Artikel Baru

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Ikan

Manfaat Sabut Kelapa dan Cocopeat Sebagai Media Tanam Untuk Budiaya Tanaman
Hallo, berjumpa kembali, artikel ini akan membawakan tentang Manfaat Sabut Kelapa Untuk Ikan Manfaat Sabut Kelapa dan Cocopeat Sebagai Media Tanam Untuk Budiaya Tanaman simak selengkapnya lebih dalam tentang Manfaat Sabut Kelapa dan Cocopeat Sebagai Media Tanam Untuk Budiaya Tanaman.

Cocopeat merupakan istilah atau sebutan yang disematkan pada hasil olahan sabut kelapa yang berbentukan serbuk, jadi cocopeat adalah salah satu limbah yang dihasilkan dari perkebunan kelapa yang bisa kita manfaatkan sebagai media tanam ataupun sebagai bahan pencampur dalam pembuatan pupuk organik, cocopeat juga bisa kita manfaatkan sebagai nutrisi tambahan yang bisa anda terapkan secara langsung pada lahan budidaya pertanian anda. Di negara kita produksi cocopeat sangat melimpah, khususnya bagi anda yang tinggal di daerah penghasil buah kelapa dan minyak kelapa, pada daerah seperti ini anda akan sangat mudah untuk menemukan cocopeat dan bisa anda manfaatkan pada budidaya tanaman anda. Selain untuk budidaya tanaman buah kelapa atau tanaman kelapa yang masih keluarga Arecaceae juga mempunyai manfat yang banyak sekali dan itu bisa anda manfaatkan, semua bagian yang ada pada tanaman kelapa bisa anda manfaatkan dimulai dari kayu, daun dan lidinya, buah kelapa, air kelapa, dan tentu saja sabut kelapa dan cocopeat. Anda tentu saja sudah banyak mengetahui bahwa air kelapa memiliki banyak keunggulan penting yang bisa bermanfaat untuk kesehatan, selain untuk kesehatan air kelapa juga bisa kita manfaatkan pada sektor pertanian pun air kelapa bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik cair yang tentu saja sangat bermanfaat untuk tanaman yang kita tanam, sedangkan untuk serat kelapa dan cocopeat dapat kita olah menjadi pupuk organik padat dan cair, sebelum kita mengetahui manfaat sabut kelapa kita akan mencari tahu satu bagian buah kelapa berapa persen yang akan diperoleh untuk bagian cocopeat.

Pada satu bagian buah kelapa memiliki persentase sebagai berikut :

Proporsi berat basah

Manfaat Sabut Kelapa dan Cocopeat Sebagai Media Tanam Untuk Budiaya Tanaman
  • Sabut kelapa 56%
  • Tempurung kelapa 17%
  • Daging buah kelapa 27%.

Sedangkan untuk proporsi berat kering:

  • Sabut kelapa 42%
  • Tempurung kelapa 28%
  • Daging buah kelapa 30% (Rindengan, Lay et al. 1995)

Dari persentase proporsi berat kering di atas kemudian kita akan mendapatkan jumlah persentase cocopeat dari setiap bagian sabut kelapa yang ada pada buah kelapa yang meliputi :

Sabut kelapa 42% menjadi serat sabut kelapa 60% sedangkan untuk cocopeatnya adalah 30%. Jadi sekitar 30% cocopeat yang akan kita dapatkan dari satu bagian buah kelapa.

Penggunaan cocopeat dalam dunia pertanian berbasis organik bisa anda terapkan dan tentu saja memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesuburan tanah pertanian anda dan perlu anda ketahui juga bahwa penggunaan cocopeat bisa lebih cepat dalam mengembalikan kualitas tanah yang tidak subur menjadi subur kembali, hal ini sudah banyak diuji dalam penggunaan sabut kelapa atau cocopeat sebagai pupuk organik, seperti uji coba yang pernah dilakukan oleh AISKI (asosiasi industri sabut kelapa indonesia) mereka telah melakukan uji coba penggunaan sbut kelapa/cocopeat untuk media tambahan pupuk organik pada penanaman tanaman singkong yang diterapkan di lahan tandus, dari hasil yang didapat dengan aplikasi cocopeat menunjukkan hasil yang sangat fantastis. Menurutnya, penggunaan cocopeat selain dapat meningkatkan produktivitas lahan, penggunaan aplikasi cocopeat pada tanaman singkong juga memudahkan dalam proses panen, karena tanah yang sudah tercampur dengan cocopeat telah mengikat batang tanaman singkong beserta umbinya yang kemudian tanah tersebut selalu berada pada kondisi gembur dan lembab, inilah hasil dari penggunaan cocopeat pada sektor budidaya tanaman, tertarik kah anda menggunakannya.? Jika tertarik maka kita lanjutkan membacanya terlebih dahulu, agar informasi yang akan kita dapatkan bisa tuntas. hehehe.

