Artikel Baru

Daerah Penghasil Kemiri Di Indonesia

Daerah Penghasil Kemiri Di Indonesia


kemiri merupakan komoditas penting dalam dunia rempah dan masakan, harga kemiri pecah dan utuh sangat berbeda dan tentu masih menjajikan seperti lada, cengkeh dan rempah mahal lainnya. Indonesia adalah negara kepulauan yang mana dikelilingi sejumlah laut dan samudra sehingga penyebaran kemiri tidaklah merata di Indonesia.

untuk itu mari kita telusuri di mana saja penghasil kemiri di Indonesia yang paling banyak dan sudah maju pengolahannya. berikut daftar daerah penghasil kemiri yang Arena Mesin tahu :


1. Kecamatan Songgon Banyuwangi, Kemiri di daerah ini telah dipasarkan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

2. Mamuju Sulawesi Barat, daerah ini tekenal sebagai salah satu penghasil kemiri terbesar di Indonesia. bahkan di Mamuju sendiri ada warga yang memiliki ribuan pohon kemiri dan menghasilkan 10 ton kemiri per tahun. 

3. Gotontalo Sulawesi Utara. Daerah ini bahkan ada nama desa yang dinamai seperti hasil buminya yaitu Desa Kemiri Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bolango. daerah ini merupakan dataran tinggi sehinga kemiri dapat tumbuh subur dan menjadi andalan pendapatan tahunan.

4. Desa Wahyu, berada di Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Desa yang satu ini juga merupakan penghasil kemiri lo. dari jumlah warganya yang sudah beberapa tahun mengatungkan penghasilan dan penghidupan dari kemiri. dari data 95% warga sebagai petani kemiri. produk ini mereka jual keluar desa karena harganya lebih mahal.

5. Desa Bilalang II. Berada di Kecamatan Kotamobagu Utara, Sulawesi Utara penduduknya hampir 80% hidup dari bertani kemiri. desa penghasil terbesar kemiri di Kota Kotamobagu. Penjualan utama kemiri dikirim ke Gorontalo dan di teruskan ke Surabaya untuk diolah menjadi tepung dan dikirim lagi ke Bitung.

6. Bantaeng Sulawesi Selatan. didaerah ini beradapa pada ketinggian 100 - 500 Mpdl dan uniknya kemiri disini ditanam untuk penghijauan lahan hutan lindung. walaupun tidak sebanyak di Maros dan Bone tapi tiap Bantaeng dapat menghasilkan 440 ton kemiri dari 788 ha.

7. Sumatra Utara. Khusus daerah seperti Serdang Begadai, Madina, Tapanuli Selatan, Deli Serdang, Toba Samosir, Langkat, Humbahas, Dairi dan Nias sedang genjar dan giat mengambangkan tanaman kemiri. Permintaan yang tinggi kemiri membuat daerah diatas yakin akan prosepek kemiri kedepannya. Tanaman kemiri tersebut banyak ditanam di Kecamatan Sidikalang, Berampu, Parbuluan, Sumbul, Silima Punga-punga, Lae Parira, Siempat Nampu, Siempat Nampu Hulu, Siempat Nampu Hilir, Tigalingga, Gunung Sitember dan Kecamatan Pegagan Hilir. Hasil kemiri yang dihasilkan dari daerah ini akan di ekspor ke Singapura, Australia, Hongkong, Amerika dan Arab Saudi.

8. Boncotani Bone Sulawesi Selatan. Menghasilkan kemiri 4.435 ton pertahun angka yang besar untuk sebuah kecamatan. Di sini kemiri banyak sebutannya seperti kembiri, kemili, hambiri, gambiri, kemiling, buah kaleh, keminting, muncang, dan masih banyak lagi.

9. Nusa Tenggara Timur (Pulau Flores, Pulau Adonara, Pulau Solor dan Pulau Lembata). Daerah ini banyak mengahsilkan kemiri selain di Sulawesi. Di NTT kemiri diolah menjadi minyak dan tepung. Cangkang kemiri juga diolah menjadi karbon aktif dan briket arang.

Demikianlah 9 Daerah penghasil kemiri yang bisa kami berikan, semoga jual beli kemiri di Indonesia lancar dan Maju Jaya.

Jangan lupa ya lihat mesin pengupas kemiri atau alat pemecah kemiri





No comments