Artikel Baru

Daerah Penghasil Ikan Tuna di Idonesia

Daerah Penghasil Ikan Tuna di Idonesia

Ikan tuna merupakan ikan yang paling terkenal di dunia selain itu tuna mengandung vitamin A, D, B6, B12 dan kaya akan mineral. Tuna juga disebut mengandung omega 3 yang lebih tinggi dari daging ayam dan sapi. sehingga bisa mengatasi kekurangan gizi di Indonesia bila pemerintah siap dan pro aktif dalam menekuni bidang perikanan khususnya ikan tuna ini. banyak ikan yang digolongkan ke dalam jenis tuna seperti : ikan cakalang, tuna sirip biru, yellowfin tuna, ikan tongkol, tuna mata besar, dan ikan tongkol.




1. Bengkulu, Produksi tangkap perikanan dari komoditas ikan tuna terus meningkat sejak semester satu pada 2018 telah menyumbangkan nilai produksi mencapai Rp108 miliar dan tangkapan mencapai 4,580 ribu ton.

2. Kemudian potensi jumlah tangkapan ikan tuna dari nelayan berdasarkan Data dari Dinas Perikanan Kabupaten Malang akhir tahun 2016 lalu, hasil tuna tangkapan nelayan Sendang Biru sekitar 100 ton  setiap hari.

3. Wilayah Sulawesi Selatan, dinobatkan sebagai daerah yang menghasilkan ikan paling banyak di Indonesia. Sulawesi Selatan menyumbang sekitar 21,6% dari pasokan ikan per tahun, untuk memenuhi komoditi ekspor di Indonesia.

4. Bali, produksi ikan tuna di Bali setahun bisa mencapai 18 ribu ton. Setiap tahunnya kecendurngan meningkata, dimana pada tahun 2012 lalu baru 16 ribu ton.


lalu untuj tujuan ekspor Indonesia sebagai penghasil tuna terbesar, Indonesia menjadi pemasok utama pasar-pasar luar negeri seperti Jepang, Amerika, Uni Eropa, Korea, dan Hong Kong. Pasar terbesarnya adalah Amerika Serikat, yang mengonsumsi hampir setengah dari tangkapan tuna Indonesia, sebagian besarnya adalah ikan utuh atau fillet beku. Diketahui, ekspor tuna Indonesia ke Amerika telah melonjak 130 persen sejak 2014. kami juga menyediakan mesin perinakanan buatan lokal.

No comments