Artikel Baru

Khasiat Kolang Kaling Untuk Osteoporosis

9 Manfaat Kolang-kaling bagi Kesehatan Tubuh
Hi, selamat sore, pada kali ini akan membawakan tentang khasiat kolang kaling untuk osteoporosis 9 Manfaat Kolang-kaling bagi Kesehatan Tubuh simak selengkapnya lebih dalam tentang 9 Manfaat Kolang-kaling bagi Kesehatan Tubuh.

VIVA – Bentuk dan juga teksturnya yang tampak unik membuat kolang-kaling ini sering menjadi pelengkap es ataupun kolak. Kolang-kaling semakin mudah ditemukan ketika memasuki bulan Ramadan.

Di balik rasa dan bentuknya, ternyata buah yang berasal dari pohon enau ini mempunyai kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan mineralnya seperti protasium, iron, kalsium dapat membuat tubuh jadi segar dan mampu memperlancar metabolisme tubuh.

Kandungan gelatin serta vitamin A, B dan C-nya diketahui punya efek baik bagi tubuh manusia. Tingginya kandungan air yang terdapat dalam kolang kaling cukup tinggi, mencapai 94%, ini memberikan efek yang menyegarkan. Penelitian dari Departemen Pertanian menjelaskan beberapa khasiat utama dari kolang kaling bagi kesehatan tubuh. Berikut 9 manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh.

9 Manfaat Kolang-kaling bagi Kesehatan Tubuh

1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat kasar di dalam kolang-kaling yang mencapai 39% sangat baik untuk dapat melancarkan pencernaan. Kandungan serat kolang kaling yang tinggi dan kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat kolang-kaling lebih lama saat dicerna di dalam perut sehingga mampu menekan nafsu makan dan menyimpan energi cukup lama.

Serat dari kolang-kaling yang masuk ke dalam tubuh juga membuat proses pembuangan air besar jadi teratur sehingga mampu mencegah kegemukan ataupun obesitas.

2. Sumber energi

Buah ini juga diketahui mengandung karbohidrat sebagai salah satu sumber energi untuk tubuh. Tak heran jika Anda makan kolang-kaling dalam jumlah yang cukup akan membuat kenyang. Cocok untuk siapa saja yang menerapkan pola diet sehat.

9 Manfaat Kolang-kaling bagi Kesehatan Tubuh

3. Mengatasi Radang Sendi

Penyakit radang sendi ini dapat menyebabkan gejala sakit di bagian lutut setelah Anda berjalan beberapa menit atau disaat menaiki tangga. Kolang-kaling juga dapat dimanfaatkan menjadi obat untuk dapat meredakan radang sendi.

Cukup dengan cara merebus kolang-kaling tanpa memakai gula ataupun pewarna atau dijadikan sebagai manisan dengan memakai tambahan gula batu dan daun pandan ataupun jahe.

Konsumsilah sekitar 100-200 gram kolang kaling sebagai camilan tiap harinya. Kandungan 52,9 % karbohidrat galaktomannannya memberikan efek analgesik ataupun pereda sakit sehingga mampu mengurangi rasa sakit di radang sendi.

4. Menjaga keremajaan kulit dan otot

Kolang-kaling diketahui mengandung gelatin yang cukup mudah dicerna oleh tubuh Anda. Gelatin ini kemudian akan diubah menjadi kolagen yang fungsinya untuk mempertahankan keremajaan kulit, otot, tulang, kuku dan rambut.

5. Menguatkan tulang

Banyak masyarakat sering mengkonsumsi susu sebagai salah satu sumber kalsium mereka. Tapi susu juga mengandung kalori yang tinggi, sehingga dikhawatirkan membuat bobot tubuh jadi bertambah. Jika kegemukan terjadi, maka sendi akan semakin sakit, karena tulang Anda tidak kuat lagi atau berat menyangga tubuh.

6. Mencegah osteoporosis

Di dalam setiap 100 gram kolang kaling mengandung sekitar 91 mg kalsium. Sementara dalam susu sapi murni, setiap 100 gramnya mengandung 125 mg kalsium. Tingginya kandungan kalsium pada kolang kaling ini bisa digunakan sebagai salah sumber kalsium alternatif yang baik selain susu. Tentu saja hal ini membuat kolang kaling baik untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

7. Obat sakit gatal

Getah dari kolang kaling yang masih belum diproses sangat manjur untuk digunakan sebagai obat penyakit gatal-gatal. Ini merupakan manfaat kolang kaling yang jarang diketahui.

8. Makanan diet

Menurut sebuah penelitian, dalam 100 gr kolang kaling ini terkandung sekitar 0,69 gram protein, karbohidrat 4,0 gr, kadar abu sekitar 1 gram dan serat kasarnya 0,95 gram. Kadar air dalam kolang-kaling juga relatif tinggi, yaitu mencapai 94%, sehingga kolang-kaling ini terasa segar saat Anda konsumsi.

Kadar gelatinnya juga cukup tinggi sehingga punya manfaat untuk membantu mempercepat rasa kenyang & mengurangi naf-su makan, sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai jenis makanan diet sehat.

9. Sumber vitamin yang baik

Kolang-kaling memiliki kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Seperti vitamin A, B dan vit C. Vitamin A tentu saja terbukti ampuh untuk dapat memperkuat penglihatan ataupun mata. Sedangkan vit B baik untuk kulit dan juga sel-sel lainnya di dalam tubuh. Untuk vitamin C tentu saja sudah banyak yang tahu tentang khasiatnya, seperti mencegah sariawan, influenza, menjaga tubuh tetap fit dan sebagainya.

Itulah 9 manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh Anda. Dengan rutin mengonsumsinya, Anda bisa mendapatkan khasiatnya, namun tetap jangan berlebihan dalam mengonsumsinya agar tubuh Anda tetap sehat. Jika Anda bosan, ganti saja setiap hari menu berbahan kolang-kalingnya.

Sekian detil perihal 9 Manfaat Kolang-kaling bagi Kesehatan Tubuh semoga info ini menambah wawasan salam

untuk harga alat pengupas buah kolang kaling bisa menghubungi kami. 

{mesin pengupas kolang kaling

Tulisan ini diposting pada kategori

https://www.viva.co.id/vstory/kesehatan-vstory/1193634-9-manfaat-kolang-kaling-bagi-kesehatan-tubuh

No comments