Artikel Baru

Manfaat Sekam Padi Untuk Ternak

5 Manfaat Unik Sekam Padi Untuk Kebunmu
Hohoho, berjumpa kembali, di kesempatan akan dibahas mengenai manfaat sekam padi untuk ternak 5 Manfaat Unik Sekam Padi Untuk Kebunmu simak selengkapnya lebih dalam tentang 5 Manfaat Unik Sekam Padi Untuk Kebunmu.

Manfaat Sekam Padi, Kebunku Bebas Tai Kucing..😁😁

Tahu sekam padi  kan..?.  Iyaa..Itu lho...kulit kulit padi setelah diambil bulir bulir berasnya. Sekam adalah hasil sampingan dari penģgilingan padi selain bekatul. Di negara kita banyak sekali sekam padi sampai dibuang buang karena dianggap limbah, terutama disentra sentra pertanian. Seandainya dijualpun harganya murah. Biasanya, sekam diambil oleh industri batu bata untuk dijadikan bahan bakar.

Bagi pekebun seperti saya, sekam padi adalah emas. Sekam padi memiliki banyak manfaat untuk berkebun. Lihatlah tukang tukang tanaman dipinggir jalan. Mereka semua menggunakan sekam padi. Saya memiliki stok sekam padi cukup banyak. Bila habis, saya beli lagi.

5 Manfaat Unik Sekam Padi Untuk Kebunmu

Beli...? Ya. Karena tempat tinggal saya jauh dari pusat pertanian. Makanya saya pergi ke tukang tanaman dipinggir jalan untuk beli sekam. Biasanya saya beli 5 ribu dapat sekarung. Sekam adalah anugrah bagi kita. 

Orang orang luar sana menyebutnya rice hull atau rice husk. Mereka jarang memakai sekam padi sebagai bahan campuran media tanam, karena mereka lebih suka menggunakan perlite. Perlite adalah butiran mineral dengan kandungan silica seperti yang dikandung sekam. Masing masing memiiki kelebihan dan kekurangan. 

Sekam padi memiliki kelebihan sebagai media tanam, antara lain karena bentuknya yang seperti perahu dan memiliki lambung, sehingga mampu menahan nutrisi lebih lama. Disamping itu ia memiliki manfaat manfaat lain yang tidak mungkin didapat dari perlite.

Berikut ini adalah 5 manfaat sekam padi bagi anda yang suka bertanam, versi pengalaman saya.

Memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan porositas

Campurkan sekam padi bersama media tanam (terutama untuk pot/polybag). Maka tanah akan memiliki sifat gembur dan poros. Tanamanmu menyukai tanah seperti ini. Saya pernah membuka salah satu polibag tanaman cabe saya. Dan wuuuss....akarnya sangat banyak dan merambat keberbagai arah. Ini karena tanah memiliki banyak rongga untuk perkembangan perakaran. Hal yang sama juga saya lihat pada tanaman sirih dan pandan, ketika hendak saya pindahkan ke pot yang lebih besar. Akar mereka banyak, berwarna putih halus.

5 Manfaat Unik Sekam Padi Untuk Kebunmu

Sebagai penangkal kucing.

Salah satu hewan yang sering mengganggu di kebun saya adalah kucing. Mereka bermain disitu, dan buang air disitu. Saya selalu menemukan tumpukan ee' mereka di sela sela tanaman yang tentu saja harus saya buang karena itu bukan pupuk kandang. Akhirnya saya menemukan cara yang simpel untuk membuat kucing kucing itu pergi. Saya taburkan sekam padi agak tebal diatas kebun. Saya tutupi dengan merata sehingga tampak seperti mulsa. Ternyata kucing tidak mau main disitu. Bentuk sekam yang tajam tidak mereka sukai. Jangankan buang air, untuk menginjak kebunpun mereka tidak mau. (Lalu datanglah pengganggu berikutnya yaitu ayam....😵😵😵)

Sebagai penangkal bekicot dan slug

Bekicot adalah musuh tanaman muda. Demikian juga slug. Slug adalah masih jenis bekicot juga, tapi ia tidak memiliki rumah. Orang orang sering mengiranya lintah, padahal bukan. Baik bekicot maupun slug, menyerang dimalam hari dengan memakan tanaman tanaman muda. 

