Artikel Baru

Jual Mesin Emping Jagung Terbaru

Jual Mesin Emping Jagung Terbaru

cara membuat emping jagung manual, mesin emping jagung manual, cara membuat mesin emping jagung, mesin pembuat emping jagung manual, mesin emping jagung jogja, harga mesin pengepres emping jagung, harga alat emping jagung, harga mesin emping jagung manual. Fungsi mesin pembuat emping adalah memipihkan jagung rebus untuk dijadikan emping jagung yang nantinya mudah untuk diolah.

Mesin pengolah emping
Mesin Pengolah Emping


mesin pemipih emping
Mesin Pemipih Emping

Spesifikasi mesin emping jagung :

Dimensi : 90 X 60 X 80 cm
Material rangka : Siku Besi
Material tabung : Pipa PVC
Material bodi : Besi Atau Stainless Steel
Penggerak : Dinamo ½ HP
Transmisi : Pulley, Gear Box dan V-belt
Kapasitas : 80-120 Kg/jam

Resep Emping Jagung

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • Bawang putih secukupnya
  • Jagung secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Kapur secukupnya

Peralatan yang digunakan :


  • Pengukus
  • Penggoreng
  • Baskom
  • Alat penjemur
  • Panci
  • Mesin pengepres
  • Mesin pemipil

Langkah-langkah pembutan :


  • Pilihlah jagung yang baik, lebih baik memilih jagung yang memiliki ukuran besar
  • Kemudian pipilah jagung bisa dengan dipipil manual dan bisa dipipil dengan menggunakan mesin.
  • Setelah selesai proses pemipilan jagung kemudian rendam jagung tersebut selama 24 jam. Jagung harus direndam terlebih dahulu agar saat direbus jagung bisa cepat empuk
  • Pada saat melakukan proses perebusan jagung campurkan dengan air kapur lamanya sekitar 2,5 jam. Pada saat melakukan proses perebusan ini jangan lupa untuk mengaduk jagungnya
  • Setelah selesai dalam proses perebusan jagung, angkat dan cuci bersih jagungnya. Pastikan pada saat mencuci jagung aroma kapur sudah hilang
  • Kemudian dinginkan jagung tersebut dan pipihkan. Agar lebih mudah dalam proses pemipihan jagung Anda bisa menggunakan mesin pemipih
  • Jika sudah jagung yang sudah selesai dipipih tadi kemudian dijemur du bawah sinar matahari selama 1 hari atau 2 hari tergantung dari cuaca
  • Jika jagung sudah kering, tahap selanjutnya adalah proses penggorengan
  • Panaskan minyak goreng dan goreng jagung hingga warnanya kecoklatan
  • Angkat dan tiriskan
  • Jagung sudah bisa dinikmati, jika jagung ingin dibungkus tunggu hingga minyaknya benar-benar hilang

Untuk mendukung kelancaran pembuatan emping jagung ini harus melawati beberapa proses yang berkaitan dengan proses produksi. Emping jagung ini terbuat dari jagung yang sebelum diolah harus dipipil, dipipih dan dikeringkan terlebih dahulu. Berbicara mengenai proses pengeringan, pengeringan menjadi kendala para pembuat emping jagung karena kondisi cuaca yang tidak menentu. Kebanyak para pembuat emping jagung pada saat melakukan proses pengeringan jagung ini mereka memilih untuk menggunakan mesin usaha. Mesin yang bisa digunakan untuk membantu dalam melakukan proses pengeringan adalah mesin oven pengering. Dengan adanya mesin oven pengering ini para pembuat emping jagung sudah tidak merasa kuatir jika cuaca kurang mendukung. Mesin oven pengering ini dipilih sebagai pengganti cahaya matahari.

Keripik jagung adalah produk sereal kemasan yang dibentuk dari serpihan jagung panggang yang kecil, biasanya disajikan dingin dengan susu dan kadang-kadang gula. Karena produksi asli mereka, serpih-serpihnya telah dibumbui dengan garam, gula, dan malt, dan banyak produk berurutan dengan bahan-bahan tambahan yang telah diproduksi seperti serpihan gula beku dan serpihan jagung manis & kacang . Serpihan jagung diproduksi dalam jumlah yang signifikan di pabrik Trafford Park di Manchester , Inggris, yang merupakan pabrik sereal terbesar di dunia.

