Artikel Baru

Daerah Penghasil Kayu Manis

Daerah Penghasil Kayu Manis



Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.

Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.

Kulit manis Ceylon sering kali hanya menggunakan kulit bagian dalam yang lebih tipis, lebih memiliki kesegaran, kurang padat, lebih beraroma, dan lebih lembut dalam rasa daripada kasiavera. Kasiavera memiliki rasa yang lebih kuat (sering lebih pedas) daripada kulit manis Sri Lanka dan umumnya berwarna merah kecoklatan sedang hingga ringan, keras dan bertekstur kayu, serta lebih tebal (2–3 mm (0,079–0,12 inci) dan menggunakan seluruh lapisan kulitnya.

Kayu manis berasal dari bagian dalam kulit kayu manis. Pohon ini banyak ditemukan di selatan India, meskipun telah dipanen juga di Myanmar, Sri Lanka dan Amerika Selatan. Sejak awal abad ke-18, kayu manis telah tumbuh di beberapa belahan dunia, termasuk Indonesia.

Selain sifat obatnya, kayu manis juga merupakan afrodisiak, berfungsi untuk meningkatkan libido dan menangkal disfungsi ereksi.

Untuk Daerah penghasil kayu manis di Indonesia :

1. Kerinci Jambi, Merupakan penghasil kayu manis terbesar di Indonesia dan hampir 80% kayu manis dunia berasal dari sini. tipe kayu manis C. burmani

2. Sumatra ( disepanjang pengunungan Bukit Barisan) Dari Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu sampai Lampung. Jambi juga termasuk tapi sudah masuk di no.1. tipe kayu manis C. burmani

3. Kabupaten Barabai dan Kabupaten Kandangan di Kalimantan Selatan (Sepanjang punggung pegunaungan Meratus). tipe kayu manis C. burmani

4. Jawa Tengah (Magelang, Temanggung, Wonosobo, Kulon Progo) tipe kayu manis C. burmani

5. Jawa Timur (Pasuruan, dan Probolinggo), kayu manis tipe C. zeylanicum

6. Bali dan NTT, kayu manis tipe C. zeylanicum

itulah daftar penghasil kayu manis di Indonesia, beda kayu manis tipe C. zeylanicum dan C. burmani adalah pada ketinggian penanaman kayu manis.

No comments