Artikel Baru

Cara Membuat Pakan Bebek Supaya Cepat Bertelur

Mengenal Jenis Pakan Ternak Bebek Petelur Agar Meningkatkan Produktivitas Telurnya

Hallo, berjumpa kembali, pada kali ini akan dibahas tentang cara membuat pakan bebek supaya cepat bertelur Mengenal Jenis Pakan Ternak Bebek Petelur Agar Meningkatkan Produktivitas Telurnya simak selengkapnya lebih dalam tentang Mengenal Jenis Pakan Ternak Bebek Petelur Agar Meningkatkan Produktivitas Telurnya.

Pakan Ternak Bebek Petelur – Agar meningkatkan produktivitas bebek petelur, ada beberapa hal yang mempengaruhi. Salah satunya adalah faktor pakan. Untuk itu peternak perlu mengenal jenis pakan ternak bebek petelur agar meningkatkan produktivitas telurnya. Pakan bebek petelur berbeda komposisinya dibandingkan bebek pedaging. Jika pakan bebek pedaging untuk menunjang produksi dagingnya maka pakan bebek petelur untuk menunjang produksi telurnya.

Apa saja hal – hal yang dapat menunjang produktivitas bebek petelur ?

Dalam memulai ternak bebek petelur, tentu peternak juga harus mempelajari hal – hal apa saja yang dapat mempengaruhi produktifitas telur. Hal ini bertujuan agar peternak dapat memaksimalkan ternak bebek untuk menghasilkan telur secara unggul. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Pertama, jenis bebek petelur sangat menentukan hasil panen telur bebek. Peternak harus mengetahui jenis bebek apa yang akan dibudiayakan untuk menghasilkan telur dalam jumlah yang tinggi. Di Indonesia sendiri jenis bebek petelur ada berbagai macam. Seperti,

1.Bebek Alabio

2. Bebek Bali

3. Bebek Mojosari

4. Bebek Tegal

5. Bebek Magelang

6. Bebek Turi

7. Bebek Khaki Campabell

8. Bebek CV 2000-INA

9. Bebek Cirebon/ Karawang

10. Bebek Cihateup

11. Bebek Damiaking

12. Bebek Pegagan, dll …

Kedua, tentukan jenis pakan yang akan diterapkan. Dalam hal ini peternak dianjurkan untuk menentukan jenis pakan yang akan diberikan pada bebek petelur. Biasanya peternak akan memberikan pakan berupa pakan konsentrat bebek untuk usia 1 – 4 minggu. Dan selepas usia 4 minggu peternak akan memberikan pakan berupa pakan ransum yang terdiri dari bahan pakan alternatif dengan harga terjangkau.

Pakan Campuran untuk ternak Bebek Petelur

Pemberian rasum pakan ini bertujuan agar nutrisi bebek peteur terpenuhi juga mengemat biaya pakan yang dikeluarkan, mengingat daya nafsu makan bebek cukup tinggi.

Ketiga, tipe pemeliharaan yang dterapkan peternak ternyata juga mempengaruhi akan hasil bebek dalam bertelur. Pemeliharaan bebek dari masa. Pemeliharaan bebek petelur dimulai dari usia 1 hari hingga dewasa. Penerapan pemeliharaan ini terbagi menjadi 4 bagian, yakni :

1. Pemeliharaan bebek masa strater 1 – 4 minggu

2. Pemeliharaan bebek masa grower 5 – 22 minggu

3. Pemeliharaan bebek masa layer (masa produksi telur) mulai dari usia 5,5 bulan

4. Pemeliharaan bebek masa rontok bulu

Keempat, upaya pencegahan terhadap serangan penyakit. Dalam menjalankan usaha ternak bebek, pencegahan penyakit merupakan suatu keharusan yang peternak lakukan agar mendapatkan hasil panen yang maksimal. Adapun serangan – serangan penyakit tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut ini :

1. Sanitasi yang tidak baik

2. Biosecurity yang kurang ketat

3. Manajeman yang salah

4. Pengaruh faktor lingkungan

Bebek Petelur Mojosari memiliki keunggulan dalam produksi telur

Jenis Bebek Petelur yang mempunyai keunggulan dalam produksi telur adalah bebek petelur Mojosari. Bebek Mojosari yang pada awalnya banyak terdapat di Mojokerto Jawa Timur kini telah menyebar ke berbagai penjuru wilayah di Indonesia. Produksi telur cukup tinggi berkisar 200-220 butir per ekor pertahun. Dengan berat telur mencapai 67 gram/ butir dan warna kulit telur biru kehijaun maka banyak yang memilih untuk memelihara bebek petelur ini. 

