Artikel Baru

Cara Membuat Fermentasi Pakan Bebek Pedaging Dengan Em4

Membuat Pakan Fermentasi Ternak Kambing

Hi, selamat malam, di kesempatan akan membahas mengenai cara membuat fermentasi pakan bebek pedaging dengan em4 Membuat Pakan Fermentasi Ternak Kambing simak selengkapnya lebih dalam tentang Membuat Pakan Fermentasi Ternak Kambing.

Membuat Pakan Fermentasi Ternak Kambing

Dalam di era modern, diperlukan beberapa teknik dan kejelian dari para peternak kambing untuk mendapatkan hasil maksimal pada produksi kambing berkualitas. Selain faktor-faktor seperti cara pemilihan bibit kambing, cara membuat kandang, manajemen ternak dan banyak lagi faktor yang menentukan atas keberhasilan dalam beternak, pengadaan pakan kambing berkualitas sangat penting perannya dalam budidaya kambing pada umumnya. Salah satu bentuk inovasi yang menentukan dan paling dominan berpengaruh pada keberhasilan para peternak kambing modern adalah pengadaan pakan ternak dengan memanfaatkan limbah seperti jerami dan pohon pisang (debog). Proses pembuatannya yang sangat mudah membuat para peternak kambing tanpa perlu berpikir panjang untuk memeilih jenis pakan organik dan ampuh pada pertumbuhan kambing budidayanya.

Pemanfaatan limbah sebagai pakan ternak kambing atau disebut pakan fermentasi yang memanfaatkan bakteri pada Starbio maupun EM4 yang digabungkan dengan limbah jerami, gedebog, rumput kering ataupun ampas kacang sebagai bahan makanan utama. Cara membuat pakan ternak kambing fermentasi (jerami, batang pohon pisang) sebenarnya cukup mudah. Cara pembuatan ini memang dibuat dengan sesederhana mungkin, namun hasilnya sangat luar biasa dan terbukti bisa menaikan berat badan kambing sekitar 2–4 kg selama waktu 10 hari. Cara fermentasi pada pakan ini banyak dimanfaatkan peternak sebagai pakan alternatif di musim kemarau, karena pada saat itu untuk mendapatkan bahan makanan utama terutama hijauan sangat sulit. Sehingga para peternak sudah mengantisipasinya dengan membuat pakan kambing fermentasi saat masih musim penghujan dimana bahan pokok untuk pakan masih melimpah. 

 Panduan Membuat Fermentasi Limbah Jerami Untuk Pakan Ternak Kambing
Pakan alternatif ternak, hasil fermentasi jerami dan debog

Kelebihan pakan ternak kambing fermentasi:

Membuat Pakan Fermentasi Ternak Kambing

1. Memperbaiki sistem pencernaan kambing.

2. Meningkatkan produksi susu kambing (terutama pada )

3. Bobot ternak cepat bertambah secara alami, gemuk, dan sehat.

4. Meningkatkan nafsu makan kambing

5. Daging kambing lebih berisi serta rendah kolesterol.

6. Kambing ternak lebih kebal dan tahan terhadap penyakit.

7. Kotoran kambing tidak bau sehingga tidak mencemari udara lingkungan.

8. Kotoran dan urine kambing lebih sedikit dan bisa digunakan sebagai pupuk kandang/biogas alami.

Cara pembuatan pakan fermentasi kambing:

1. Jerami/Pohon Pisang (debog, sebagai alternatif jerami) dipotong-potong/dicacah kecil-kecil. Lalu siapkan larutan dari gula dan parutan nanas dicampur dengan air untuk fermentasi basah (gedebog) 1 liter dan jumlah air untuk fermentasi kering (jerami) sebayak 10 liter.

2. Di sisi lain, campurkan bahan utama yaitu jerami/pohon pisang, Ampas tahu dan Katul ke dalam wadah yang besar.

3. Larutan yang berisi air, gula pasir dan parutan nanas 1 buah tadi aduk rata dan diamkan sejenak selama kurang lebih 15 menit. Kemudian masukan lagi larutan itu kedalam air ±10 liter lalu siramkan secara merata ke dalam campuran pakan dalam wadah besar, kemudian sebagai tambahan taburkan garam dan aduk lagi terus menerus hingga semuanya tercampur rata.

4. Masukan Pakan kedalam ember/drum plastik lalu tutup dengan terpal/plastik tujuannya agar kedap udara selama kurang lebih 1 hari jika menggunakan bahan jerami (Kering) dan jika menggunakan bahan batang pohon pisang/debog (Basah) cukup 1-3 jam.

5. Pakan fermentasi siap untuk diberikan pada atau sapi setiap pagi dan sore.

Sekian detil tentang Membuat Pakan Fermentasi Ternak Kambing semoga tulisan ini bermanfaat terima kasih

Tulisan ini diposting pada tag cara membuat fermentasi pakan bebek pedaging dengan em4, cara fermentasi pakan bebek dengan em4, fermentasi pakan bebek dengan em4,

https://www.usahaternak.com/2013/12/membuat-fermentasi-limbah-untuk-pakan.html

No comments