Artikel Baru

Cara Membuat Pakan Ternak Bebek Pedaging

Analisis Bisnis Ternak Bebek Peking Jumlah 100 & 500 Ekor

Hallo, selamat pagi, di kesempatan akan membawa pembahasan tentang cara membuat pakan ternak bebek pedaging Analisis Bisnis Ternak Bebek Peking Jumlah 100 & 500 Ekor simak selengkapnya lebih dalam tentang Analisis Bisnis Ternak Bebek Peking Jumlah 100 & 500 Ekor.

Analisis Bisnis Ternak Bebek Peking Jumlah 100 & 500 Ekor

Bebek peking merupakan jenis bebek pedaging unggulan yang berasal dari negeri China. Dari segi fisiknya, bebek jenis ini memiliki badan yang cukup gemuk dan berbulu putih seperti angsa. Bebek Peking mulai gemar diternakkan oleh para peternak karena memiliki sifat yang lebih tahan terhadap serangan penyakit tertentu. Sehingga dalam pemeliharaannya ternak bebek peking ini tergolong lebih mudah dibandingkan

  1. Kandang Ternak Bebek Peking

Dalam ternak bebek peking, Anda membutuhkan tempat berupa kandang. Pembuatan kandang ternak bebek inicukup mudah, yaitu hanya dengan menggunakan box dan postal atau kandang kayu. Untuk menternakkan sekitar 100 ekor bebek, luas kandang yang diperlukan yaitu 1 x 2 m, jika ternak bebek peking Anda lebih banyak, tinggal gunakan kelipatannya saja.

Pada awal pemeliharaan ternak bebek peking, yaitu pada saat umur bebek dibawah 3 minggu, kandang harus diberi lampu penghangat. Anda dapat memasangkan 2 buah lampu 40 watt di dalam kandang. Kemudian untuk mejaga kotoran bebek tidak tercecer kemana-mana, sebaiknya Anda melapisi lantai kandang dengan jerami atau sejenisnya. Lapisan jerami ini pun harus sesering mungkin Anda ganti, supaya meminimalisir resiko tumbuhnya bibit penyakit dari kotoran bebek.

Analisis Bisnis Ternak Bebek Peking Jumlah 100 & 500 Ekor
Pemeliharaan ternak bebek peking image
Pemeliharaan ternak bebek peking
  1. Pengontrolan terhadap Penyakit

Supaya ternak bebek peking Anda senantiasa sehat, maka Anda harus sesering mungkin mengonterol keadaan ternak bebek peking Anda secara berkala. Berikut beberapa penyakit yang sering menyerang ternak bebek peking dan cara mengatasinya :

a. Berak Kapur

Penyakit berak kapur biasanya ditandai dengan kotoran bebek yang berwarna hijau bercak putih. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhimurium. Untuk mengatasi panyakit tersebut, Anda dapat memberikan Sulfa, Nitrofuran, ataupun antibiotik lainnya dengan dicampurkan ke pakan ternak bebek peking Anda.

b. Bebek/Itik Lumpuh

Penyakit ini disebabkan karena bebek mengonsumsi pakan yang sudah kadaluwarsa atau basi dan terlalu sering berada di tanah yang becek. Untuk mengatasi penyakit tersebut, dapat dilakukan dengan cara menelankan bongkahan kecil es batu pada ternak bebek peking  Anda.

Sedangkan untuk menghindarinya, jangan sekali-kali Anda memberikan pakan yang kadaluwarsa ataupun sudah berjamur, karena pakan seperti itu biasanya ditumbuhi mikroorganisme yang dapat meracuni bebek. Bahkan dapat menyebabkan kelumpuhan pada bebek yang berujung pada kematian.

c. Nafsu Makan Berkurang

Nafsu makan pada bebek yang semakin menurun sangat terlihat jelas, yaitu badan bebek yang terlihat lemas dan pakannya tidak selalu habis. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memberikan air minum sebanyak 1 liter yang dicampurkan dengan prebiotik SOC 2,5 ml dan vitamin.

d. Gangguan Tenggorokan

Gangguan tenggorokan yang dalam ternak bebek peking biasanya disebabkan oleh cacing yang menempel pada tenggorokan. Untuk mengatasinya, Anda harus mengambil cacing tersebut menggunakan pinset dan membuangnya. Kemudian berikan obat Tetrachlor atau obat cacing khusus unggas.

Demikian informasi tentang bisnis ternak bebek peking yang bisa Kami bagikan untuk Anda. Hal yang harus Anda catat dalam  mejalankan bisnis bebek peking ini, sebaiknya Anda ternakkan bebek peking dengan jenis pejantan, karena bebek jantan biasanya memiliki laju pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan bebek betina. Sehingga panen ternak bebek peking menjadi lebih cepat.

Sekian penjelasan perihal Analisis Bisnis Ternak Bebek Peking Jumlah 100 & 500 Ekor semoga artikel ini berfaedah salam

Tulisan ini diposting pada label cara membuat pakan ternak bebek pedaging, cara membuat pakan ternak bebek peking, cara membuat pakan ternak bebek potong,

https://www.infoagribisnis.com/2016/09/ternak-bebek-peking/

No comments