Artikel Baru

Manfaat Kolang Kaling Untuk Asam Urat

Kolang Kaling Untuk Asam Urat | Seputarherbal
Allow, selamat sore, pada kali ini akan dibahas mengenai manfaat kolang kaling untuk asam urat Kolang Kaling Untuk Asam Urat | Seputarherbal simak selengkapnya lebih dalam tentang Kolang Kaling Untuk Asam Urat | Seputarherbal.

 menjadi penyakit yang cukup sering hadir tanpa disadari. Ketika kambuh, penyakit ini mengakibatkan keluhan yang cukup mengganggu bagi penderita. Bahkan terkadang sampai menganggu aktivitas dan juga dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Gout atau biasa disebut asam urat adalah penyakit yang biasanya cenderung menyerang pria dewasa hingga paruh baya. Penyakit ini dapat memberikan keluhan berupa  jempol kaki yang merah, bengkak ataupun nyeri, dan juga terasa panas seperti terbakar. Asam urat  pada umumnya menyerang secara tiba-tiba pada malam atau pagi hari ketika bangun tidur.

Meski pada umumnya menyerang pria, asam urat juga mungkin dapat terjadi pada wanita. Keluhannya pun tak hanya sebatas nyeri pada jempol kaki, melainkan bisa menjalar sampai pergelangan kaki hingga tangan.

Penyebab asam urat

Penyakit asam urat dapat muncul ketika kadar asam urat di dalam tubuh berlebihan. Yang menyebabkan terjadinya pembentukan kristal gout atau kristal urat. Kristal ini nantinya akan menumpuk pada sendi-sendi, terutama pada sendi jempol kaki. Penumpukan kristal gout di sendi selanjutnya akan menyebabkan peradangan dan juga berbagai gejala.

Dari mana asam urat berasal? Asam urat terbentuk karena pemecahan purin. Zat ini merupakan bahan yang diperlukan untuk membentuk materi genetik atau DNA pada manusia. Purin banyak terdapat pada makanan yang kita konsumsi, terutama jeroan (otak, limpa, hati, usus), daging merah, seafood, sayur-sayuran dan masih banyak lagi. Di samping itu, minuman beralkohol dan minuman manis juga memiliki kandungan purin yang tinggi.

Sebenarnya, asam urat juga dapat dikeluarkan dari tubuh oleh ginjal melalui urine. Namun apabila produksi atau asupan asam urat sangat berlebihan, kerja ginjal akan mengalami hambatan atau gangguan. Keadaan ini juga dapat terjadi apabila Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk jangka waktu lama.

Kolang Kaling Untuk Asam Urat | Seputarherbal

Anda harus berhati-hati apabila ada keluarga yang menderita gout.Karena penyakit tersebut bisa diwariskan ke Anda.

Kolang-kaling disebut juga sebagai buah atap atau buah aren. Buahnya yang berbentuk lonjong sebesar uang logam, berwarna putih transparan dan memiliki tekstur kenyal. Kolang-kaling juga dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional atau pun supermarket.

Kolang-kaling mengandung beberapa nutrisi, contohnya seperti karbohidrat, zat besi, kalsium, serat, dan fosfor. Walau demikian, tidak ada satupun zat yang terkandung dalam kolang-kaling yang berguna membantu menyembuhkan asam urat. Dan berarti, anggapan yang menyebut bahwa kolang-kaling dapat itu hanyalah isapan jempol belaka.

Cara mengatasi asam urat

Apabila menderita penyakit asam urat, jangan ragu untuk segera berobat atau menemui dokter. Nantinya dokter akan memberikan obat untuk meredakan peradangan, bengkak, dan juga nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut.

Setelah reda, selanjutnya dokter akan memberikan obat untuk menurunkan asam urat di dalam darah. Anda tidak bisa langsung mengonsumsi obat penurun asam urat saat terjadi serangan, karena hal tersebut akan memperparah kondisi yang sedang terjadi.

Kesimpulannya adalah kolang-kaling  tidak dapat membantu anda untuk mengatasi penyakit asam urat. Namun, tak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi makanan yang satu ini. Asalkan memperhatikan porsi yang dikonsumsi, dan kombinasikakn dengan gaya hidup sehat.

Kolang Kaling Untuk Asam Urat | Seputarherbal

Sekian pembahasan mengenai Kolang Kaling Untuk Asam Urat | Seputarherbal semoga artikel ini bermanfaat salam

untuk info mesin pemecah kolang kaling bisa menghubungi kami. 

{mesin pengupas kolang kaling

Tulisan ini diposting pada kategori manfaat kolang kaling untuk asam urat, manfaat kolang kaling asam urat, manfaat buah kolang kaling untuk asam urat,

https://seputarherbal.com/kolang-kaling-untuk-asam-urat/

No comments