Emping jagung ialah makanan yang terbuat dari biji jagung yang dipipihkan serta digoreng. Makanan yang satu ini termasuk juga salah satunya camilan yang cukuplah popular di Indonesia serta disenangi oleh beberapa orang. Cita perasaan yang gurih dengan teksturnya yang renyah membuat emping begitu pas untuk jadikan cemilan. 

Menariknya, membuat emping dari jagung rupanya tidak memerlukan proses yang sangat susah. Cemilan ini begitu gampang dibikin serta siapa saja dapat mengerjakannya. Bahkan juga jika Anda tertarik untuk melakukan bisnis, berjualan emping dari jagung sebetulnya miliki prospek yang cukuplah menjanjikan. 

Langkah Pembuatan Emping Jagung


Pembuatan emping dari jagung memang tidak susah, akan tetapi ada banyak hal yang perlu Anda lihat supaya kualitas emping yang dibuat dapat optimal. Berikut beberapa langkah pembuatan emping dari jagung yang pantas didapati. 

1. Penentuan Bahan Produk makanan tetap tergantung pada kualitas bahan, tidak kecuali dengan emping dari jagung. Pilih jagung yang telah tua serta mempunyai kualitas yang baik, berarti tidak berpenyakit serta mempunyai butiran jagung yang betul-betul bagus. Diluar itu, pilih jagung dengan ukuran biji yang besar. Ukuran biji jagung akan begitu punya pengaruh pada ukuran emping. Jika biji sangat kecil, jadi emping yang dibuat akan kecil serta gampang hancur. 

2. Proses Memipil Jagung Memipil jagung berarti memisahkan biji-biji jagung dari tongkolnya. Proses ini dapat dikerjakan dengan manual dengan tangan. Akan tetapi untuk mengirit waktu serta tenaga, proses ini dapat manfaatkan mesin pemipil jagung yang tambah lebih praktis. Sesudah dipipil, bersihkan jagung sampai bersih dengan air mengalir. 

3. Perebusan dengan Kapur Jagung yang telah bersih lalu di rebus saat seputar 1 jam di air mendidih yang telah ditambahkan kapur. Jumlahnya kapur yang dipakai dalam perebusan ialah 2-4% dari berat jagung yang di rebus. Proses perebusan dengan kapur ini pula dimaksud dengan nikstamalisasi. 
Arah proses dari ini ialah untuk merusak kulit ari atau kulit tipis yang menyelimutinya biji jagung. Jika kulit itu rusak, jadi biji jagung semakin lebih gampang dipanaskan serta di proses. Jagung yang kulit arinya telah hancur umumnya diikuti dengan permukaan biji jagung yang licin saat dipegang. 

4. Proses PerendamanBiji-biji jagung yang telah di rebus lalu dicuci sampai betul-betul bersih. Yakinkan ikut tidak ada berbau kapur yang ketinggalan. Baru sesudah itu, biji di rendam dengan air bersih saat semalaman. Perendaman ini mempunyai tujuan supaya biji jagung lebih gampang di proses saat masuk ke step selanjutnya. 

5. Pengukusan JagungSetelah di rendam semalaman, jagung mesti dikukus saat seputar 1 jam. Proses ini akan membuat biji jagung alami gelatinisasi, akan tetapi yakinkan supaya jagung tidaklah terlalu masak. Jika tingkat gelatinisasinya terlalu berlebih, perihal ini akan membuat jagung gampang sekali hancur waktu akan dipipihkan. 

6. Proses Mengemping, Proses setelah itu mengemping atau memipihkan biji jagung yang telah dikukus. Supaya lebih gampang dipipihkan, proses ini mesti selekasnya dikerjakan saat biji jagung masih juga dalam kondisi panas serta lunak. 

Untuk triknya, pemipihan biji jagung dapat dikerjakan dengan memakai mesin pemipih jagung. Tidak hanya lebih praktis, pemakaian mesin ini dapat mengirit waktu hingga emping jagung dapat di produksi secara cepat. Akan tetapi penentuan mesin pemipih juga mesti dilihat supaya emping yang dibuat miliki kualitas bagus. 

Jagung yang sudah dipipihkan serta keluar dari mesin semestinya ditampung dalam wadah yang lumayan besar. Jagung pipih yang baru keluar dari mesin umumnya masih tetap cukup lunak hingga gampang hancur, jadi janganlah secepatnya mengalihkan biji jagung serta biarlah saja ditampung dalam wadah sampai proses pemipihan tuntas. 

