Artikel Baru

Alat Pengasapan Ikan

Alat Pengasapan Ikan

cara pengasapan daging ikan, alat pengasapan ikan, cara pengasapan ikan lele, harga oven pengasapan ikan, alat pengasapan ikan dari drum, jual alat pengasapan ikan sederhana, cara kerja alat pengasapan ikan, drum pengasapan, jenis alat pengasapan ikan.

Indonesia terdiri dari lautan yang luas, untuk menyiasati ikan yang mudah busuk maka pengasapn ikan dibutuhkan agar bisa dikirim ke luar pulau. pengiriman ikan segar tidak sedikit membutuhkan banyak es balok untuk tetap segar dan ini menjadi kendala untuk daerah kepulauan yang kesulitan mencari balok es.

alat pengasapan ikan lele


harga oven pengasapan ikan
Gambar Alat Pengasapan Ikan dan Daging

Spesifikasi Oven Pengasapan Ikan

Oven Ikan Kapasitas 20 Kg
  • Dimensi : 50 x 40 x 80 cm
  • Material rangka : Siku Besi, Sthal Besi
  • Material dinding dalam : Plat Stainless Steel
  • Material dinding luar : Plat Besi* atau Stainless Steel**
  • Material rak : Stainless Steel
  • Pengasap: Kompor LPG atau Tungku asap
  • Kapasitas : 20 kg/Proses
  • Thermokontrol Payung
  • Harga : Rp Call

Oven Ikan Kapasitas 40 Kg
  • Dimensi : 60 x 50 x 100 cm
  • Material rangka : Siku Besi, Sthal Besi
  • Material dinding dalam : Plat Stainless Steel
  • Material dinding luar : Plat Besi* atau Stainless Steel**
  • Material rak : Stainless Steel
  • Pengasap: Kompor LPG atau Tungku asap
  • Kapasitas : 40-50 kg/Proses
  • Thermokontrol Payung
  • Harga : Rp Call

_________________________________________________________________________________________________

Pengasapan Ikan Pantura

Wilayah Pantai Utara Jawa Tengah..begitu kaya keragaman hasil laut. Salah satunya ialah ikan pari serta ikan manyung. Ikan pari serta ikan manyung memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dapat diambil daging serta kulit,dan kepalanya untuk beberapa jenis produk olahan ikan..seperti rambak ikan pari, ikan asin manyung serta yang terpopuler ialah di buat jadi ikan asap. Sebetulnya arah pertama proses dari pengasapan ikan ini ialah untuk pengawetan..supaya ketahanan ikan dapat lebih lama..tetapi di lain sisi..ikan yang di asap ini memiliki rasa serta aroma yang enak. Hingga ikan pari asap ini jadi satu diantara kuliner ciri khas pesisir yang telah populer kelezatannya. 

Di daerah pesisir pantai utara Jawa Tengah..ikan pari serta ikan manyung banyak diproses jadi ikan asap baik secara tradisional maun dengan alat pengasapan ikan. Ikan pari di katakan oleh warga seputar Pantura Jawa Tengah dikenal dengan panggilan Iwak Pe. Sedang ikan Manyung tidak hanya dagingnya yang di asap..kepalanya di buat jadi olahan asap yang di katakan kepala manyung atau di katakan ndas manyung. Ada satu diantara kuliner pesisir di sini yakni Mangut. Masakan mangut ini ialah masakan berkuah santan yang populer pedas, dengan bahan penting ikan pari asap atau iwak pe asap atau ikan manyung asap serta kepalanya ini. Tidak hanya ikan asap, dalam sajian mangut ini juga bisa di lengkapi dengan tempe atau tahu. Tidak hanya rasa-rasanya lebih enak.. kandungan gizinya lebih lengkap. 

Mangut ikan asap..telah jadi sajian satu hari hari warga Pantura. Di Pati ada warung makan yang populer dengan menu mangut ikan asap , baik iwak pe atau iwak manyung. Yang terpopuler ialah olahan kepala manyungnya yang begitu unik..sebab di sediakan berbentuk potongan besar2 serta harga nya tambah mahal dari daging ikan asapnya. Satu bagian kepala manyung asap yang telah dibuat mangut di hargai di antara 15 ribu sampai 30 ribu rupiah bergantung ukurannya. Warung ciri khas mangut itu telah jadi satu diantara arah wisata kuliner juga. 