Manfaat Sabut Kelapa dan Cocopeat Sebagai Media Tanam Untuk Budiaya Tanaman

Apa yang menarik dari penggunaan cocopeat sebagai bahan dasar pupuk organik, salah satu fungsi yang bisa anda ketahui dari manfaat sabut kelapa dan cocopeat adalah : Sebagai bio-pori pada tanah, dengan kondisi tanah yang mempunyai rongga - rongga yang banyak dan baik, maka pada tanah akan terjadi peningkatan sirkulasi udara, dengan adanya sirkulasi udara yang baik dan tentu saja akan memudahkan oksigen ke dalam tanah dan itu sangat dibutuhkan oleh tanaman, karena penggunaan cocopeat sebagai media tanam (campuran media tanam) mampu mengikat dan menyimpan oksigen yang berada di udara sampai 50%. Selain dapat meningkatkan aerasi pada tanah pertanian, manfaat lainnya dari penggunaan cocopeat adalah memiliki kemampuan daya simpan air sebesar 6 kali lebih banyak dari volume yang dimilikinya. Dengan kata lain, jika anda menggunakan cocopeat dengan berat 1 kg maka kemampuan daya simpan air yang dimilikinya bisa sampai 6 kg, dari kemampuan inilah anda bisa menggunakan serat kelapa atau cocopeat sebagai bahan dasar sebagai pupuk organik untuk lahan budidaya tanaman anda dan bisa menjadi solusi yang tepat dan efektif bagi anda yang berada pada daerah yang mempunyai curah hujan minim atau bisa anda aplikasikan sebagai persiapan dalam menghadapi musim kemarau, hal ini dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran biaya penyiraman tanaman. Sedangkan untuk alasan lain yang membuat cocopeat menjadi salah satu bahan organik yang spesial untuk digunakan pada budidaya pertanian adalah komposisi kandungan unsur hara yang dimilikinya, berikut ini adalah penjelasan singkat yang bisa anda ketahui tentang kandungan nutrisi cocopeat.

Kandungan nutrisi cocopeat

Adapun kandungan sabut kelapa atau cocopet secara garis besar memiliki kesamaan dengan bahan organik yang lainnya, yaitu memiliki 2 elemen penting nutrisi yang dibutuhkan tanaman, antar lain unsur hara makro dan mikro, adapun pembedanya terletak pada persentase jenis nutrisi yang ada, untuk lebih jelasnya tentang nutrisi yang ada di dalam cocopeat seperti berikut ini:

Kandungan unsur hara makro dan mikro yang terkandung dalam cocopeat, meliputi unsur (K) Kalium (P) fosfor (Ca) Kalsium, (Mg) Magnesium, (N) Nitrogen dan beberapa mineral lainnya seperti (Fe, Mn, B, Mo, Cu, Zn, Cl, Na, Co, Si, Ni). Namun dari sekian banyak kandungan nutrisi yang ada pada cocopeat, ternyata jumlah nutrisi yang paling banyak pada cocopeat adalah unsur K (kalium). Seperti yang kita ketahui bahwa unsur (P) Fosfor dan (K) Kalium itu sangat dibutuhkan oleh tanaman selama fase generatif atau dalam proses pembentukan buah, pembesaran buah serta peningkatan rasa pada buah.

Pemanfaatan sabut Kelapa / cocopeat pada budidaya tanaman

Pemanfaatan sabut kelapa atau cocopeat dapat kita olah menjadi bahan untuk membuat pupuk organik cair dan pupuk organik padat. Pada pengolahan tentu saja bahan yang akan kita gunakan sudah melewati proses yang lebih lanjut dengan menghancurkan terlebih dahulu tempurung kelapa kemudian kita menganbil sabut kelapa yang nantinya akan dipisahkan menjadi serat sabut kelapa dan serbuk kelapa, untuk perseantasenya sudah dijelaskan di atas, jadi setelah bahan sudah siap maka kita bisa melanjutkan untuk membuat pupuk organik. Dipasaran pemanfaatan serat sabut kelapa lebih digunakan dalam pembuatan kerajinan yang dari bahan serat sabut kelapa, akan tetapi sebenarnya kita juga bisa memanfaatkannya sebagai bahan untuk membuat pupuk organik cair.

Penggunaan cocopeat sebagai bahan untuk campuran pembuatan pupuk organik padat, ternyata memiliki dampak yang sangat baik dan positif pada sektor budidaya pertanian, seperti yang sudah dijelaskan pada contoh di atas yang digunakan sebagai bahan pencampur untuk budidaya tanaman singkong, dan ternyata bukan hanya baik digunakan untuk budidaya tanaman singkong saja, penggunaan cocopeat untuk budidaya yang lain juga sangat bagus untuk digunakan. Jadi silahkan anda bisa mencobanya sendiri pada budidaya tanaman anda baik dilakukan pada budidaya tanaman di dalam pot seperti menanam tomat di pot atau budidaya tanaman yang dilakukan pada lahan persawahan atau perkebunan.

Oke, itu saja yang bisa saya sampaikan tentang manfaat cocopeat atau sabut kelapa sebagai media tanam untuk budidaya tanaman, semoga apa yang sudah saya sampaikan seperti penjelasan saya di atas bisa bermanfaat untuk anda yang sudah mengunjungi tulisan saya yang singkat ini, dan jika tulisan ini bermanfaat untuk orang lain, maka anda juga jangan lupa untuk share tulisan ini kepada orang lain sebagai tambahan informasi tentang manfaat cocopeat untuk tanaman.

Oke penjelasan tentang Manfaat Sabut Kelapa dan Cocopeat Sebagai Media Tanam Untuk Budiaya Tanaman semoga info ini bermanfaat salam

untuk harga mesin bisa menghubungi kami. 

mesin penghancur sabut kelapa

Artikel ini diposting pada tag

https://centra-bibit-tanaman-unggul.blogspot.com/2016/08/manfaat-sabut-kelapa-dan-cocopeat.html

No comments