Artikel Baru

Cara Memberi Pakan Bebek Hibrida

Cara Beternak Bebek Pedaging Agar Cepat Panen dan Balik Modal | Fauna.ID

Hohoho, berjumpa kembali, artikel ini akan membawakan mengenai cara memberi pakan bebek hibrida Cara Beternak Bebek Pedaging Agar Cepat Panen dan Balik Modal | Fauna.ID simak selengkapnya lebih dalam tentang Cara Beternak Bebek Pedaging Agar Cepat Panen dan Balik Modal | Fauna.ID.

Beternak bebek ialah hal yang menyulitkan jika tidak tau teknik membudidayakannya. Saat ini tidak sedikit orang hendak memulai usaha ternak bebek potong karena dianggap sangat menjanjikan.

Cara Ternak Bebek Pedaging Supaya Cepat Panen dan Balik Modal

bibit-bebek-pedaging

Pada dasarnya metode budidaya bebek pedaging dan petelur mempunyai perbedaan, mulai dari cara perawatan, penyediaan makanan dan metode kandangnya pun juga wajib di perhatikan. Lalu langkah apa saja yang wajib di lakukan saat akan beternak bebek potong supaya segera panen?

Memilih Bibit Bebek Pedaging Unggulan

Cara memelihara bebek potong agar segera berkembang dalam 40 hari pertama ialah menentukan bibit terbaik. Bibit yang di pilih akan berakibat pada hasil saat akan di panen nantinya.

Untuk memudahkan proses pembesaran, lebih baik menentukan bibit jantan, karena pejantan sangat tepat untuk di ambil hasil dagingnya dari pada betina. Di tambah lagi pejantan mempunyai tubuh besar, Selain itu harga bibit bebek jantan juga lebih murah.

Ciri – Ciri Bibit Bebek Berkualitas Baik

  • Mempunyai bulu bersih, bagus dan kering.
  • Mata jernih, kedua matanya terbuka dan tidak buta.
  • Bergerak lincah,
  • Kaki kokoh dan tidak pincang.
  • Bobot minimal 40 gram,
  • Tubuh tegap,
  • Nafsu makan besar,
  • Bebas dari penyakit.
  • Memilih bertipe kelamin jantan karena laju perkembangannya sangat cepat dibandingkan betina.

Ciri-ciri jantan yakni mempunyai paruh lebih mengkilap dibandingkan paruh betina, ukuran badan lebih gede, bunyinya lebih serak (parau), mempunyai leher yang extra pendek, dan ekornya lebih naik dibandingkan dod betina.

Menentukan Lokasi Dalam Beternak Bebek

Sebisa mungkin lokasi kandang jauh dari permukiman untuk menghindari bising (ramai) dan udaranya sejuk. Selain itu dengan memilih dekat sumber air dan sumber pakan untuk mempermudah memenuhi keperluan bebek setiap hari.

Hindari lokasi yang terkena terik matahari langsung dan angin kencang, terutama di daerah rindang. Selain itu sebisa mungkin mudah jalur transportasinya. Tak lupa juga lokasi tidak rawan penggusuran dalam beberapa periode produksi.

Menerapkan Cara Merawat Bebek Pedaging

Hal penting lainnya yakni cara memelihara karena bebek tergolong binatang yang mudah menderita penyakit. Itu ialah kendala yang akan dihadapi saat beternak bebek pedaging.

Gejala penyakit yang kerap timbul ialah diare dan sesak napas, meski nampak sepele tapi jika di biarkan akan mengganggu perkembangan.

Cara mengobati penyakit tersebut ialah dengan selalu memberikan vaksinasi pada hewan ternak, agar hasil bebek pedaging berkualitas tinggi.

1. Memberi Pakan Bebek Agar Cepat Besar

Tips ternak bebek potong agar segera panen ialah memberi pakan yang seimbang setiap harinya. Dengan gizi yang sesuai akan menjadikan perkembangan semakin cepat dan besar. Namun tidak hanya itu, tipe pakan yang di pilih bisa juga menghipnotis cepat atau tidak nya perkembangannya.

