Artikel Baru

Cara Pakan Bebek Bertelur

Cara Ternak Entok Cepat Besar Paling Lengkap - Ibnu Asmara

Hohoho, selamat pagi, di kesempatan akan membawa pembahasan tentang cara pakan bebek bertelur Cara Ternak Entok Cepat Besar Paling Lengkap - Ibnu Asmara simak selengkapnya lebih dalam tentang Cara Ternak Entok Cepat Besar Paling Lengkap - Ibnu Asmara.

Cara ternak entok cepat besar sebenarnya sama dengan cara membudidaya unggas yang lainnya seperti budidaya ayam. Entok ini sering juga disebut mentok, yang mana entok ini salah satu jenis unggas yang pemasarannya sudah populer diseluruh wilayah indonesia Indonesia.

Mengapa sangat populer? karena dengan rasa dagingnya yang enak, jara membudidayakannya yang tidak terlalu rumit serta termasuk ladang bisnis yang menjanjikan. Entok sekali bertelur bisa menghasilkan belasan butir telur.

Selain itu sudah banyak restoran yang menyajikan hidangan daging entok. Sehingga permintaan entok pun terus meningkat dan menjadikan berkembangnya para ternak entok. Terdapat  beberapa banyak cara untuk ternak entok cepat besar dan tentu hal tersebut merupakan rahasia yang dimiliki pengusaha ternak entok.

Merupakan hal yang sangat mudah untuk ternak entok cepat besar, apalagi dengan cara yang sudah dari dulu diterapkan menggunakan sistem umbar. berikut ini langkah-langkah untuk ternak entok cepat besar.

Langkah-langkah yang harus diperhatikan

Cara ternak entok cepat besar
pexels.com

Ada beberapa poin yang harus kamu lakukan dalam proses atau cara ternak entok cepat besar, agar pertumbuhan dan daya tahan tubuh entok menjadi stabil. Untuk itu semua mari simak langkah-langkah dibawah ini dari mulai persiapan kandang sampai langkah-langkah selanjutnya

Kandang Entok yang Sehat

Cara Ternak entok cepat besar
nihayaqu.blogspot.co.id

Cara ternak entok cepat besar yang prtama ialah dengan mempersiapkan tempat tinggal atau kandang. Dalam mempersiapkan kandang untuk entok, kamu bisa membuatnya sendiri atau bisa juga membelinya, kalau tidak mau repot-repot membikinnya.

Selanjutnya  tentukanlah lokasinya, Besar atau kecilnya peternakan harus membutuhkan lokasi. Adapun lokasi yang bagus antara lain carilah tempat yang dekat dengan rumah kamu seperti di belakang rumah atau pinggir rumah yaitu dengan cara memanfaatkan tanah kosong disekitar rumah anda.

Yang dimaksudkan agar perkembangannya bisa terkontrol setiap saat, peternakan sebaiknya dijauhkan dari keramaian agar entok bisa tenang, jangan membuatnya dekat dengan jalan atau hindari lalu lalang karena akan membuat entok stres dan lingkungan kandang harus beriklim yang kondusif untuk produktifitas entok.

Tapi kalu beternak entok dengan sekala besar maka membuat kandang harus jauh dari pemukiman warga, karena dikhawatirkan dari bau yang dikeluarkan akan mengganggu masyarakat sekitar.

Buatlah kandang ternak entok yang cukup tinggi dan buat dengan memakai jaring  yang dikombinasikan juga dengan bambu. Maksud dari kandang yang tinggi agar entok tidak dapat lari atau terbang keluar kandang. Selanjutnya usahakan kandang agar tetap dalam keadaan bersih dan untuk kebersihannya terkontrol setiap hari.

Sebuah kandang merupakan tempat untuk beristirahat dan berlindung di malam hari dan juga tempat untuk bertelur. Kandang yang baik bukan sekedar tempat untuk berteduh tetapi juga menjadi tempat penentu produktifitas entok pliharaan kita.

Pakan dan Perawatan Entok

entognusantara.blogspot.co.id

Pakan Entok merupakan kebutuhan terpenting bagi perkembangbiakan entok. Makanan yang berkualitas sangatlah diperlukan agar entok dapat tumbuh secara optimal. Setiap memberikan pakan perlu diberikan asupan nutrisi berupa gizi  atau vitamin agar menghasilkan entok berkualitas. Kita juga harus memperhatikan porsi makan untuk anak atau induk entok. Hal tersebut bermaksud agar tidak salah takaran untuk pemberian pakannya.

Pakan Anak Entok Umur 1-14 Hari

Pakan entok umur 1-14 hari harus mengandung nutrisi dan protein yang sesuai dengan porsi anak entok, sehingga mempercepat pertumbuhan, perkembangbiakan dan sistem kekebalan tubuh juga saluran pencernaan.

Anakan entok membutuhkan asupan ntrisi seperti protein kasar, energi, kalsium, fosfor, dan vitamin. Makanan seperti itu akan didapatkan didalam konsentrat startet (pelet). Jadi  konsentrat starter merupakan makanan terbaik untuk anak entok dengan usia 1-14 hari.

Pakan Anak Entok Umur 15-35 Hari

Entok umur 15-35 dalam kebutuhan pakan lebih sedikit menurun dibandingkan saat berumur 1-14 hari. Pada tahap-tahap pertumbuhan ini anak entok lebih membutuhkan energi, hal ini bermaksud agar pertumbuhan bobot anak entok cepat. Berikan pakan berupa konsentrat yang dapat dicampur dengan dedak, ampas tahu, jagung, dan lainnya.