Bahkan juga sampai Semarang juga hampir tiap warung ciri khas Semarangan dari yang kelas restoran sampai warung tepi jalan seringkali menyiapkan sajian ciri khas pedas ini. Ada pula beberapa warung makan yang spesial jual mangut iwak pe serta manyung ini yang sangatlah populer di Semarang serta telah di menonjolkank beberapa alat serta program wisata kuliner di tv. Di pasar tradisionil banyak juga kita jumpai iwak pe, iwak manyung serta ndas manyung berbentuk telah di asap serta siap masak, jadi kita dapat mengolahnya sendiri di dalam rumah. Ikan ari serta ikan manyung asap bila berbentuk potongan kedua-duanya hampir serupa, tapi tekture rasa-rasanya berlainan, ikan manyung lebih tebal dagingnya serta ikan pari dagingnya lebih tipis, tulangnya empuk serta enak di makan serta memanjang potongan dagingnya, rasa-rasanya lebih lembut. Kedua-duanya sama2 enak dibuat masakan type mangut pedas ini. 

Untuk lebih detilnya..sedikit akan saya bahas ya tentang dua type ikan asap ini satu-satu : 

Ikan Pari 

Ikan pari adalah satu diantara type ikan sumber kekayaan resapi Indonesia yang melimpah serta banyak menyebar di perbagai perairan di Indonesia. Satu diantara habitat terutamanya di Pantai Utara Jawa. Ikan pari termasuk juga kelas Elasmobranchii. Ikan ini diketahui jadi ikan batoid, yakni sekumpulan ikan bertulang riskan yang memiliki ekor seperti cambuk. Ikan pari mempunyai sela insang yang terdapat disamping ventral kepala. Sirip dada ikan ini melebar mirip sayap, dengan bagian sisi depan masuk dengan kepala. Anggota badan begitu pipih hingga sangat mungkin untuk hidup di basic laut. Sisi dari ikan pari yang diproses lewat cara di asap ialah sisi daging serta siripnya, serta di katakan iwak pe..untuk hasil olahan asapnya . 

Saya sendiri sangatlah seringkali masak mangut ikan pari asap / iwak pe ini , tetapi baru mengetahui..bila kandungan gizi iwak pe ini nyatanya banyak sekali serta dapat jadi satu diantara sumber protein yang mungkin..sesudah jelajah gizi membaca beberapa sumber rujukan di internet. Hemm..jadi akan makin rajin dech masak iwak pe asap ini kelak dalam beberapa olahan masakanku. Beberapa faksi telah dapat dibuktikan dengan ilmiah mempelajari kandungan gizi dari iwak pe / ikan pari ini, salah satunya, mencakup ikan pari Burung, pari Mondol, serta pari Mutiara mempunyai kandungan lemak masing- masing sebesar 3,000%; 2,890%; serta 3,090%. Kandungan karbohidrat 2,757%; 2,574%; serta 2,572% sedang kandungan protein kasar semasing ialah 28,187%%; 22,328%; serta 16,935% ( Sumber info : Gladys Ayu Paramita K.W*, Institut Tehnologi Sepuluh Nopember ). 
Nah sudah jelas kan..keterangan mengenai si ikan pari ini..mari saat ini kita nikmati mangutnya..inilah..mangut iwak pe atau ikan pari asap nya..hasil masakanku..mangut iwak pe ini saya imbuhkan tempe bungkus jadi pelengkapnya..rasa-rasanya..sedapp...!..Selamat nikmati..^_^ 

Ikan Manyung 

Ikan manyung biasa dimaksud lele laut sebab termasuk juga type ikan berkumis (Siluriformes). Perbedaannya, manyung tambah lebih besar dari lele air tawar. Sebab berbau amisnya cukup menusuk seperti ikan laut lain, manyung harus diproses dengan resep spesial. Ikan Manjung termasuk juga ordo : Ostariophsyi, Famili : Ariidae, genus : Arius. Bisa dikelompokan jadi ikan demersal besar. Bentuk tubuh memanjang, kepala picak (gepeng), bersungut tiga pasang (dua pasang pada rahang bawah serta satu pasang pada rahang atas). Perisai kepala beralur serta berbintik. Ciri spesial dari ikan ini ialah terdapatnya adipose fin, yakni sirip penambahan berbentuk lemak.Warnanya merah sawo atau merah sawo keabuan sisi atas, putih merah maya-maya sisi bawah. Sisip-siripnya (punggung) ujungnya gelap. Type ikan ini bisa memiliki ukuran besar. Biasanya tertangkap pada ukuran 25-70 cm serta bisa sampai panjang 150 cm. Berat ikan Manyung sekitar di antara 190-4500 gr pada panjang 19,5 - 58 cm, serta 553-5000 gr pada panjang 28-60 cm (Burhanuddin, et al.,1987). Ikan Manyung termasuk juga ikan yang memiliki kandungan protein tinggi yakni 24, 27 persen serta kandungan lemaknya begitu rendah , yakni cuma 1,3 persen, hingga ikan manyung ini begitu bagus untuk di mengonsumsi. 

