Artikel Baru

Cara Membuat Pakan Alternatif Bebek Pedaging

Cara Membuat Sendiri Pakan Ternak Itik Petelur dan Pedaging Untuk Hemat Biaya Pakan

Hi, selamat sore, sesi kali ini akan membahas mengenai cara membuat pakan alternatif bebek pedaging Cara Membuat Sendiri Pakan Ternak Itik Petelur dan Pedaging Untuk Hemat Biaya Pakan simak selengkapnya lebih dalam tentang Cara Membuat Sendiri Pakan Ternak Itik Petelur dan Pedaging Untuk Hemat Biaya Pakan.

Pakan ternak bebek sudah banyak dijual dalam bentuk pelet yang diproduksi oleh perusahaan terkenal seperti CPI, Japfa, GC dan lainnya. Pakan bebek dari beberapa merk tersebut hampir memiliki kandungan zat makanan yang sama. Jika anda melihat produk CPI (Charoen Pokphan Indonesia) maka dari label kandungan pakan itik tersebut anda sudah bisa membuat sebuh ransum pakan ternak untuk bebek petelur maupun pedaging.

Cara Membuat Sendiri Pakan Ternak Itik Petelur dan Pedaging Untuk Hemat Biaya Pakan

Dalam menyusun komposisi pakan itik / bebek dibutuhkan pengetahuan tentang kebutuhan zat makanan / umur (zat makanan: karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin).

Secara kompleksnya yang harus diketahui seorang peternak itik dalam menyusun ransum pakan itik adalah: kebutuhan zat makanan ternak pada umur tertentu per harinya. Misalkan seekor anak itik umur 1 mignggu hanya membutuhkan karbohidrat sebanyak 25 gr, protein 15 gr dan 10 gramvitamin dan mineral. Maka dari contoh kebutuhan zat maknan tersebut kita harus mencari komposisi pakan dengan kandungan zat makanan yang sesuai.

Cara Membuat Pakan Itik Pedaging dan Itik Petelur

Untuk 100 kilogram pakan itik/ bebek maka kita membutuhkan:

Cara Membuat Sendiri Pakan Ternak Itik Petelur dan Pedaging Untuk Hemat Biaya Pakan
  • Jagung (giling kasar atau halus) sebanyak 40 Kg
  • Dedak halus (bekatul) 40 Kg
  • Tepung tulang 1 ½ Kg
  • Tepung ikan 10 Kg
  • Bungkil kedele 8 Kg
  • Minyak nabati ½ Kg

Mixing (aduk semua bahan tersebut) dan beri kepada bebek / itik sesuai dengan kebutuhan harian ternak bebek tersebut. Dalam hal ini anda haruslah memahami tentang kebutuhan pakan bebek per ekor per hari sesuai dengan umur itik bebek tersebut.

Untuk daftar kebutuhan pakan itik dan bebek anda bisa membacanya dari buku pedoman pemeliharaan itik yang dapat dibeli di toko buku. Atau bisa juga diberikan kepada bebek atau itik secukupnya saja (berdasarkan perasaan).

Bahan pakan ternak bebek / itik alternatif yang mudah didapatkan diantaranya keong mas dan talas. Untuk keong mas dapat diberikan langsung ke ternak itik setelah di pecahkan.

Daftar Bahan Pakan Alternatif  Untuk Pakan Ternak Itik

Berikut ini adalah bahan baku yang dijadikan sebagai pakan ternak alternatif pengganti konsentrat:

Jagung

Gunakan konsentrasi 50 sampai dengan 55 persen. jagung merupakan sumber energi utama bagi ternak bebek. Mudah dicerna dan pengaruhnya besar terhadap warna kuning telur.

 Bungkil kacang kedelai

Konsentrasi yang digunakan antara 15 sampai 20 persen.

Tepung daging atau tepung tulang

konsentrasi antara 2 sampai 6 persen. Bahan ini penting untuk menyediakan protein kasar, kalsium, dan fosfor.

Tepung ikan

konsentrasi antara 3 sampai 7 persen. mudah dicerna ternak dengan sangat baik.

Tepung daging ayam

konsentrasi antara 2 sampai dengan 4 persen. Hindari bulu ayam yang ikut bersama tepung daging ayam karena dapat menyebabkan daya cerna berkurang.

Dedak padi

Gunakan konsentrasi dedak padi dalam pembuatan pakan ternak alternatif ini sebanyak 10 sampai 15 persen. anda harus bisa bedakan juga antara dedak kasar, dedak halus dengan serat kasar, dan bekatul dengan serat kasar.

Tepung kerang

Merupakan sumber kalsium yang tinggi bagi ternak bebek dan bagus untuk kulit telur. Konsentrasi penggunakan 6 sampai dengan 8 persen.

 Minyak kelapa sawit

Konsentrasi penggunaan dalam pakan ternak alternatif antara 0,5 sampai 1 persen. Bahan ini tidak digunakan juga tidak apa-apa, mengingat kelemahannya yang mudah menjadi tengik.

 Garam

Dapat merangsang pertumbuhan ternak bebek. menjaga ph ternak. pada ternak, kekurangan garam dapat menyebabkan ternak cenderung kanibal, pertumbuhan lambat, dan mempengaruhi produksi telur. penggunaan dalam pakan alternatif dengan konsentrasi antara 0,1 sampai 0,3 persen.

Bahan tambahan

  • -DCP (dicalcium Phosphate) mengandung kalsium dan fosfat. -konsentrasi penggunaan 500 gr/ton pakan ternak.
  • -Asam amino methione, konsentrasi penggunaan 1 – 2 kg/ton.
  • -Asam amino lysine, konsentrasi penggunaan 0,25 – 0,5 kg/ton
  • -Choline cloride, konsentrasi penggunaan 0,25 – 0,5 kg/ton
  • -AGP (antibiotic growth promotor), multivitamin, asam amino, mineral, dengan konsentrasi keseluruhan 2 -5 kg/ton
  • -Zeolit dengan konsentrasi 5 kg/ton untuk mengurangi kotoran becek pada ternak.

loading...

Oke detil tentang Cara Membuat Sendiri Pakan Ternak Itik Petelur dan Pedaging Untuk Hemat Biaya Pakan semoga tulisan ini bermanfaat salam

Artikel ini diposting pada label

http://www.agrobisnisinfo.com/2015/09/cara-membuat-sendiri-pakan-ternak-itik.html

No comments