Artikel Baru

Manfaat Kolang Kaling Apa Aja

7 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Buah Populer Saat Puasa
Hohoho, selamat malam, sesi kali ini akan membahas tentang manfaat kolang kaling apa aja 7 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Buah Populer Saat Puasa simak selengkapnya lebih dalam tentang 7 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Buah Populer Saat Puasa.

Jakarta - Selain buah kurma, hidangan untuk kesehatan:

1. Tinggi kalsium

7 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Buah Populer Saat Puasa

Pakar teknologi pangan Roy Sparringa mengatakan kolang kaling sangat kaya kandungan fosfor dan kalsium. Kedua nutrisi tersebut dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi serta tulang agar tidak mudah keropos.

"Tetapi yang paling penting serat, kandungan fosfor, zat besi dan kalsium juga ada," kata mantan kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ini beberapa waktu lalu.

2. Redakan nyeri sendi

Kandungan glukosamin pada kolang kaling juga dipercaya dapat membantu keluhan nyeri sendi. Glukosamin sendiri adalah senyawa yang disebut beberapa ahli penting untuk menjaga struktur tulang rawan.

7 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Buah Populer Saat Puasa

Namun dijelaskan oleh dr Karina Besinga, SpOT(K) dari RS Siloam Kebon Jeruk, anggapan itu belum memiliki bukti ilmiah. Bukan berarti tidak boleh dimakan, tetapi tidak perlu berlebihan hanya karena klaim yang belum teruji secara ilmiah.

"Sampai dengan saat ini memang tidak ada bukti research. Tetapi saya tidak pernah bilang salah makan kolang kaling, saya selalu mengembalikan ke pasien," ujar dr Karina.

3. Cegah penuaan dini

Sebagai buah yang kaya antioksidan, beberapa studi melihat kolang kaling memiliki efek mencegah terjadinya penuaan dini. Ini karena antioksidan dalam kolang kaling menjaga sel tubuh kita agar tidak rusak akibat radikal bebas.

"Kolang-kaling telah diteliti memiliki kandungan zat yang berguna sebagai antioksidan dan anti-aging. Sebagai suplemen makanan dapat saja bermanfaat untuk kesehatan tulang dan sendi, namun untuk dapat digunakan sebagai pengobatan, masih memerlukan penelitian antara lain terkait pengujian terhadap manusia dan dosis yang diberikan," tutur dr Andri Primadhi, SpOT dari Divisi Foot and Ankle Departemen Ortopedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

4. Tingkatkan daya tahan tubuh

Roy menjelaskan kalau kolang kaling juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena zat dominan dalam kolang kaling yakni karbohidrat dalam bentuk galaktomanan.

"Galaktomanan ini bisa menghambat menempelnya pathogen seperti salmonella. Tak bisa dicerna oleh manusia tapi bermanfaat bagi manusia," kata Roy.

5. Aman bagi pasien diabetes

Ahli gizi Mochamad Aldis Rusliadi, SKM, menyebut kolang kaling sebagai hidangan berkalori rendah. Oleh karena itu konsumsi kolang kaling selama tidak berlebihan dinilai baik bagi pasien diabetes dalam mengendalikan gula darahnya.

"Jadi aman buat diabetesi asalkan balik lagi tadi, pengolahannya bukan menjadi kolak tinggi gula dan lemak atau sirop tinggi gula ya," tutur Aldis.

6. Untuk diet

Menurut nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, buah kolang kaling bisa dimanfaatkan sebagai alternatif cemilan sehat untuk menurunkan berat badan. Alasannya karena kandungan karbohidratnya hanya 11g/100g dan tinggi serat.

"Buat nurunin berat badan sebagai cemilan sehat bisa. Tapi bukan berarti makan kolang kaling lalu bisa turun berat badannya kayak minum obat, itu nggak bisa," tutur lulusan University of Sydney ini.

7. Redakan panas dalam

Jika ditilik dari kandungan gizinya, tambah Victoria, selain untuk diet kolang kaling sebetulnya juga memiliki kadar air yang sangat tinggi sehingga baik untuk melancarkan kerja saluran cerna serta meredakan panas dalam.

(fds/up)

Sekian detil mengenai 7 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Buah Populer Saat Puasa semoga tulisan ini bermanfaat salam

untuk beli alat press buah kolang kaling bisa menghubungi kami. 

{mesin pengupas kolang kaling

Artikel ini diposting pada kategori

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4547640/7-manfaat-kolang-kaling-untuk-kesehatan-buah-populer-saat-puasa

No comments