Artikel Baru

Khasiat Kolang Kaling

Khasiat Kolang-kaling untuk Kesehatan | Dream.co.id
Hohoho, berjumpa kembali, di kesempatan akan dibahas tentang khasiat kolang kaling Khasiat Kolang-kaling untuk Kesehatan | Dream.co.id simak selengkapnya lebih dalam tentang Khasiat Kolang-kaling untuk Kesehatan | Dream.co.id.

Kandungan gelatin, vitamin A, B dan C diketahui memiliki efek baik bagi tubuh. Tingginya kandungan air dalam kolang-kaling sebesar 94% memberikan efek menyegarkan.

Dream - Bentuk dan teksturnya yang unik membuat kolang-kaling menjadi pelengkap es atau kolak. Kolang-kaling semakin mudah ditemui saat memasuki bulan Ramadan.

Di balik rasa dan bentuknya, ternyata buah dari pohon enau ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh.

Kandungan gelatin, vitamin A, B dan C diketahui memiliki efek baik bagi tubuh. Tingginya kandungan air dalam kolang kaling yakni mencapai 94% memberikan efek menyegarkan. Penelitian Departemen Pertanian menunjukkan beberapa khasiat utama kolang kaling bagi kesehatan tubuh.

Mengatasi Radang Sendi

Penyakit radang sendi menyebabkan gejala sakit di lutut setelah berjalan beberapa menit atau ketika menaiki tangga. Kolang-kaling dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan radang sendi.

Cukup dengan merebus kolang-kaling dimasak dengan cara direbus tanpa menggunakan gula atau pewarna atau dijadikan manisan dengan menggunakan tambahan gula batu dan daun pandan atau jahe. Konsumsi sekitar 100-200 gram kolang-kaling sebagai camilan setiap harinya. Kandungan 52,9% karbohidrat galaktomannan memberikan efek analgesik atau pereda sakit sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada radang sendi.

Khasiat Kolang-kaling untuk Kesehatan | Dream.co.id

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat kasar dalam kolang-kaling mencapai 39% dan baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dan kandungan karbohidrat yang tinggi menjadikan kolang-kaling lebih lama dicerna dalam perut sehingga dapat menekan nafsu makan dan menyimpan energi lebih lama. Serat kolang-kaling yang masuk ke dalam tubuh membuat proses pembuangan air besar teratur sehingga dapat mencegah kegemukan atau obesitas.

Memperkuat Tulang

Banyak masyarakat mengkonsumsi susu sebagai sumber kalsium. Tapi susu mengandung kalori tinggi, sehingga dikhawatirkan bobot tubuh bertambah. Bila kegemukan terjadi, maka sendi semakin sakit, karena tulang tidak kuat menyangga tubuh.

Dalam setiap 100 gr kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Sementara pada susu sapi murni, setiap 100 gr susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium. Tingginya jumlah kalsium pada kolang-kaling ini dapat digunakan sebagai sumber kalsium alternatif selain susu.

Makanan Diet

Menurut penelitian, dalam 100 gram kolang-kaling terkandung 0,69 gram protein, karbohidrat 4,0 gram, kadar abu 1 gram, dan serat kasar 0,95 gram. Kadar air kolang-kaling relatif tinggi yakni mencapai 94%, sehingga kolang-kaling terasa segar saat dikonsumsi.

Kadar gelatin yang dimiliki juga cukup tinggi sehingga memiliki manfaat membantu mempercepat rasa kenyang, menghentikan nafsu makan sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet sehat.

Begitulah penjelasan mengenai Khasiat Kolang-kaling untuk Kesehatan | Dream.co.id semoga artikel ini bermanfaat terima kasih

Khasiat Kolang-kaling untuk Kesehatan | Dream.co.id

untuk info alat pengupas buah kolang kaling bisa menghubungi kami. 

{mesin pengupas kolang kaling

Tulisan ini diposting pada label khasiat kolang kaling, khasiat kolang kaling untuk asam urat, khasiat kolang kaling untuk diabetes,

https://www.dream.co.id/fresh/khasiat-kolang-kaling-untuk-kesehatan-140723s.html

No comments