7. Pengeringan serta Penyortiran Jagung yang telah pipih lalu dikeringkan lewat cara dijemur dibawah cahaya matahari. Proses penjemuran memerlukan waktu seputar 1-2 hari. Yakinkan ikut biji-biji jagung pipih di taruh di wadah yang rata serta lebar supaya tidaklah terlalu menumpuk, perihal ini ikut mempunyai tujuan untuk percepat proses pengeringan. 

Emping yang telah kering lantas disortir lewat cara diayak untuk memperoleh ukuran emping yang kostum. Jika Anda punya niat untuk jual emping dalam keadaan mentah, emping yang telah dikeringkan serta disortir ini langsung bisa dikemas serta di pasarkan. 

8. Penggorengan Emping mentah yang telah betul-betul kering langsung bisa digoreng. Waktu menggoreng semestinya tidak sering diaduk supaya emping tidak hancur. Proses penggorengan ikut tidak memerlukan waktu lama sebab emping ini gampang sekali mengembang serta masak. Dalam suhu 170°C, penggorengan cuma membutuhkan waktu beberapa menit saja. 

Sesudah digoreng, kerjakan penirisan untuk buang sisa-sisa minyak pada emping. Jika emping masih tetap memiliki kandungan banyak minyak, perihal ini akan memengaruhi perasaan sekaligus juga membuat emping tidak awet. Untuk proses penirisan, disarankan untuk memakai spinner atau mesin peniris minyak untuk hasil yang lebih optimal. 

9. Menambahkan Bumbu Penambahan bumbu sangat disarankan supaya emping yang dibuat mempunyai cita perasaan yang lebih gurih serta lezat. Bumbu ini sendiri langsung bisa ditambahkan saat emping tengah dalam proses penggorengan. Untuk lebih detilnya, tersebut langkah memberikan bumbu pada emping. 

Sediakan dahulu larutan bumbu yang terbuat dari kombinasi bawang putih serta garam. Goreng emping mentah dalam minyak panas. Waktu emping mulai mengembang, selekasnya tuangkan larutan bumbu pada emping yang tengah digoreng. 

Goreng emping saat sesaat, lalu angkat serta tiriskan. 

Langkah menggoreng emping dengan bumbu semacam ini telah umum dikerjakan oleh beberapa orang. Tidak hanya gampang, emping yang dibuat akan berasa lebih gurih, akan tetapi memberikan larutan bumbu waktu menggoreng nyatanya ikut mempunyai kekurangan sendiri. 

Sebab larutan bumbu dicampurkan pada minyak panas, jadi minyak akan automatis turut berasa asin. Mengakibatkan, emping yang digoreng setelah itu akan berasa lebih asin daripada penggorengan pertama. Diluar itu, menambahkan bumbu waktu menggoreng akan membuat minyak bertambah cepat kotor. 

Jadi jika Anda memakai cara menggoreng dengan larutan bumbu, dianjurkan untuk rajin ganti minyak goreng. Dengan demikian kualitas emping yang dibuat masih terbangun. 

Kesempatan Usaha Emping JagungBerbisnis emping dari jagung punya potensi menghadirkan banyak keuntungan. Tidak hanya sebab bahan bakunya yang gampang didapatkan, harga jagung ikut tidaklah terlalu mahal hingga tidak mengonsumsi banyak cost. 

Langkah membuatnya yang gampang ikut jadi keuntungan sendiri dalam usaha ini. Membuat emping juga tidak memerlukan banyak bahan penambahan, terkecuali bumbu-bumbu simpel untuk bikin emping jadi lebih enak. Di lain sisi, kekuatan pasar termasuk begitu menjanjikan sebab emping sendiri termasuk juga cemilan favorite beberapa orang. 

Akan tetapi dalam soal usaha, terdapat beberapa aspek yang dapat memengaruhi keberhasilan satu usaha. Lantas apa yang perlu dikerjakan supaya usaha emping jagung ini dapat berjalan dengan baik? Baca beberapa tips-nya di bawah ini. 

1. Bahan Baku Bahan baku berbentuk jagung memang termasuk gampang didapatkan serta relatif murah. Tetapi untuk mendesak cost produksi seminimal mungkin, dianjurkan untuk beli jagung langsung dari beberapa petani. Tidak hanya murah, jagung yang didapatkan langsung dari petani tentu saja ikut lebih fresh serta mempunyai kualitas yang lebih baik. 

