Artikel Baru

Cara Membuat Pakan Bebek Dari Dedak

Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Padi Halus dan Kasar

Hallo, selamat pagi, pada kali ini akan menjelaskan mengenai cara membuat pakan bebek dari dedak Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Padi Halus dan Kasar simak selengkapnya lebih dalam tentang Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Padi Halus dan Kasar.

Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak

Tips Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Padi Halus

Makanan lele kali ini kita namakan sebagai jenis pakan alternatif yang sangat bagus buat pertumbuhan lele. Karena kita akan menyediakan berbagai macam kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan dalam budidaya lele secara sederhana.

Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Padi Halus dan Kasar

Beberapa bahan yang harus disediakan membuat pakan lele antara lain:

  1. Dedak 5 kg
  2. Pelet 2,5 kg
  3. Garam 5 sdm dan ikan asin 0,25 k
  4. Air 5 liter
  5. Minyak goreng secukupnya.

Teknik Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak sebagai Jenis Pakan Alternatif

1. Sediakan tempat atau wadah buat menaruh dedak dan bahan lainnya. Baik dedak halus maupun dedak padi kasar dapat disediakan dan di taruh dalam ember.

2. Sebagai bahan tambahan dan campuran akan asupan nutrisinya dapat sobat sediakan pelet untuk melembutkan tekstur dedak halus dan kasar. Pilih jenis pelet yang sudah terkandung 20% dari protein. Untuk mempercepat proses pertumbuhan lele, protein inilah yang bekerja dalam perut lele. 

3. Selanjutnya garam dapat dicampurkan juga ke dalam ember. Fungsi dari garam yaitu untuk mengawetkan sekaligus penjaga nutrisi dari semua bahan-bahan pembuatan pakan ini selama proses pemasakan sehingga tidak rusak nutrisi tersebut. Untuk memperkuat aroma pakan ini, Anda dapat mencampurkannya juga ikan asin bersama semua bahan.

4. Berikutnya bahan berupa minyak goreng sayur dapat kita tambahkan juga bersama bahan lain ke dalam ember. Fungsi minyak ini tak lain untuk menambah aroma pakan agar semakin menyengat dengan tujuan dapat dilahap lele peliharaan Anda. Biasanya jika aroma dan bau ingin semakin kuat, tambahkan minyak secukupnya.

Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Padi Halus dan Kasar

5. Dengan pelan-pelan aduk semua bahan dalam ember ini hingga terlihat bercampur merata. Jangan lupa untuk menambahkan cairan alami berupa air secukupnya, lalu aduk kembali secara pelan-pelan sampai terlihat dan menghasilkan sebuah adonan menjadi kental. 

6. Cara membuat pakan lele dari dedak halus ini Anda tinggal memindahkan adonan pada wadah panci pengukus. Selama sekitar 1 jaman masak dengan cara di kukus adonan tersebut. Jika warnanya berubah menjadi coklat tua, itu pertanda ciri-ciri adonan sudah matang serta sudah tercium bau cukup harum yang dapat kita hirup yang layaknya seperi kue kukus. 

Lalu angkat dan diamkan..

7. Langkah terakhir teknik cara membuat pakan lele dari dedak padi halus ini kita dinginkan di tempat atau wadah yag bawahnya berlubang kecil-kecil dengan tujuan air yang ada di dalamnya dapat keluar. 

Cukup biarkan makanan lele ini selama sekitar 24 jam/semalaman sebelum digunakan untuk diberikan pada lele peliharaan di kolam terpal, kolam tanah, dan kolam beton lainnya.

Demikian inilah langkah-langkah cara membuat pakan lele dari dedak padi halus dan kasar yang dapat Anda amati dan tiru. Semoga berhasil dan bermanfaat dan selamat mencoba membuat pakan alternatif ini.

Sekian pembahasan tentang Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Padi Halus dan Kasar semoga tulisan ini menambah wawasan terima kasih

Artikel ini diposting pada kategori

https://www.infoikan.com/2017/04/cara-membuat-pakan-lele-dari-dedak-padi.html

No comments