Artikel Baru

Manfaat Essential Oil Eucalyptus

10 Manfaat Essential Oil untuk Tubuh
Hi, selamat sore, di kesempatan akan dibahas mengenai manfaat essential oil eucalyptus 10 Manfaat Essential Oil untuk Tubuh simak selengkapnya lebih dalam tentang 10 Manfaat Essential Oil untuk Tubuh.

Essential oil sangat identik dengan aromaterapi. Minyak yang berasal dari berbagai tanaman ini memang sangat ajaib dan dapat bermanfaat bahkan hanya dengan menghirup aromanya saja. Penasaran dengan minyak yang punya sejuta manfaat untuk kesehatan ini? Yuk, simak manfaat essential oil dan cara menggunakannya berikut ini!

manfaat-essential-oil-doktersehat

Apa Itu Essential Oil?

Minyak esensial atau essential oil adalah jenis minyak nabati yang memiliki wujud cairan kental jika disimpan pada suhu ruangan. Minyak ini memiliki sifat yang mudah menguap dan dapat memberikan aroma yang khas. Essential oil juga dikenal dengan beberapa nama lain mulai dari minyak atsiri, minyak terbang atau volatile oil, dan juga eterik oil.

Minyak esensial dapat digunakan sebagai bahan dasar wangi-wangian, bibit minyak wangi, hingga minyak untuk pengobatan. Senyawa yang menyusun minyak atsiri adalah senyawa yang rumit, tapi umumnya terdapat satu senyawa yang lebih kuat atau dominan yang mendominasi aroma dari minyak tersebut.

Manfaat Essential Oil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa essential oil juga sering kali dimanfaatkan untuk kesehatan. Ada banyak sekali jenis essential oil dan setiap minyak tentu memberikan efek yang juga berbeda-beda. Secara umum, berikut adalah berbagai manfaat essential oil untuk tubuh!

1. Meningkatkan mood

Manfaat essential oil yang pertama adalah dapat meningkatkan mood. Minyak esensial dapat memberikan efek psikologis terhadap yang menghirup udaranya. Penggunaan minyak esensial dapat memberi ketenangan dan memperbaiki mood seseorang. Beberapa jenis essential oil yang baik untuk memberbaiki mood adalah seperti essential oil lemon, chamomile essential oil,.

2. Mengatasi stres dan kecemasan

Selain meningkatkan mood, manfaat minyak esensial selanjutnya adalah dapat juga mengurangi stres dan juga gejala kecemasan. Hal ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya yang menyatakan bahwa minyak esensial dapat mempengaruhi psikogis seseorang.

Contohnya seperti minyak esensial lavender dan peppermint yang mampu untuk menurunkan hormon kortisol atau chamomile essential oil yang dapat membantu relaksasi tubuh.

10 Manfaat Essential Oil untuk Tubuh

3. Mengatasi gangguan tidur

Manfaat essential oil yang ketiga adalah mengatasi gangguan tidur. Khasiat essential oil yang dapat meningkatkan mood dan mencegah stres tentunya juga berpengaruh pada pola tidur seseorang. Masalah gangguan tidur banyak disebabkan oleh stres dan depresi, sehingga penggunaan minyak esensial yang dapat menenangkan juga akan membantu Anda untuk tidur lebih teratur.

4. Mengatasi PMS

Mengatasi gejala PMS juga merupakan salah satu manfaat minyak esensial. PMS biasa ditandai dengan gejala seperti sakit perut, nyeri di seluruh tubuh, dan perubahan mood. Menghirup lemon essential oil dapat membantu meningkatkan mood. Oleskan juga minyak lavender di bagian perut untuk mengurangi nyeri pada perut.

5. Baik untuk pencernaan

Essential oil ternyata juga dapat membantu menggatasi masalah pencernaan. Salah satu jenis minyak esensial yang baik untuk pencernaan adalah seperti peppermint essential oil. Minyak yang satu ini dapat membantu mengatasi kelebihan gas pada perut.

