Artikel Baru

Khasiat Janggel Jagung

4 Cara Budidaya Jamur Kancing untuk Pemula - IlmuBudidaya.com
Hallo, bertemu kembali, sesi kali ini akan dibahas tentang khasiat janggel jagung 4 Cara Budidaya Jamur Kancing untuk Pemula - IlmuBudidaya.com simak selengkapnya lebih dalam tentang 4 Cara Budidaya Jamur Kancing untuk Pemula - IlmuBudidaya.com.

Salah satu jenis jamur yang bisa dikonsumsi dan seringkali dicari orang di pasar yaitu jamur kancing. Jamur kancing sendiri merupakan salah satu jenis jamur pangan dengan nama ilmiah Agaricus bisporus dengan ciri khasnya yaitu berwarna putih, krem hingga coklat muda dan bentuknya bulat menyerupai kancing baju.

Perlu anda ketahu juga berbeda jika anda melihat , sebelumnya pastikan bahwa anda sudah menyediakan bibit jamur kancing F3.

4 Cara Budidaya Jamur Kancing untuk Pemula - IlmuBudidaya.com

Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian ataupun koperasi tani, dan berikut langkah menebar bibit jamur kancing :

  • Setelah media benar- benar siap dengan suhu 320c, buka bungkus bibit jamur kancing secara perlahan dan jangan sampai tumpah.
  • Tebarkan perlahan dan secara merata ke atas media budidaya dan usahakan anda sudah membuat rak tanam dengan ketinggian 20cm, untuk panjang dan lebar kurang lebih 3 cm x 1 m. Perlu anda ketahui untuk bibit yang diperlukan sekitar 10 hingga 14 botol dengan isi 220 cc dalam sekali tebar, atau anda bisa mengira- ngiranya sendiri.
  • Tunggu hingga meselium tumbuh, biasanya ini akan tumbuh pada hari ke 14 setelah bibit di tebar. Namun jika melebihi betas waktu tidak terdapat miselium, anda bisa mencobanya kembali.
  1. Perawatan Dan Panen Jamur Kancing

Adapun cara merawat jamur kancing hingga panen tiba dalam cara budidaya jamur kancing.

Hal ini tentunya sangatlah penting agar anda sukses dalam panen nantinya, berikut penjelasannya :

  • Setelah miselium tumbuh, perhatikan suhunya agar selalu tetap dan stabil. Jangan sampai menurun ataupun melebihi batas normal, anda bisa menggunakan penghangat ruangan bila suhu mulai menurun.
  • Lapisi miselium dengan tanah setebal 5 cm untuk media pembentukan tubuh jamur kancing dan mengurangi kerusakan kompos yang terjadi serta membantu cepatnya proses pertumbuhan dan mengurangi penguapan air yang terjadi walaupun di ruangan tertutup.
  • Untuk tanah yang baik yaitu tanah yang berwarna cokelat dengan pH 7 hingga 8, sebelumnya anda juga harus mensterilkan tanah terlebih dahulu pada suhu 700c selama 4 jam.
  • Tunggu hingga jamur mulai tumbuh, biasanya ini terjadi setelah 14 hari dan 3 hari kemudian anda sudah mulai bisa memanennya.
  • Untuk memanennnya anda bisa memanen dengan cara mencabut hingga akarnya, setelah itu anda bisa membersihkan akar jamur dengan memotongnya.
  • Untuk memanennya anda harus tepat waktu dan tidak boleh terlambat sehari pun, ini karena sifat jamur yang mudah layu. Jangan lupa untuk menyortir jamur yang akan anda jual di pasar dan yang anda konsumsi sendiri karena tidak semua jamur dapat dijual.
  • Hanya jamur yang baik dengan ciri bentuknya bulat, berukuran besar dan tidak ada kerusakan sedikitpun.



Itulah bagaimana cara budidaya jamur kancing yang bisa anda aplikasikan sendiri di rumah, agar hasil panen anda maksimal anda harus melakukannya dengan tepat dan cermat. Semoga informasi yang dapat kami sampaikan di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda. Selamat mencoba.

4 Cara Budidaya Jamur Kancing untuk Pemula - IlmuBudidaya.com

Sekian penjelasan perihal 4 Cara Budidaya Jamur Kancing untuk Pemula - IlmuBudidaya.com semoga tulisan ini berfaedah salam

untuk pemesanan alat pembuat tongkol jagung bisa menghubungi kami. 

mesin giling janggel jagung

Tulisan ini diposting pada label khasiat janggel jagung, kegunaan janggel jagung, kegunaan janggel jagung di korea,

https://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-jamur-kancing

No comments