Pakan Anak Entok Umur 36-40 Hari

Entok umur 36-60 hari, cenderungnya entok lebih membutuhkan vitamin dan mineral dengan jumlah yang besar karena untuk menjaga kesehatan dan rangka entok tetap baik. Biasanya pada umur ini peternak bisa mengkombinasikannya sendiri jenis pakan yang mau diberikan untuk entok. Biasanya terdiri dari  ikan runcah, bekatul, menir, enceng gondok, keong, ampas tahu, dedak, nasi aking dll.

Vaksinasi Entok

cara ternak entok cepat besar
petrafarm.blogspot.co.id/

Cara ternak entok cepat besar yang selanjutnya yaitu memberikan vaksinasi kepada entok dan juga meri. dengan pemberian vaksinasi ini, Anda akan lebih memperhatikan tingkat kesehatan entok dan meri yang sedang diternak. Tujuan pemberian vaksin ini adalah agar meri dan entok yang kita pelihara kebal dari serangan semua penyakit.

Walaupun daya tahan entok lebih baik daripada bebek, tapi pemberian vaksin sangat penting agar lebih terjaga dari serangan penyakit apapun, pilek adalah penyakit yang sering menyerang entok. Satu-satunya virus yang mudah menyerang meri dan entok adalah flu dan pilek, vaksin vitachicks bisa dijadikan sebagai pilihan.

Cara ternak entok cepat besar yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah dengan memberikan campuran konsentrat startet pada makanannya. agar nafsu makan meri atau entok stabil, dan disarankan juga dalam menyediakan makanan untuk entok atau meri tanpa mencampurnya dengan air. dengan cara itu berat badan dan pertumbuhan akan semakin meningkat dan cepat bertelur.

Pakan Entok Agar Cepat Bertelur

Cara ternak entok cepat besar
wismaputra27.blogspot.co.id

hal yang paling penting agar entok kamu cepat bertelur adalah makanan, kamu harus memperhatikan protein maupun nutrisi dalam pemberian pakan entok, salah satu penyumbang protein dalam pemberian pakan entok antara lain adalah keong sawah. keong jenis ini banyak ditemui di persawahan.

Bukan hanya keong sawah sebagai kandungan protein dalam pakan entok, bekicot juga salah satu sumber protein yang tak kalah besar, tapi dari kedua hewan tersebut lebih baik kamu mengolahnya dahulu, misal bekicot kamu bisa jadikan tepung bekicot sebelum kamu memberikanya pada entok.

berikut 3 faktor supaya entok anda cepat bertelur.

  • Makanan

    Dari segi makanan sudah diterangkan di atas, intinya makanan yang mengandung protein tinggi memperbaiki reproduksi telur sehingga entok kamu akan bertelur banyak dan lebih baik.
  • Lingkungan

    Lingkungan yang sesuai juga menjadi penyebab bagaimana entok cepat bertelur, usahakan lingkungan sekitar kondusif. habitat entok sebenarnya berupa darat dan air, jadi usahakan agar kandang atau lingkungan entok kamu lengkapi dengan kolam biar menjaga entok tidak stress.
  • Obat/Vitamin

    Kamu juga bisa memberikan obat obatan  atau vitamin yang bisa membuat entok kamu cepat bertelur,

Penanganan Penyakit Pada Entok

peternakbebekunggul.blogspot.co.id

Yang perlu diperhatikan dalam budidaya entok adalah dalam persoalan pengendalian dan penanganan serangan penyakit. Adapun jenis-jenis penyakit yang berpotensi menyerang entok antara lain fowl pox, coccidiosis, fowl cholera,  avian influenza, botulismus, avian chlamydiasis, dan sallmonellosis.

Walau cukup banyak macam penyakit yang berpotensi menyerang kesehatan entok tapi jangan takut karena entok cukup tahan terhadap serangan penyakit. Kunci pengendalian dalam beternak entok adalah dengan memperhatikan masalah sirkulasi dan sanitasi di lokasi kandang, kesehatan pakan dan  kebersihan, serta waspada terhadap kondisi lingkungan sekitar.

Pencegahan penyakit pada entok juga dapat dilakukan menggunakan vaksinasi dan pemberian antibiotik misal Sulfadimidin, Furasolidine, Tetramysin, Spreptomycin, dan Oxytetrasiklin.

Dalam ternak entok juga menghadapi tantangan dari predator alami, selain dari penyakit yang disebabkan oleh virus  dan bakteri seperti yang tertera di atas. kamu harus mengetahui bahwa anak entok juga terkena ancaman kematian dari serangan musang, tikus, ular, dan burung elang. Maka dari itu pastikan kandang entok dapat melindunginya dari pemangsanya.

Membuat pakan entok murah

Cara ternak entok cepat besar
countrysidenetwork.com

Menurut Dr. Elly Tugiyati,MP (Dosen peternak yang mendalami itik) pakan yang baik itu pakan yang ternak suka. Kita mesti pintar-pintar mengelabui entok dengan asupan pakan lain yang tetap bergizi tinggi sesuai kebutuhan entok. Dr. Elly juga membuat campuran sendiri yang diterapkan dalam penelitiannya.

Bahan-bahan untuk membuat pakan adalah dedak, jagung giling, topmix, minyak, dan asam amino (lisin dan metionin). Untuk cara membuatnya pun mudah hanya dengan cara mencampurkan semua bahan-bahannya di satu wadah/tempat. Pakan alternatif sudah jadi dan siap diberikan kepada entok. Cara pemberiannya jangan lupa dicampur air dengan perbandingan 1 berbanding 1.

Sekian detil mengenai Cara Ternak Entok Cepat Besar Paling Lengkap - Ibnu Asmara semoga info ini berfaedah terima kasih

Artikel ini diposting pada label cara pakan bebek bertelur, cara membuat pakan bebek petelur organik, cara memberi pakan bebek petelur yang baik,

https://www.ibnuasmara.com/ternak-entok-cepat-besar/

No comments