Artikel Baru

Kegunaan Sekam Padi Untuk Tanaman

MANFAAT DAN KEGUNAAN ARANG SEKAM
Hallo, selamat siang, di kesempatan akan menjelaskan tentang kegunaan sekam padi untuk tanaman MANFAAT DAN KEGUNAAN ARANG SEKAM simak selengkapnya lebih dalam tentang MANFAAT DAN KEGUNAAN ARANG SEKAM.

Sumber Gambar :

Arang sekam atau sekam bakar banyak dimanfaatkan sebagai campuran media tanam dan media tanam murni (tanpa campuran). Arang sekam digunakan sebagai media tanam hidroponik dan campuran media tanam berbasis tanah. Arang sekam merupakan media tanam yang baik karena memiliki kandungan SiO2 52% dan unsur C 31% serta komposisi lainnya seperti Fe2O3,K2O,MgO,CaO,MnO dan Cu dalam jumlah yang sangat sedikit. Unsur hara pada arang sekam antara lain nitrogen (N) 0,32%, phosphat (P), 0,15%, kalium (K) 0,31%, calsium (Ca) 0,96%, Fe 180 ppm, Mn 80.4 ppm, Zn 14.10 ppm dan pH 8,5-9,0. Arang sekam atau sekam bakar memiliki karakteristik yang ringan (Berat jenis 0,2 kg/l), kasar sehingga sirkulasi udara tinggi, kemampuan porositas yang baik dan kemampuan menyerap air rendah.

MANFAAT DAN KEGUNAAN ARANG SEKAM

Arang sekam mengandung silika (Si) yang cukup tinggi yakni sebesar 16,98%, silika (Si) merupakan unsur yang tidak penting untuk tanaman dan bukan unsur hara. Akan tetapi keberadaan unsur silika (Si) diketahui dapat memperbaiki sifat fisik tanaman dan berpengaruh terhadap kelarutan P dalam tanah. Jika unsur silica (Si) dalam tanah kurang dari 5%, maka tegak tanaman tidak kuat dan mudah roboh. 

Begitu banyak unsur yang dikandung oleh arang sekam sehingga sangat baik digunakan untuk media tanam. adapun manfaat menggunakan arang sekam sebagai media tanam adalah :

  1. Menjaga kondisi tanah tetap gembur, karena memiliki porositas tinggi dan ringan
  2. Memacu pertumbuhan (proliferation) mikroorganisme yang berguna bagi tanaman
  3. Mengatur pH tanah pada kondisi tertentu
  4. Mempertahankan kelembaban
  5. Menyuburkan tanah dan tanaman
  6. Meningkatkan produksi tanaman
  7. Sebagai absorban untuk menekan jumlah mikroba patogen
  8. Sebagai media tanam hidroponik
  9. Meningkatkan daya serap dan daya ikat tanah terhadap air

Pembakaran sekam padi bertujuan untuk meningkatkan kandungan karbon dan unsur hara dalam sekam padi. Untuk menjaga kandungan unsur hara dalam sekam diperlukan teknik pembakaran tidak sempurna yang menghasilkan arang sekam, bukan abu sekam. Sebab pembakaran sempurna yang menghasilkan abu sekam justru menghilangkan kandungan hara pada sekam padi tersebut. Demikian pemanfaatan arang sekam semoga bermanfaat.

Sekian penjelasan tentang MANFAAT DAN KEGUNAAN ARANG SEKAM semoga info ini bermanfaat salam

MANFAAT DAN KEGUNAAN ARANG SEKAM

untuk info alat pembuat kulit padi bisa menghubungi kami. 

mesin giling sekam dedak bekatul

Tulisan ini diposting pada label kegunaan sekam padi untuk tanaman, manfaat abu sekam padi untuk tanaman, manfaat sekam padi bakar untuk tanaman,

http://cybex.pertanian.go.id/artikel/92007/manfaat-dan-kegunaan-arang-sekam-/

No comments