Selain itu, minyak seperti lavender dan minyak kayu putih adalah minyak yang ampuh membantu mengatasi sakit perut. Penggunaannya mudah sekali, hanya perlu dioleskan langsung ke perut.

6. Menekan nafsu makan

Nafsu makan yang tidak terkendali juga tidak baik untuk tubuh. Menekan nafsu makan ternyata juga merupakan manfaat essential oil. Jenis essential oil yang dapat membantu menenakn nafsu makan adalah grapefruit essential oil. Jadi, jika Anda sedang menurunkan berat badan, maka menghirup minyak esensial yang satu ini dapat menjadi salah satu tipsnya.

7. Membantu mengobati pilek dan flu

Manfaat essential oil selanjutnya adalah mengobati pilek dan flu. Saat musim hujan datang, penyakit ini memang sering kali muncul. Ada baiknya untuk mencoba pengobatan rumahan menggunakan minyak esensial lebih dulu dibandingkan dengan langsung mengonsumsi obat-obatan.

Menguap hidung menggunakan campuran air hangat yang diberi tetesan minyak kayu putih atau minyak eukaliptus bisa menjadi pengobatan yang tepat. Aroma minyak kayu putih dapat membantu merelaksasi otot hidung dan adanya sifat antibakteri dari minyak ini juga baik untuk mencegah infeksi.

8. Mengatasi infeksi kulit

Manfaat essential oil lainnya adalah mengatasi infeksi pada kulit. Selain minyak kayu putih yang mengandung antibakteri, terdapat juga tea tree oil yang dikenal sebagai antibakteri, antijamur, dan juga antiseptik. Tea tree oil sangat ampuh untu mengatasi infeksi kulit, bahkan sangat populer sebagai salah satu bahan utama perawatan untuk wajah berjerawat.

9. Meningkatkan konsentrasi dan stamina

Menghirup essential oil ternyata juga bisa meningkatkan konsentrasi dan stamina, lho! Peppermint essential oil dan chamomile oil adalah minyak yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan konsenstrasi dan stamina. Selain itu, jenis minyak yang sudah disebutkan di atas sebagai minyak yang dapat menurunkan stres tentunya juga dapat membantu meningkatkan konsentasi Anda.

10. Mengatasi ketombe

Selain untuk kulit, terdapat juga manfaat minyak esensial untuk rambut. Minyak pohon teh atau tea tree oil ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan infeksi kulit lainnya, tapi juga dapat membantu mengatasi ketombe. Campurkan tea tree oil pada sampo yang akan digunakan untuk keramas dan rasakan manfaatnya.

10 Manfaat Essential Oil untuk Tubuh

Cara Menggunakan Essential Oil

Mnggunakan essential oil untuk mendapatkan manfaatnya dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari diaplikasikan langsung ke kulit atau dapat juga dihirup aromanya. Cara mengaplikasian dan menghirupnya juga berbeda-beda.

Ada essential oil yang bisa langsung diaplikasikan atau ada juga yang dilarutkan dengan media tertentu seperti menggunakan cuka, minyak tanaman lain seperti , atau minyak zaitun, atau dengan lidah buaya.

Sedangkan untuk menghirup essential oil, Anda dapat mencampurkannya dengan air untuk mandi, menghirupnya langsung dari botol, menggunakan sapu tangan, atau mencampurkannya dengan air dan menyemprotkannya.

Sebagian produk essential oil mungkin sudah disertai dengan cara penggunaannya, sehingga sebaiknya lakukan sesuai dengan saran yang ada pada kemasan.

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi

Oke detil mengenai 10 Manfaat Essential Oil untuk Tubuh semoga info ini berfaedah salam

Tulisan ini diposting pada tag manfaat essential oil eucalyptus, manfaat eucalyptus blue essential oil, manfaat eucalyptus globulus essential oil,

https://doktersehat.com/manfaat-essential-oil/

No comments