batam Tanjungpinang Jawa Bandung Banjar Batu Bekasi Blitar Bogor Cilegon Cimahi Cirebon Depok Jakarta Jakarta Utara Jakarta Timur Jakarta Pusat Jakarta Selatan Jakarta Barat Kediri Madiun Magelang Malang Mojokerto Pasuruan Pekalongan Probolinggo Salatiga Semarang Serang Sukabumi Surabaya Surakarta Tasikmalaya Tangerang Tangerang Selatan Tegal Yogyakarta Kalimantan Pontianak Singkawang Banjarbaru Banjarmasin Palangka Raya Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Nusa Tenggara Denpasar Bima Mataram Kupang Sulawesi Gorontalo Makassar Palopo Parepare Baubau Kendari Palu Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Maluku Ambon Tual Ternate Tidore Kepulauan Papua Jayapura Sorong, Bangka Belitung

No comments