Pemeliharaan anakan Bebek Mojosari didalam kandang Starter

Setelah mendapatkan bibit unggul, kandang perlu dibuat dengan tepat agar menunjang produksi telur. Kandang bentuk postal dan tanpa dilengkapi kolam merupakan terobosan baru dalam beternak Bebek Petelur. Pada umumnya kandang berbentuk ren dan dilengkapi kolam tempat bermain. Kandang dilengkapi dengan ventilasi yang lancar, sanitasi yang baik di seluruh area kandang dan upaya pencegahan terhadap penyakit. Diantara upaya pencegahan dengan cara vaksinasi dan pemberian multivitamin dan menjaga kandang selalu bersih dan kering.

Mengenal Jenis Pakan Ternak Bebek Petelur Agar Meningkatkan Produktivitas Telurnya

Pemeliharan Bebek Petelur jenis Mojosari usia dewasa

Pakan Bebek Petelur

Agar peternak mendapatkan pakan bebek murah peternak perlu membuat pakan sendiri dengan mengambil dari bahan yang banyak terdapat dialam. Ada beberapa syarat untuk bahan pakan tersebut diantaranya harganya murah, mudah didapatkan, mempunyai nilai gizi, bebas dari residu atau bahan berbahaya dan kandungannya dapat menggantikan bahan pakan konsentrat. Harga pakan bebek petelur & merk pakan bebek petelur biasanya memiliki nutrisi yang berbeda. Semakin tinggi harga pakan bebek maka akan semakin tinggi pula kualitas yang dihasilkan. 

Pemberian pakan untuk bebek petelur harus sesuai dengan gizi yang dibutuhkan untuk bebek

Untuk mendapatkan pakan yang lengkap nutrisinya kita tidak bisa mengandalkan jenis bahan pakan tambahan saja misalnya bekatul. Seperti kita ketahui bekatul memang mempunyai nutrisi namun kurang lengkap jika tidak ada bahan lain. Apa saja pakan bebek petelur ?dapat kita ketahui bahwa pakan alternatif bebek petelur seperti jagung giling, tepung ikan, bekicot, dan tepung daun. Untuk pakan konsentrat tetap diberikan karena kandungannya cukup lengkap. Saat ini untuk mendapatkan bahan pakan bebek petelur yang murah peternak memberikan juga  nasi aking yang direndam selama 3 – 4 jam.

Takaran Pakan untuk Bebek Petelur

Untuk takaran pakan itik atau bebek petelur pada masa produksi terdiri dari jagung kuning giling 45%, dedak padi 15,6 %, bungkil kedelai 20%, tepun g ikan 3%, CGM 6 %, CPO 2%, premiks ),5%, CaCO3 ada7%, NaCl 0,3%. Pakan tersebut mempunyai kandungan energi metabolisme 2.700 kkal/ kg, protein kasar 19 %, serat kasar 3,7 %, ca 3,1%, fosfor 0,7 %, asam amino metionin 0,38 % dan asam amino lisin 0,9 %.

Jadi untuk membuat pakan bebek petelur perlu mengkombinasikan beberapa bahan agar mencapai nutrisi yang seimbang dan dibutuhkan bebek agar menghasilkan telur dengan kualitas yang bagus. Jadi dengan komposisi pakan bebek petelur yang tepat akan meningkatkan produktivitas telurnya.

