Artikel Baru

Mesin Pengering Pinang

Harga Mesin Pengering Pinang

mesin pengering pinang adalah alat yang digunakan untuk mengurangi kadar air pada pinang agar mudah dipacking dan diolah. harga jual pinang berbeda dengan yang masih basah dengan pinang yang kering. pengolahan pinang banyak manfaatnya seperti untuk kesehatan pria.



Oven pengering pinang ini di desain untuk memudahkan proses pengeringan pinang yang akan diolah.


Harga mesin pengering kunyit

Spesifikasi Mesin Pengering Pinang

Dimensi : 250 x 100 x 90 cm

  • Material dinding : Plat Stainless Steel
  • Material tungku : Besi
  • Material alas bahan : Stainless Steel
  • Material rangka : Siku  besi Dan Sthal besi
  • Sistem pengeringan : Box Dryer
  • Daya : 800 watt
  • Kapasitas : 150-180 kg/proses
  • Pemanas : LPG
  • Kipas aksial


Dimensi : 350 x 120 x 90 cm

  • Material dinding : Plat Stainless Steel
  • Material tungku : Besi
  • Material alas bahan : Stainless Steel
  • Material rangka : Siku  besi Dan Sthal besi
  • Sistem pengeringan : Box Dryer
  • Daya : 800 watt
  • Kapasitas : 400-500 kg/proses
  • Pemanas : LPG Kipas aksial

__________________________________________________________________________________________

Manfaat Buah Pinang

pohon pinang yang sering kita lihat mungkin saat ada acara kemerdekaan sebagai media lomba panjat pinang. pohon yang menyerupai pohok kelapa ini memiliki batang yang lebih kecil dibandingkan dengan pohon kelapa meskipun memiliki tinggi yang hampir sama dalam pertumbuhannya. pohon pinang juga memiliki buah yang dapat digunakan untuk berbagai hal seperti manfaat berikut ini.

1. Penambah Nafsu Makan

Bila anda atau anak anda kurang semagat atau nafsu makan berkurang bisa mengkonsumsi buah pinang secara rutin karena buah pinang memiliki nutrisi untuk meningkatkan nafsu makan anda.

2. Obat Gangguan Pencernaan

Buah pinang yang yang dikonsumsi secara rutin ternyata memiliki kemampuan untuk mengatasi ganngguan pencernaan pada usus besar dan usus halus. selain itu mengatasi konstipasi biasa disebut sesulit susah buang air besar.

3. Sebagai Obat Pendarahan

Manfaat lain dari buah pinang adalah menghentikan pendarahan pada luka luar. pemanfaatnya dengan cara direbus untuk diminum atau ditumbuk dan diletakkan pada luka yang mengalami pendarahan.

4. Obat Cacingan

Selain itu buah pinang juga bisa mengatasi cacingan yang sering terjadi pada anak. anak yang terkena cacing akan sulit untuk memiliki berat ideal karena nutrisi pada makanan dibagi dengan cacaing yang ada diusus anak. 

5. Pewangi Mulut

Bau pada mulut akan menyebabkan minder dan tidak percaya diri bila berbicara dengan orang lain. bau mulut disebabkan bakteri yang menempel pada lidah dan rongga mulut yang sulit dijangkau sikat gigi. maka bekumurlah dengan air rebusan buah pinang.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Selain mengatasi bau mulut buah pinang secara tidak langung juga bisa melindungi kesehatan gigi dan gusi. banyak masyarakat di Indonesia timur memakan buah pinang sebagai jamuan saat berkumupul bila belum makan pinang seperti ada yang kuran. disana buah pinang dikonsumsi dengan tepung kapur dari cangkang kerang sebagai pengurang rasa pahit.

7. Obat Kebutaan dan Rabun

buah pinang dipercaya memilik kandungan yang dapat menstimulsi sistem saraf pada mata yang berguna untuk mencegah dari kebutaan atau glaukoma dan rabun mata.

8. Kesehatan Seksual Pria

Manfaat yang mungkin paling banyak dicari dari buah pinang adalah mengatasi penyakit disfungsi sekasul pria. kandungan buah pinang memiliki alkaloid aktif  berupa senyawa arekolin yang meningkatkan gairah pada kejantanan pria. wow... untuk mengkongsumsinya cukup dengan air rebusan pinang diminum.

9. Anti Aging

Manfaat ini yang banyak dicari para kaum hawa karena memiliki sifat mengurangi penuaan dini pada kulit. superr.. selain itu mempermulus kulit dan mengatasi jerawat yang sering terjadi pada usia remaja.


Cara Konsumsi Pinang

Cara konsumsi yang paling mudah adalah di makan secara langsung dengan tepung kapur dari cangkang. namun bila tidak mau dengan cara ini maka anda bisa merebusnya terlebih dahulu lalu minum air rebusannya. atau dengan cara dibuat jus buah pinang, jamu pinang dan dimasak.
Pemanfaatan pinang masih belum banyak digunakan, namun melihat kedepan tentu buah pinang ini akan memiliki banyak manfaat setelah melaui penelitian yang valid dan uji coba pada berbagai macam penyakit.


Macam Jenis Pohon Pinang

1. Pinang Betara
Penyebaran piang ini ada diwilayah Betara, Jambi dan Tanjung Jabung Barat. Buahnya mudahnya berwarna hijau tua dan bila sudah tua akan berwarnya orange.

2. Pinang Aceh
seperti namanya penyebaran pinang aceh banyak dan sekitarnya

3. Pinang Bulawan
Banyak dijumpai di daerah seperti kota Kotamobagu Sulawesi Utara. ciri utama pada buah adalah ukurannya yang besar dan memiliki kadar tannin tinggi.

4. Pinang Merah
Pinang merah atau biasa disebut pinang raja banyak dijumpai di Semenanjung Malaka, Kalimantan dan Sumatera. ciri khusus pada pinang merah adalah batangnya yang keras biasa dipakai untuk membuat antan, memiliki daun majemuk menyirip dan berwarna hijau. selain itu batang langsing dan bisa tumbuh hingga 10 meter sampai 12 meter tergantung kondisi tanah sekitarnya. 

5. Pinang Hutan
Tersebar di pulau Jawa dan Sumatera yang memiliki tinggi 2 sampai 6 meter dan daunnya memiliki penjang 60 cm. untuk budidaya sebaiknya memilih ketinggian tanah 10 sampai 1.600 mpdl diatas laut.

6. Pinang Irian
7. Pinang Biru
8. Pinang Kelapa









No comments