Ilustrasi eucalyptus (Shutterstock) © Disediakan oleh Grid.id Ilustrasi eucalyptus (Shutterstock) Ilustrasi eucalyptus (Shutterstock) © Disediakan oleh Grid.id Ilustrasi eucalyptus (Shutterstock)

Grid.ID – Nama eucalyptus atau ekaliptus dalam ejaan Bahasa Indonesia disebut ekaliptus tentunya tidak asing di telinga. Namun, jujur saja, pasti belum banyak yang mengetahui bagaimana sebenarnya bentuk tanaman ini.

Bukan Cuma untuk Aromaterapi, Eucalyptus Ternyata Punya Sederet Manfaat Ini

Eucalyptus adalah tanaman herbal dengan daun berwarna hijau kebiruan. Sebenarnya, terdapat 400 spesies kayu putih yang berbeda.

Ada jenis eucalyptus dengan daun berbentuk bulat-bulat, ada juga yang panjang seperti daun bambu. Eucalyptus globulus atau blue gum adalah varian yang umum ditemui.

Memiliki aroma yang segar dan meningkatkan suasana hati, tanaman herbal ini populer diolah menjadi essential oil yang menjadi campuran beragam produk perawatan tubuh dan aromaterapi.

Bukan Cuma untuk Aromaterapi, Eucalyptus Ternyata Punya Sederet Manfaat Ini

Namun ternyata, selain memiliki aroma segar, eucalyptus juga punya sederet manfaat kesehatan. Apa saja?

1. Menjadi obat serba guna

Eucalyptus adalah tanaman herbal asli Australia. Mengutip dari Healthline.com suku Aborigin seringkali menyeduh daun tanaman ini, layaknya daun teh, untuk mengobati demam. Selain itu mengunyah akar tanaman ini untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, daun tanaman ini juga sudah digunakan dalam pengobatan tradisional di Yunani, China, India, dan Indonesia.

Daun tanaman ini, di Indonesia, diolah dengan cara dilumatkan hingga menghasilkan minyak yang disuling menjadi minyak kayu putih.

Minyak kayu putih adalah obat oles untuk segala kebutuhan yang selalu ada di kotak obat keluarga Indonesia. Kandungan eucalyptol pada minyak kayu putih dapat meredakan perut kembung sampai menjadi penangkal gigitan serangga.

2. Anti virus dan bakteri

Beberapa minggu terakhir eucalyptus menjadi viral karena Badan Litbang Kementerian Pertanian (Balitbangtan) memanfaatkan ekstrak tanaman herbal ini untuk membuat prototipe produk anti virus.

Mengutip dari Kompas.com, pengujian potensi minya eucalyptus dilakukan secara in vitro terhadap jenis virus influenza dan beberapa jenis virus corona. Namun, bukan virus corona baru yang menyebabkan Covid-19.

Menurut Balitbangtan, eucalyptus memiliki senyawa cineol yang berpotensi menjadi anti bakteri dan anti virus.

3. Perawatan rambut

Mengutip dari Bustle, ternyata ada alasan mengapa ekstrak tanaman herbal yang jadi makanan kesukaan koala ini seringkali digunakan sebagai bahan campuran produk perawatan tubuh. Salah satunya shampo dan kondisioner.

Minyak eucalyptus dapat merangsang pertumbuhan rambut, membuat kulit kepala yang sensitif jadi terasa nyaman, dan membunuh bakteri dan jamur pada kulit kepala.

4. Memberi efek relaksasi dan meredakan sakit kepala

Saat ini, banyak produk dari tanaman eucalyptus dipasaran merupakan produk pemakaian luar, seperti minyak oles dan balsam yang dibalurkan ke kulit untuk meringankan sakit kepala, gejala masuk angin, atau nyeri otot.

Beberapa dari Anda mungkin juga suka memanaskan essential oil dari tanaman eucalyptus dengan menggunakan diffuser, untuk dijadikan aroma terapi saat meditasi atau saat relaksasi.

5. Melegakan saluran pernafasan

Ada satu cara kuno yang sampai sekarang masih digunakan turun-temurun untuk melegakan hidung tersumbat saat terserang flu berat.

Merebus air hingga mendidih, menuangnya ke dalam baskom, kemudian meneteskan minyak eucalyptus, dan hirup uapnya. Uap minyak eucalyptus ini punya efek dekongestan. Nafas lega, tidur pun lebih nyenyak.

Jika ogah repot dengan cara tersebut saat ini terdapat juga produk inhaler berbahan minyak eucalyptus yang lebih mudah dibawa ke mana-mana.

Selain itu, uap minyak juga bisa sebagai pereda sakit tenggorokan dan ekspektoran untuk mengencerkan dahak ketika sedang didera batuk.

Meskipun saat ini, banyak produk dari eucalyptus dipasaran merupakan produk pemakaian luar, namun beberapa produsen pun kini semakin kreatif dalam membudidayakan dengan tanaman eucalyptus, seperti produsen permen .

Berita Terkait

Editor: Kaina Harini

Copyright Grid.ID

Microsoft mendapat komisi dari transaksi pembelian yang direkomendasikan melalui tautan di dalam artikel