Artikel Baru

Cara Membuat Pakan Bebek Alami

Pakan Bebek Petelur Alami Buatan Sendiri

Hallo, selamat siang, artikel ini akan membawa pembahasan tentang cara membuat pakan bebek alami Pakan Bebek Petelur Alami Buatan Sendiri simak selengkapnya lebih dalam tentang Pakan Bebek Petelur Alami Buatan Sendiri.

Pakan Bebek Petelur Alami Buatan Sendiri

- Banyak peternak bebek yang mencari cara untuk menekan biaya pakan buatan pabrik yang selalu meningkat. Cara menyiasati harga pakan yang terus melambung adalah dengan cara membuat pakan bebek petelur alami buatan sendiri tanpa harus mengurangi gizi dan protein yang terkandung didalamnya. Untuk membuat pakan bebek petelur alami tentu harus bisa menerapkan gizi yang pas pada pakan yang kita buat nantinya.

Sebelum membuat pakan, ada baiknya anda mengetahui jumlah gizi yang di butuhkan bebek setiap harinya, untuk bebek petelur biasanya membutuhkan nutrisi yang besar supaya bisa bertelur rutin setiap hari, pakan juga harus di tentukan dari usia bebek itu sendiri. Untuk masalah gizi dan pakan sudah saya bahas pada artikel yang berjudul cara ternak bebek petelur kering.

Jika anda sudah paham betul akan gizi pada pakan bebek, kini anda saatnya memulai membuat pakan bebek sendiri dengan bahan alami, bahan yang harus anda siapkan antara lain :

Pakan Bebek Petelur Alami Buatan Sendiri

Bahan-Bahan pakan Bebek Petelur

  1. Dedak Halus 30%
  2. Jagung Giling atau halus 40%
  3. Tepung tulang 8%
  4. Minyak Nabati 1%
  5. Suplemen Maks 1%
  6. Bungkil Kedelai 10%

Dalam penerapan nya sangat mudah, anda tinggal mengkalikan presentase bahan bahan di atas dengan jumlah pakan yang ingin kita buat.Misalnya jika anda ingin membuat pakan bebek sebanyak 10kg, maka presentase bahan yang dibutuhkan untuk membuat pakan sebanyak 10kg antara lain : 

  1. Dedak Halus 3 Kg
  2. Jagung giling 4 K
  3. Tepung Tulang 0,8 kg
  4. Minyak nabati 0.1 liter
  5. Bungkil Kedelai 1 kg

Presentase diatas adalah adalah komposisi bahan yang di butuhkan dalam pembuatan pakan bebek petelur sebanyak 1 kg saja, jika anda ingin membuat lebih banyak lagi ya tinggal di kali kan saja. Jika anda sudah menemukan bahan-bahan di atas, maka proses selanjutnya adalah mencampur atau lebih di kenal dengan istilah Mixing. Perlu anda ingat, teknik mencampur pakan yang baik adalah mulai dari yang terkecil dulu, sesudah itu campur dengan bahan porsi nya lebih besar. Tepung tulang dan bungkil kedelai sebaiknya anda campur terlebih dahulu sebelum di masukan ke adonan utama, supaya tercampur rata. 

Jika anda kesulitan dalam mendapat bahan pakan diatas, anda bisa menggantinya dengan bahan lain asalkan gizi yang terkandung didalamnya setara. Bahan yang sering di gunakan untuk pakan unggas adalah bungkil bungkilan, keong sawah, ampas tahu, bekicot, dan cacing. 

Sekian artikel tentang pakan bebek petelur alami yang bisa anda pelajari untuk membuat pakan bebek petelur buatan sendiri tanpa harus membeli pakan buatan pabrik yang harganya selalu naik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Baca juga 

Begitulah detil tentang Pakan Bebek Petelur Alami Buatan Sendiri semoga tulisan ini bermanfaat terima kasih

Artikel ini diposting pada tag cara membuat pakan bebek alami, cara buat pakan bebek alami, cara membuat pakan bebek secara alami,

https://bisaternak.blogspot.com/2017/11/pakan-bebek-petelur-alami-buatan-sendiri.html

No comments