Untuk mengatasi serangan mereka berdua, taburkan sekam disekeliling tanaman. Dijamin mereka tidak berani menjarah tanamanmu. Perut mereka yang lunak tidak akan sanggup melewati sekam padi yang tajam. Tapi jangan lupa, bekicot dan slug juga bisa memanjat. mereka bisa menyerang dari arah atas bila ada jalannya. 

Sebagai mulsa, dan memperindah kebun

Mulsa, adalah lapisan pelindung tanah yang diletakkan disekeliling tanaman. Pemberian mulsa bermanfaat untuk menjaga kelembaban tanah, menghambat gulma dan disukai oleh makhluq makhluq renik yang ada didalam tanah. Mulsa bisa berasal dari kertas koran, kompos, jerami, atau bahkan plastik. Penggunaan sekam padi sebagai mulsa, akan memberikan satu manfaat tambahan bagi anda. Yaitu, kebunmu, atau tanaman tanaman potmu, akan kelihatan lebih bersih, lebih rapi, dan lebih indah dipandang. 

Dibakar, untuk media tanam

Penggunaan sekam padi, bisa juga dibakar lebih dahulu sampai gosong setengahnya (50%) atau gosong penuh (100%), kemudian digunakan sebagai campuran media tanam. Campurlah dengan tanah, dan kompos. keuntungan pakai media tanaman sekam bakar adalah steril, poros, banyak unsur hara, dan ringan sehingga pot tanaman mudah mobilisasinya,

Saya selalu mencampurkan sekam bakar dalam media tanam. Sejauh ini, tanaman tanaman saya tumbuh sehat. Dari beberapa literatur yag saya baca, fungsi sekam bakar kurang lebih begini : 

  • Untuk pengikat unsur unsur hara dalam tanah, sehingga selalu tersedia untuk tanaman.
  • Untuk memperbaiki tingkat ke asaman tanah.
  • Kandungan silikanya dapat memperkuat daun. Dalam ujicoba, tanaman yang diberi sekam bakar, lebih tegak daun daunnya.
  • Kandunga phospatnya dapat memperkuat tanaman dan mendorong perkembangan sel sel tanaman.
  • Tempat hidup yang bagus bagi jasad renik (mikroba bermanfaat)

Cara Membuat Sekam Bakar 

Ini cara saya membuat sekam bakar. Saya letakkan seng diatas api, kemudian saya letakkan sekam diatas seng. Diaduk aduk sebentar, sampai mulai kelihatan kehitaman. kemudian saya angkat sengnya (saya jauhkan dari api) sambil tetap diaduk aduk. Lama kelamaan sekam itu akan menghitam merata. 

Saya juga membuat alat pembut sekam bakar portable dari kaleng biskuit. Kaleng biskuit saya beri pegangan. Kemudian sekam diletakkan didalamnya dan dipanggang sebentar, sampai cukup menghitam. 

Kalo kamu tidak mau repot, datang saja ke tukang tanaman. mereka menjual sekam bakar.



Itulah dia 5 manfaat sekam padi bagi kebun saya. Apakah anda mengalami manfaat lain dari sekam padi...? Saya berharap anda tidak segan untuk turut berbagi. Terima kasih. 

Sekian penjelasan tentang 5 Manfaat Unik Sekam Padi Untuk Kebunmu semoga artikel ini berfaedah terima kasih

untuk harga alat pembuat sekam padi bisa menghubungi kami. 

mesin giling sekam dedak bekatul

Tulisan ini diposting pada tag

https://kebun-kecil.blogspot.com/2016/11/5-manfaat-unik-sekam-padi-untuk-kebunmu.html

No comments