Artikel Baru

Cara Buat Pakan Bebek Fermentasi

Membuat Formula Pakan Ternak Bebek Petelur

Hallo, selamat pagi, artikel ini akan membahas mengenai cara buat pakan bebek fermentasi Membuat Formula Pakan Ternak Bebek Petelur simak selengkapnya lebih dalam tentang Membuat Formula Pakan Ternak Bebek Petelur.

Membuat Formula Pakan Ternak Bebek Petelur – Dalam pemeliharaan Bebek Petelur, faktor pakan merupakan salah satu hal yang memegang peranan cukup penting. Makanan dibutuhkan Bebek untuk dapat tumbuh dan berkembang, mengganti organ yang telah aus, memproduksi daging dan telur serta menjaga stamina agar tetap kuat. Pakan ternak bebek petelur dapat dibuat sendiri atau menggunakan produk pabrik yang telah ada di pasaran. Untuk menghemat pengeluran, peternak dapat meracik atau membuat pakan dengan formula yang seimbang. Pakan bebek murah tersebut merupakan perpaduan antara konsentrat (voer), bekatul, nasi aking serta jagung giling. Karena jika mengandalkan kosentrat buatan pabrik tentu membutuhkan biaya yang cukup tinggi, apalagi bila yang dipelihara dalam jumlah yang banyak.

Pakan Bebek Petelur Murah

Untuk membuat pakan bebek petelur murah bisa ditambahkan dengan menggunakan bahan yang terdapat di alam seperti bekicot, kerang, ikan kecil, keong emas, daun beluntas, daun katuk dan beberapa bahan lainnya. Untuk sejenis bekicot, keong emas, kerang cara penggunaannya dengan diiris kecil-kecil, dikeringkan dan dicampurkan dengan bahan lainnya. Bisa juga diiris tipis dan langsung diberikan dengan dicampur kosentrat, nasi aking dan jagung giling. Bila hal ini diberikan dapat menunjang pertumbuhan bebek.

Saat ini kosentrat yang biasa digunakan untuk bebek petelur adalah kosentrat 144. Harga konsentrat bebek petelur 144 berkisar Rp 230.000,- per sak berisi 50 kg. Beberapa kandungan dalam pakan konsentrat 144 diantaranya protein, lemak, serat, abu, kalsium, fosfor dan kadar air. Pakan bebek petelur dan pedaging mempunyai komposisi yang berbeda. Untuk itu, perlu komposisi yang tepat agar bebek dapat menghasilkan telur yang berkualitas.

Pakan Konsentrat Itik-Bebek Petelur 144

Baca juga di : 

Membuat Formula Pakan Ternak Bebek Petelur

Takaran Pakan Bebek Petelur

Untuk takaran pakan bebek petelur bisa menggunakan komposisi bekatul, jagung kuning giling, kacang hijau, kacang kedelai, beras merah, bungkil kelapa dan tepung ikan.  Jika membuat sendiri dengan bobot 100 kg maka komposisi yang digunakan adalah bekatul 5 kg, tepung ikan 8 kg, bungkil kelapa 7 kg, jagung kuning 25 kg, kacang kedelai 20 kg, kacang hijau 20 kg dan beras merah 20 Kg. Untuk bahan pakan yang berbentuk biji-bijian terlebih dahulu dihaluskan menjadi tepung.

Makanan Bebek Agar Cepat Besar

Makanan bebek agar cepat besar selain kosentrat juga bisa diberikan bahan pakan lain seperti yang kami sebutkan di atas, juga perlu ditunjang dengan komposisi yang seimbang sesuai dengan umurnya. Perbedaan umur akan mempengaruhi komposisi pakannya.  Untuk anakan bebek yang baru menetas hingga umur 8 minggu bisa diberikan protein 17 – 22 %, energi 3.200 kkal, calium 0,6 %, methionin 1,05%. Untuk umur 9 minggu hingga masa bertelur pemberian protein 15 – 19 %, protein 2.700 kkal, calium 0,60  untuk bebek dara sedangkan yang siap bertelur 2,9 – 3,25 % dan methionin untuk dara o,29 % dan siap bertelur 0, 37 %.

Mengapa Pakan Bebek Harus Diperhatikan?

Dengan memperhatikan pakan ternak bebek, maka gizi bebek tercukupi dan bebek akan menghasilkan telur yang berkualitas sedangkan bebek pedaging akan menghasilkan daging yang berbobot. Saat ini permintaan bebek petelur dan pedaging semakin meningkat. Hal itu dipengaruhi gaya hidup dan tingkat perekonomian masyarakat yang makin membaik. Sehingga  bisnis pembesaran bebek jenis petelur dan pedaging masih cukup potensial untuk digeluti.

Bebek Petelur

Baca juga di : 

Selain itu penyedia sarana prasarana untuk kandang dan penyedia pakan ternak masih banyak dibutuhkan peternak bebek. Saat ini banyak masyarakat yang mengembangkan pakan ternak petelur fermentasi. Pakan ternak tersebut di fermentasi agar dapat bertahan lebih lama. Pakan fermentasi buatan sendiri dapat menurunkan pengeluaran untuk pakan. Untuk pakan fermentasi dapat diberikan dengan campuran sedikit air atau kering. Pakan bebek petelur kering dapat diberikan dengan dicampur konsentrat. Pemberian dilakukan berselang-seling dengan pakan basah. Untuk minuman dapat dicampur dengan multivitamin agar dapat meningkatkan stamina bebek.

Cara Membuat Pakan Bebek Pedaging

Untuk bebek pedaging, kita juga bisa membuat sendiri pakannya. Cara membuat pakan bebek pedaging diantaranya dengan bahan seperti jagung giling, bungkil kedelai, dedak gandum, tepung ikan minyak, garam dan kapur. Bebek pedaging memang membutuhkan air. Untuk itu perlu air dalam jumlah yang cukup. Air dapat berfungsi sebagai zat gizi dan sumber mineral. Untuk membuat minuman dapat berupa Suplemen Organik Cair (SOC) 1,5 ml, air 5 liter, gula merah 2 sendok makan yang telah dilarutkan dalam 1 gelas air. Bahan tersebut dicampur dan dapat diberikan pada bebek pedaging.

Jika kita secara teratur memberikan makanan yang bernutrisi dan minuman yang bersuplemen maka bebek yang kita pelihara akan menghasilkan daging yang mempunyai bobot yang tinggi. Selain pakan, hal lain yang turut mempengaruhi dari bobot bebek adalah bibit. Selain itu kondisi kandang yang terkena sinar matahari secara langsung dan kering akan dapat menghindarkan dari penyakit. Faktor lain yaitu sanitasi di seluruh kandang dan mempunyai ventilasi yang baik.   

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

Membuat Formula Pakan Ternak Bebek Petelur

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait:

modal awal ternak bebek petelur, kandang bebek petelur sistem kering, contoh kandang bebek petelur yang baik, analisis usaha ternak bebek petelur lengkap, analisa biaya ternak bebek pedaging, kandang bebek petelur modern, beternak bebek petelur di lahan sempit

**Yuni Ambarwati**

*.

Sekian pembahasan perihal Membuat Formula Pakan Ternak Bebek Petelur semoga artikel ini berfaedah salam

Artikel ini diposting pada kategori cara buat pakan bebek fermentasi, cara membuat pakan fermentasi bebek pedaging, cara membuat pakan ternak bebek fermentasi,

https://hobiternak.com/bebek-petelur/

No comments