Artikel Baru

Manfaat Janggel Jagung Buat Sapi

Dibuang Sayang, Petani Sulap Janggel Jagung Jadi Pakan Ternak Alternatif
Hallo, selamat pagi, artikel ini akan menjelaskan mengenai manfaat janggel jagung buat sapi Dibuang Sayang, Petani Sulap Janggel Jagung Jadi Pakan Ternak Alternatif simak selengkapnya lebih dalam tentang Dibuang Sayang, Petani Sulap Janggel Jagung Jadi Pakan Ternak Alternatif.

udin abay | Jum'at, 08 Mei 2020 , 14:06:00 WIB

Dibuang Sayang, Petani Sulap Janggel Jagung Jadi Pakan Ternak Alternatif

Swadayaonline.com - Selama ini bonggol jagung atau dalam Bahasa Jawa disebut janggel, dibuang begitu saja oleh para petani jagung, termasuk di Desa Jumo, Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Karena dianggap sampah dan tidak mempunyai manfaat atau nilai jual apapun. Padahal dengan proses yang tepat, janggel jagung  dapat dimanfaatkan untuk pakan sapi. Dengan suntuhan teknologi sederhana, janggel jagung dapat dijadikan alternatif pakan di kala peternak kesulitan mencari pakan ternak saat musim kemarau. 

Adalah Kelompok Tani (Poktan) Harapan Makmur yang melakukan inisiatif mengolah limbah janggel jagung menjadi pakan silase untuk ternak ruminansia. Menurut Makin selaku Koordinator penyuluh pertanian Kecamatan Kedungjati, langkah Poktan Harapan Makmur Desa Jumo patut diacungi jempol, kreatif mengembangkan pakan ternak alternatif dari janggel jagung, dimana biasanya hanya seonggok barang yang dibakar atau dibiarkan saja. 

“Janggel jagung mengandung protein tinggi yakni sebesar 2,94%, lignin 5,2%, dan selulosa 30%. Dengan fermentasi, maka janggel jagung yang pada awalnya mengandung senyawa beracun dan juga nutrisi yang rendah dapat diatasi dengan baik, ” kata Makin.

Ia menambahkan, dengan usaha ini petani akan mendapat dua keuntungan, hasil jagung serta pengembangan pakan ternak yang bernutrisi cukup tinggi. “Teknologi fermentasi bonggol jagung dapat meningkatkan pendapatan petani dan manfaatnya lebih dari sekedar dibuang atau dibakar,” ujarnya.

“Jangan ditanya, kebanyakan petani jagung di desa kami setelah panen raya janggel seperti barang yang tidak ada gunanya, hanya dibakar atau dibiarkan melapuk,”kata Ali Mastain, Ketua Poktan Harapan Makmur yang mengapresiasi kreativitas semua anggota poktannya.

Dibuang Sayang, Petani Sulap Janggel Jagung Jadi Pakan Ternak Alternatif

“Langkah ini (pembuatan pakan silase janggel jagung, red) mendapat respon yang cukup bagus dari anggota. Harapannya menjadi alternatif para anggota kelompok tani dalam mengelola limbah janggel jagung menjadi sesuatu yang bernilai lebih, ”tukas Ali.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan berpesan  bahwa “Adanya musibah wabah Covid-19 ini tidak boleh membuat aktivitas pertanian berhenti. Kementan akan terus optimalkan SDM Pertanian untuk menggenjot produksi dan produktivitas bahkan ekspor”. 

Demikian halnya yang telah disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa “Masalah pangan adalah masalah yang sangat utama, hidup matinya suatu bangsa. Sudah waktunya petani tidak hanya mengerjakan aktivitas on farm, tapi mampu menuju ke off farm, terutama pasca panen dan olahannya”. SY/HRMK/TRI/YNI

Sekian penjelasan tentang Dibuang Sayang, Petani Sulap Janggel Jagung Jadi Pakan Ternak Alternatif semoga artikel ini bermanfaat terima kasih

untuk info mesin giling janggel bisa menghubungi kami. 

mesin giling janggel jagung

Artikel ini diposting pada label manfaat janggel jagung buat sapi, manfaat janggel jagung untuk sapi, manfaat bonggol jagung untuk sapi,

https://www.swadayaonline.com/artikel/6256/Dibuang-Sayang-Petani-Sulap-Janggel-Jagung-Jadi-Pakan-Ternak-Alternatif/

No comments