2. Menempatkan Pada Kandang Bebek Sistem Kering

Cara ternak bebek potong supaya segera berkembang yang terakhir ialah pembuatan kandang.  Jenis kandang yang bagus untuk bebek pedaging ialah kandang panggung atau sistem kering yang menghadap ke matahari terbit.

Karena paparan terik matahari mampu menolong menjaga kebersihan kandang. dan juga memberikan vitamin yang bagus bagi pertumbuhan.

Pakan Bebek Agar Cepat Besar dan Panen

bebek-pedaging-unggulan

Salah satu faktor terbesar yang bisa menjadikan bebek segera berkembang ialah makanannya. Banyak pakan yang dapat ditemukan secara gampang bahkan cukup membeli pakan jadi buatan pabrik berupa konsentrat.

Namun masih banyak para pemilik ternak menunjukkan rasa rugi jika memakai pakan buatan pabrik yang harganya terus melambung setiap tahunnya. Oleh karena itu para pemilik ternak selalu memikirkan cara memberi pakan bebek dengan metode alternatif bertujuan untuk menekan biaya pakan yang selalu meningkat.

Pakan alternatif ialah makanan lokal yang terdapat bisa di temui di dekat kita tetapi masih jarang untuk dipakai. Memberi pakan bebek pedaging akan cepat dari pada petelur karena jenis pedaging hanya memerlukan nutrisi yang banyak.

Dengan metode menyediakan pakan dalam besar, tubuh akan menjadi besar juga. Apa saja pakan alternatif yang dapat digunakan sebagai campuran pakan konsentrat, silahkan simak kumpulannya di bawah ini :

Memberi Campuran Ampas Tempe dan Tahu Pada Pakan Bebek

Ampas tempe ialah hasil dari buangan dari proses pembuatan tempe. Pakan yang satu ini sangat baik untuk pakan bebek pedaging karena buangan tempe cukup melimpah dan belum banyak di gunakan selain untuk pakan.

Namun pemakaian pakan ini wajib di batasi dan ditakar bila di campur, karena kandungan serat pada buangan tempe sangat tinggi.

Masih sama seperti ampas tempe, ampas tahu ialah hasil sampah dari proses pembuatan bubur kedelai yang telah tidak di gunakan lagi. Ampas tahu banyak terkandung protein dan mudah di tumbuhi jamur.

Oleh karena itu sebelum di gunakan sebagai pakan bebek, ada baiknya di jemur dulu sampai kadar air dengan kandungan dalam tahu berkurang hingga 13%, agar sangat sulit ber jamur. Tapi ingat, tempat pakan wajib selalu di bersihkan setiap hari agar tidak di tumbuhi jamur.

Pakan Nasi Aking Untuk Bebek

Nasi kering atau di sebut juga dengan nasi aking punya beragam sekali energi baik untuk perkembangan bebek pedaging. Nasi aking terbuat dari nasi yang tidak di konsumsi dan di keringkan.

Sebaiknya jangan menjadikan nasi aking dari nasi berjamur, karena mengandung bakteri yang mampu menghambat perkembangan.

Jangan asal-asalan dalam menyediakan pakan bebek pedaging, terkadang terdapat beberapa makanan beracun sehingga mengakibatkan kematian, seperti ikan mati. Berikan salah satu pakan di atas untuk menyetarakan pakan buatan pabrik.

Bagaimana pun juga pakan buatan pabrik mempunyai nutrisi dan gizi yang sesuai, tapi jika hendak menekan biaya pakan maka bisa menambah salah satu makanan diatas.

Begitulah pembahasan mengenai Cara Beternak Bebek Pedaging Agar Cepat Panen dan Balik Modal | Fauna.ID semoga artikel ini menambah wawasan terima kasih

Tulisan ini diposting pada label

https://www.fauna.id/cara-beternak-bebek-pedaging/

No comments