Artikel Baru

Manfaat Yang Terkandung Dalam Kolang Kaling

8 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Tak Hanya Menyegarkan
Hohoho, selamat malam, sesi kali ini akan membahas tentang manfaat yang terkandung dalam kolang kaling 8 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Tak Hanya Menyegarkan simak selengkapnya lebih dalam tentang 8 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Tak Hanya Menyegarkan.

Bola.com, Jakarta - Kolang kaling adalah biji dari tanaman aren. Kolang kaling selama ini biasanya digunakan sebagai bahan campuran minuman es buah.

Kolang kaling ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Memiliki tekstur kenyal dan lembut, kolang kaling juga memiliki rasa manis.

Kolang kaling mudah ditemui di negara-negara Asia Tenggara. Dilansir dari laman DokterSehat, kolang kaling kaya klaium, zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga gelatin.

Kolang kaling memiliki kandungan air cukup tinggi. Kandungan air yang ada di dalam kolang kaling sekitar 93 persen.

Nutrisi di dalam kolang kaling bagus untuk kesehatan dan membuat tubuh menjadi sangat segar. Kolang kaling mampu mengurangi nyeri sendi dan memiliki sifat antiaging (antipenuaan).

Untuk mendapatakan manfaatnya, kolang kaling harus melalui proses pembakaran untuk menghilangkan getah yang bisa menyebabkan gatal-gatal. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/3/2020), manfaat yang diberikan kolang kaling untuk kesehatan tubuh Anda. 

1. Antiaging

Kolang kaling dipercaya mampu mencegah penuaan karena memiliki sifat antiaging. Menurut jurnal Pharmacognosy Research, kandungan galactomannan dalam kolang kaling membantu proses penghambatan tirosinase lebih dari 50 persen.

Kandungan tirosinase dalam kolang kaling berguna memberikan pigmen berwarna pada kulit Anda. Sifat antiaging pada kolang kaling membantu melawan radikal bebas pemicu penuaan dini.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kolang kaling memiliki manfaat memperlancar sistem pencernaan tubuh Anda. Kolang kaling mengandung sekitar 1,6 gram serat kasar per 100 gram.

Serat kasar pada kolang kaling mampu mendukung sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses. Serat kasar pada kolang kaling tidak larut dalam air yang bermanfaat mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit.

Kandungan galactomannan pada kolang kaling dipercaya dapat memengaruhi kadar serat pangan. Serat pangan mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh Anda.

Serat pangan di dalam kolang kaling dapat mengurangi risiko penyakit hati, stroke, hipertensi, diabetes, dan obesitas.

3. Mengatasi Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang Anda menurun yang membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.

Kolang kaling memiliki 91 kalsium dan 243 fosfor per 100 gram di dalamnya. Kandungan fosfor dan kalsium pada kolang kaling mampu menjaga kesehatan dan tulang menjadi lebih kuat.

4. Mencegah Dehidrasi

Kadar air yang terkandung di dalam kolang kaling relatif tinggi. Kolang kaling mampu membantu tubuh Anda terhindar dari dehidrasi.

Selain kandungan air yang cukup tinggi, kolang kaling memiliki kandungan lain seperti vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Dehidrasi adalah kondisi tubuh kehilangan banyak cairan daripada yang didapatkan.

Namun, mengonsumsi kolang kaling secara berlebihan berisiko membuat Anda mengalami obesitas, dan penyakit kronis lainnya.

5. Menurunkan Berat Badan

Kolang kaling dipercaya memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Dalam penelitian, dalam 100 gram kolang kaling terkandung 0,69 protein, 4 gram karbohidrat, 0,95 serat kasar, dan 1 gram kadar abu.

Kolang kaling bisa membantu mempercepat rasa kenyang dan mengatur nafsu makan Anda. Kadar gelatin yang cukup tinggi di dalam kolang kaling cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

6. Mengobati Radang Sendi

Sifat antianalgesik pada kolang kaling bisa menjadi opsi obat meredakan penyakit radang sendi. Kandungan galaktomannan dalam kolang kaling bermanfaat mengurasi rasa sakit pada radang sendi.

Penyakit radang sendi menyebabkan gejala sakit pada sendi Anda dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda bisa mendapatkan manfaat dari kolang kaling dengan mengonsumsi 100 gram kolang kaling yang direbus tanpa campuran warna dan gula.

7. Mencegah Anemia

Kolang kaling memiliki kandungan zat besi. Zat besi dalam kolang kaling merupakan komponen dari hemoglobin.

Komponen hemoglobin memiliki fungsi memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah tubuh Anda. Mengonsumsi kolang kaling mampu mencukupi kadar zat besi yang di butuhkan di dalam tubuh Anda.

Jika Anda mengonsumsi kolang kaling dapat mencegah risiko anemia.

8. Menjaga Imunitas Tubuh

Kolang kaling kaya akan berbagai macam nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan seperti zat nesi, zink, kalium, dan kalsium ada dalam kolang kaling.

Kandungan yang ada di dalam kolang kaling bermanfaat membantu proses metabolisme dalam sel-sel tubuh Anda.

Berita video cerita singkat soal kedekatan gitaris The Beatles, George Harrison, dengan dunia balap Formula 1.

Oke pembahasan tentang 8 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Tak Hanya Menyegarkan semoga info ini bermanfaat terima kasih

untuk beli alat pengolah buah kolang kaling bisa menghubungi kami. 

{mesin pengupas kolang kaling

Artikel ini diposting pada label

https://www.bola.com/ragam/read/4195534/8-manfaat-kolang-kaling-untuk-kesehatan-tak-hanya-menyegarkan

No comments