2. Dari mulai Taraf Kecil Bila Anda masih tetap baru mengawali usaha, semestinya usaha diawali dari taraf kecil. Dengan begitu Anda tidak memerlukan modal yang sangat besar sekaligus juga kurangi resiko kerugian. Baru saat usaha telah berjalan dengan baik, Anda dapat jadi besar jumlahnya produksi sama dengan potensi Anda. 

Simak juga Mengawali Membuka Usaha Pembuatan Etalase Pendingin Sayuran3. Kelengkapan AlatDalam proses pembuatan emping, ada banyak perlengkapan atau mesin yang semestinya dipunyai, contohnya mesin pemipil jagung. Untuk usaha taraf kecil, proses ini dapat dikerjakan dengan manual dengan menyewa tenaga kerja. Akan tetapi untuk produksi taraf besar, semestinya memakai mesin yang lebih praktis serta efektif. 

Tidak cuma mesin untuk bikin emping, Anda pun harus mempunyai mesin pengemas sama dengan type paket yang diinginkan. Dengan perlengkapan ini, jadi produk emping yang dibuat bukan sekedar unggul dalam soal perasaan, tetapi ikut dalam soal tampilan fisik produk. 

4. PemasaranPemasaran jadi aspek terpenting dalam soal usaha. Supaya produk yang di jual dapat diketahui penduduk sekaligus juga menarik minat customer, Anda mesti lakukan promo yang pas. Pasarkan produk dapat dikerjakan dengan beberapa langkah, contohnya mengaplikasikan prinsip door to door atau langsung tawarkan produk pada customer. 

Untuk produk emping dari jagung, Anda dapat menjualnya dengan cara langsung atau menawarkannya pada toko, warung, ataupun toko pusat oleh-oleh. Jika mempunyai modal lebih, Anda dapat juga buka toko sendiri untuk pasarkan produk yang dibuat. 

Promo harus juga selalu dikerjakan untuk tingkatkan hasil penjualan. Salah satunya langkah yang sekarang ini ramai dikerjakan yaitu dengan manfaatkan sosial media. Dengan langkah tersebut, Anda tidak memerlukan kebanyakan cost untuk promo tetapi dapat menjaring customer dalam jumlahnya yang semakin banyak. 

5. InovasiSalah satu kunci kesuksesan dalam usaha ialah terdapatnya pengembangan pada produk yang di jual. Untuk produk emping, tersebut contoh-contoh pengembangan yang dapat dikerjakan untuk tingkatkan hasil penjualan. 

Perasaan EmpingBerinovasi dalam soal perasaan sudah umum dikerjakan oleh beberapa pelaku bisnis kuliner, Anda juga dapat lakukan hal sama untuk produk emping yang Anda bikin. Dengan tidak tinggalkan emping perasaan original, Anda dapat memberikan rasa-rasa baru yang kemungkinan disenangi oleh beberapa customer. 

Macam perasaan dapat terbagi dalam perasaan balado, pedas manis, keju, atau perasaan barbeque. Bumbu yang dipakai dapat berbentuk bumbu bubuk yang banyak di jual di market. Menambahkan bumbu juga dikerjakan saat emping telah digoreng serta siap untuk dikemas. 

Paket ProdukKemasan seperti sampul buku serta jadi perihal pertama yang akan dipandang oleh customer. Itu mengapa membuat paket yang baik sekaligus juga menarik telah jadi keharusan Anda menjadi seseorang produsen. 

Yakinkan produk emping bukan sekedar dikemas dengan plastik biasa yang polos, tetapi mesti mempunyai info seperti merk, gambar, formasi makanan, sampai info tentang tanggal kedaluwarsa. 

Jika emping diperuntukkan untuk di jual di toko pusat oleh-oleh, emping semestinya dibungkus dengan paket yang tampak lebih eksklusif. Pilih plastik paket yang tebal, kaku, serta tidak gampang sobek. Supaya lebih menarik, juga bisa memakai paket type standing pouch transparan serta diperlengkapi aluminium foil. 

Emping jagung memang termasuk juga makanan simpel sebab langkah membuatnya yang termasuk gampang. Akan tetapi mengingat kesempatan upayanya yang cukuplah menjanjikan, tidak ada kelirunya jika Anda coba membuat cemilan ini serta mulai menjalankan bisnisnya.

No comments