Artikel Baru

Membuat Pakan Bebek Pedaging

Cara Membuat Pakan Alternatif Entok Pedaging | Fauna.ID

Hallo, bertemu kembali, di kesempatan akan membawakan tentang membuat pakan bebek pedaging Cara Membuat Pakan Alternatif Entok Pedaging | Fauna.ID simak selengkapnya lebih dalam tentang Cara Membuat Pakan Alternatif Entok Pedaging | Fauna.ID.

Cara Membuat Pakan Alternatif Entok Pedaging | Fauna.ID

Cara membuat pakan alternatif entok sendiri – Beternak tak mungkin lepas dengan namanya pakan karena sebagai penentu berapa hasil dari ternak entok yang bisa diperoleh, entah itu baik buruknya hasil berdasarkan dari penentuan makanan yang disediakan kepada binatang tersebut.

Jadi ada baiknya jangan asal-asalan menyediakan pakan kepada binatang ternak.

Satu hal yang dapat menentukan kelancaran usaha ternak entok ialah kesehatan hewan ternak itu sendiri. Ada beragam penyakit menular untuk entok, tetapi penyakit tersebut dapat dialami karena faktor makanan kurang higienis.

Cara Membuat Pakan Alternatif Entok Pedaging | Fauna.ID

Sehingga pastikan selalu menyediakan pakan entok yang bagus, meski tidak terlalu berkualitas tidak jadi persoalan, asalkan nutrisi pada tetap berkecukupan.

Kebanyakan para pemilik ternak menunjukkan rasa pusing dengan harga pakan entok buatan pabrik atau konsentrat karena harga yang ditawarkan terus melambung, tak sesuai dengan pemasukan yang diperoleh.

Karena hal ini banyak para pemilik ternak mulai berpikir keras menemukan metode agar dapat memperoleh harga pakan entok berharga miring dengan bermutu terbaik. Dengan hal tersebut maka para pemilik ternak bisa memperoleh hasil imbang antara pemasukan dan pengeluaran.

Makanan Entok Paling Murah

cara-membuat-pakan-alternatif-entok-sendiri

Salah satu metode untuk cara meracik atau membuat pakan entok alternatif agar cepat besar ialah mengoplos atau mencampur. Lalu bagaimana cara meraciknya dan apa saja bahan yang dibutuhkan?.

Pada umumnya memberi pakan entok tidak terlalu sulit, tak harus bermutu terbaik. Entok hanya diberi nasi aking aja telah mampu hidup dan berkawin, diberi dedak lembut di campur nasi bisa juga sehat.

Tetapi lebih bagusnya menambahkan lebih bayak bahan yang dapat meningkatkan gizi bagi . pemberian pakan juga ada dosisnya, dan usianya.

Bahan yang dibutuhkan

  • Jagung kira-kira 2kg,
  • Dedak / katul 5kg,
  • Ampas tahu 8kg,
  • konsentrat petelur entok buatan pabrik 1kg

Cara pembuatan Pakan Alternatif Entok Paling Murah

  1. Aduk seluruh bahan di atas terpal tahan air sampai benar benar merata.
  2. Gunakan cara kombinasi antara satu dengan bahan lainnya sampai tercampur merata.
  3. Pastikan racikan dalam kondisi kering tidak tercampur air. Bila bahan dirasa masih berair akibat terkena ampas tahu, tambahlah dedak lembut sedikit demi sedikit sampai nampak kering.
  4. Bila bahan sudah tidak berair pastikan saat di di kepal tidak hancur.
  5. Agar lebih berkualitas lagi tambahlah probiotik pada racikan pakan tersebut kira kira segelas saja.

3. Jerami

Pada usaha pembudidayaan binatang pemakan rumput semacam sapi atau kambing, proses fermentasi jerami tidak memerlukan banyak proses. Tetapi dalam usaha pembudidayaan unggas seperti entok, ayam ataupun bebek.

Untuk cara membuat pakan entok sendiri agar cepat besar menggunakan proses fermentasi jerami dengan em4 memerlukan proses lebih rumit. Ini berguna untuk memperoleh pakan alternatif yang gampang tercerna. Yaitu dengan menjadikannya menjadi tepung jerami setelah proses fermentasinya selesai, selanjutnya dapat digabung dengan bahan alternatif lainnya

Begitulah penjelasan tentang Cara Membuat Pakan Alternatif Entok Pedaging | Fauna.ID semoga tulisan ini berfaedah terima kasih

Artikel ini diposting pada label membuat pakan bebek pedaging, cara buat pakan bebek pedaging, cara membuat pakan bebek pedaging murah,

https://www.fauna.id/pakan-alternatif-entok/

No comments