Ikan manyung ialah ikan laut yang biasa diamankan serta diproses jadi ikan asin yang dimaksud jambal roti. Pemakaian manyung lumayan luas, terutamanya di lokasi Pantai Utara Jawa. Tidak hanya dagingnya jadi ikan asin, seperti dijelaskan awalnya, kepala ikan manyung digulai, di mangut, atau diasap, jadi makanan ciri khas pantai utara Jawa Tengah. Kantung hawa ikan ini diperjualbelikan serta dikonsumsi. Telur manyung bisa dipepes.Tetapi olahan yang terpopuler ialah mangut ikan manyung asap. 

Resep Mangut Iwak Pe (ikan Manyung) Asap Tahu Tempe : 

  • 5 potong daging iwak pe 
  • 200 gr tahu kulit / tempe 
  • 10 buah cabai rawit merah, irislah serong 
  • 10 buah cabai merah, irislah tipis serong 
  • 10 buah cabai hijau, irislah tipis serong 
  • 10 butir bawang merah, irislah tipis 
  • 5 siung bawang putih, irislah tipis 
  • 2 cm kencur, haluskan 
  • 1 cm kunyit, haluskan 
  • 2 lembar daun salam 
  • 2 cm lengkuas 
  • 1 buah tomat hijau, potong potong kecil 
  • 1 papan petai, kupas iris jadi dua 
  • Garam / bumbu kaldu seperlunya 
  • Gula merah 1/2 sendok makan ( sesuai dengan hasrat ) 
  • 800 - 1000 ml santan cair / sedang 

Langkah Membuat : 

Tumis bawang putih serta bawang merah sampai harum, masukan kencur serta kunyit halus dan semua cabai irislah, tumis sampai harum. Masukan santan , serta semua bumbu2 lain, didihkan. Sesudah mendidih input iwak pe serta tahu serta pete. Cicip rasa-rasanya. Sesudah hampir masak masukan potongan tomat hijau. Masak sampai kuah berkurang serta bumbu meresap. Sediakan. 

Cara Penyimpanan Ikan Awetan


Ada yang perlu disimpan dalam suhu rendah, contohnya di freezer (-10° c) atau di kulkas (± 4° c), ada juga yang malah awet jika ada di ruang yang sejuk (15°- 20° c) atau suhu ruangan (25°-28° c). Supaya tidak salah taruh, ketahui langkah taruh ikan awetan di bawah ini. 

1. Ikan beku 

Ikan yang dibekukan dalam freezer dapat bertahan 1-2 bulan, bergantung dari kandungan lemak yang ada di ikan. Semakin tinggi kandungan lemak ikan, usia simpannya semakin pendek. 

2. Ikan asin 

Ikan asin kering yang disimpan di suhu ruangan dapat awet sampai 1 tahun. Bila ingin disimpan di almari es, masukan dalam paket tertutup rapat, ikan dapat bertahan sampai 2 tahun. 

3. Ikan pindang 

Usia simpannya relatif pendek, cuma 1-2 hari di suhu ruangan. Bila disimpan dalam almari es, bisa bertahan sampai satu minggu dalam paket tertutup rapat. Sedang pindang garam serta pindang presto, usia simpannya seputar 1-3 bulan di almari es. 

4. Ikan asap 

Kandungan airnya masih tinggi. Usia simpannya cuma 5-7 hari di suhu ruangan. Jika disimpan di almari es, aman dikonsumsi sampai 3 minggu. 

5. Ikan fermentasi 

Ikan peda yang difermentasi semestinya tidak disimpan di suhu ruangan, tetapi di almari es. Dapat bertahan seputar 1-3 bulan. Sedang bekasam bisa disimpan di suhu ruangan selama tidak lebih dari 3 bulan. 

6. Ikan kaleng 

Ikan kaleng yang belum dibuka kemasannya bisa bertahan di antara 12-24 bulan dalam suhu ruangan. Jika paket telah dibuka, semestinya selekasnya dikonsumsi. 

7. Ikan dalam paket vakum 

Ikan dalam paket vakum yang disimpan di suhu ruangan cuma bertahan 1 hari. Tetapi, bila disimpan dalam kulkas, usia simpannya seputar 1-2 minggu. Bila disimpan di freezer, dapat awet sampai 1 bulan



No comments