Selain bahan tersebut kita bisa menggunakan bahan alternatif lainnya seperti :

Ampas Tahu Gaplek
Polar Tepung Singkong
Tepung Keong Emas Bungkil Kedelai
Tepung Rumput Menir/ Sorgum
Tepung Limbah Udang Ampas Kecap
Tepung Daun Pisang Tepung Kerang
Bakatul Tepung Daun Katuk

Perubahan komposisi pakan bebek petelur

Dengan tercukupi kebutuhan nutrisinya maka pertumbuhan bebek akan cepat besar.  Setelah memasuki masa bertelur pakan akan mengalami perubahan pada komposisi nutrisinya. Tujuannya agar bebek dapat menghasilkan telur dengan kualitas yang bagus. Jika bebek terlalu gemuk maka produksi telurnya biasanya kurang optimal. Bebek petelur biasanya mempunyai postur yang lebih ramping dibandingkan bebek pedaging. Bebek petelur dapat mulai bertelur pada umur 6 bulan.

Penerapan kandang kering dapat memberikan hasil panen yang lebih maksimal

Dengan pemeliharaan sekitar 10 bulan maka bebek petelur dapat menghasilkan telur dalam beberapa periode bertelur. Setelah berumur 16 minggu dan produksi telur berkurang, bebek petelur memasuki masa afkir dan dapat dijadikan bebek pedaging. Adapun pemberian pakan tersebut terbagi menjadi 3 pola :

  1. Fase strater usia 1 – 4 minggu 
  2. Fase Grower usia (bebek dara/ remaja) 5 – 22 minggu 
  3. Fase Layer (bebek bertelur) usia 22 – 144 

Penggunaan Pakan yang Mengandung Karotenoid untuk Bebek Petelur

Untuk menghasilkan warna kuning pekat yang alami pada kuning telur, peternak menggunakan pakan yang mengandung karotenoid. Beberapa jenis pakan yang mengandung karotenoid diantaranya jagung kuning , tepung alfalfa, tepung hijauan dan tepung limbah udang. Tepung hijau yang dapat dijadikan sumber karotenoid yang baik adalah daun katuk dan daun beluntas. Daun tersebut sebelumnya perlu dikeringkan terlebih dahulu dengan dijemur atau dioven. Setelah benar-benar kering maka dapat digiling hingga menjadi tepung. Tepung tersebut dapat dicampurkan pada pakan harian bebek petelur.

Saat ini telur bebek cukup banyak dibutuhkan pada industri rumah tangga atau home indsutry. Pada umumnya telur bebek banyak digunakan sebagai bahan baku telur asin dan bahan campuran pada pembuatan kue serta menu kuliner berbahan telur.  Telur yang mempunyai kuning lebih pekat biasanya lebih dicari peminatnya karena lebih bergizi dan lebih enak rasanya.

Selain itu beberapa pakan butiran juga cukup memberikan manfaat yang tinggi bagi produktifitas telur bebek. Jenis – jenisnya sebagai berikut ini pakan bebek petelur 544, pakan bebek petelur 9905, pakan bebek petelur 415p, dan pakan bebek petelur comfeed. 

Pakan Alternatif Alami lain untuk Ternak Bebek

Dalam pemberian pakan untuk hewan ternak, peternak pasti akan memilih jenis pakan yang baik dan mengandung gizi serta vitamin yang tinggi untuk kemajuan produktifitas pada hewan ternaknya. Pakan yang berkualitas tinggi dapat  dapat berasal dari pabrikan dan dapat berasal dari lingkungan sekitar atau yang sudah tersedia di alam. Dengan pemberian pakan pabrikan tentunya harga yang ditawarkan akan semakin mahal dan akan membuat biaya pengeluaran untuk membeli pakan menjadi membengkak.

Oleh karena itu pakan buatan pabrik dapat dibuat sendiri sehingga dapat menghemat biaya pakan yang ada. Peternak dapat melihat beberapa bahan pakan organik yang dapat menjadi pakan alternatif untuk bebek karena ketersediaan di alam cukup melimpah dan dapat pula dibudidayakan.

Bibit bebek petelur jenis mojosari. Anda bisa mendapatkan bibit bebek berkualitas dari kami.

Mengenal Jenis Pakan Ternak Bebek Petelur Agar Meningkatkan Produktivitas Telurnya

Saat ini cara membuat pakan bebek petelur fermentasi dengan bahan – bahan organnik juga banyak diterapkan oleh beberapa peternak. Tujuan dari penggunaan pakan fermentasi ini yakni untuk megurangi bau kotoran bebek yang menyengat serta menghemat tenaga dalam pembuatan pakan. Karena dalam sekali pembuatan pakan fermentasi biasanya peternak membuat dalam skala yang banyak. Sehingga bisa diberikan kapan saja.

Adapun bahan pakan alternatif adalah sebagai berikut : 
1. Azolla dan Lemna

Azolla sp merupakan tumbuhan paku – pakuan yang hidup mengapung di permukaan air, azolla memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu 28,12 %, lemak 7,5 %, karbohidrat 6,5 %, gula terkaur 3,5 % dan serat kasar 13 %. Tumbahan air ini banyak ditemukan dia area persawahan yang tergenang air dan tumbuh serta berkembang secara cepat. Tanaman Azolla ini merupakan pakan alternatif alami yang berfungsi untuk menghemat biaya pakan, dan dapat diberikan untuk pakan bebek dalam keadaan segar.

Tanaman Azolla bahan Pakan Alternatif untuk Bebek

2. Enceng Gondok 

Enceng gondok atau nama ilmiahnya Eichornia crassipes merupakan tumbuhan vaskuler yang terapung bebas diatas permukaan air bila perairannya cukup dalam. Tumbuhan air yang sudah tersebar di seluruh nusantara ini banyak terdapat di danau, rawa, sungai dan waduk. Tumbuhan ini banyak digunakan sebagai sumber kerajinan berbagai produk. Kandungan nutrisi yang ada pada enceng gondok sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bebek, terdiri dari protein 6,31 %, serat kasar 36,61%, lemak kasar 2,83%, abu 16,12% dan bahan ekstrak nitriogen 48,18%.

Eceng Gondok bahan Pakan Alternatif untuk Pakan Bebek

Dengan adanya serat kasar yang cukup tinggi ini merupakan salah satu kelemahan yang ada pada enceng gondok sebagai bahan pakan alternatif untuk bebek. Tingginya kadar serat kasar pada daun enceng gondok menyebabkan perlu dilakukannya pengolahan dengan cara fermentasi. Dengan fermentasi ini dapat mengubah mikroba makromolekul komplek menjadi molekul sederhana yang mudah dicerna oleh bebek dan tidak menghasilkan senyawa kimia beracun.

3. Limbah Onggok dan Kulit Biji Kedelai 

Jenis onggok dan kulit ari biji kedelai merupakan limbah argoindustri yang bisa dimanfaatkan untuk pakan bebek. Onggok adalah sisa pemerasan umbi kayu untuk mendapatkan sari pati, sedangkan kulit ari biji kedelai adalah limbah dari pengupasan biji kedelai. Nutrisi pakan dapat ditingkatkan melalui proses fermentasi.

Onggok Singkong

Bagi anda yang ingin memulai usaha beternak bebek petelur, kami dari hobiternak.com menyediakan DOD atau bibit bebek petelur mojosari dan bebek petelur hibrida yang siap kami kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:

harga jual DOD atau bibit bebek petelur mojosari, produktivitas bebek pebek peking, harga jual bebek peking siap konsumsi, harga bebek potong peking dan hibrida, budidaya bebek petelur intensif, cara ternak bebek petelur sistem kandang kering, analisa usaha bebek petelur mojosari 500 ekor, beternak bebek pedaging hibrida

*Yuni Ambarwati*

*.

Oke detil tentang Mengenal Jenis Pakan Ternak Bebek Petelur Agar Meningkatkan Produktivitas Telurnya semoga artikel ini menambah wawasan terima kasih

Artikel ini diposting pada kategori cara membuat pakan bebek supaya cepat bertelur, pakan bebek supaya cepat bertelur, cara membuat pakan bebek agar cepat bertelur,

https://hobiternak.com/pakan-ternak-bebek-petelur/

No comments