Artikel Baru

Mesin Pengolahan Sagu Modern Terbaru 2020

Mesin Pengolahan Sagu Terbaru 2020


mesin pengolahan sagu, mesin pemarut sagu, mesin pemeras sagu, mesin oven pengering sagu, pengayak tepung sagu. Mesin pengolahan ini dirancang untuk industri sagu modern, dimana tahap pembuatan tepung dimulai dari pengambilan sagu dari batang yang nantinya diolah secara modern dengan mesin.


A. Mesin Pemarut Sagu Kombinasi Pemeras Sagu

Spesifikasi Mesin Parut Sagu dan Pemeras Ampas Sagu

Tipe                                     : KM-PSG01
Dimensi                               : 2000x 800x1300 mm
Material Rangka                  : Siku Besi 50/50
Material Pemarut                 : Besi
Material Corong Pemarut    : Besi atau Stainless
Material Pengayak               : Stainless Steel
Roll Parut                             : Besi
Diameter Roll Parut             : 10 inchi
Pengerak Pemarut                : Dinamo 2 HP 1 Phase / Engine Bensin 5,5 HP
Pengerak Pengayak              : Dinamo 1/2 HP 1 Phase
Kelengkapan                         : Bak Pengendapan 3 Buah
Ukuran Bak                          : 1200 x 300 x 300 mm

B. Mesin Pemeras Sagu 

Mesin ini berfungsi untuk memeras sagu yang telah diparut kasar untuk diambil sari tepung sagunya.

Mesin Pemeras Jahe

Spesifikasi Mesin Pemeras Sagu

Spesifikasi
Tipe                             : Screw Press
Dimensi                       : 900 x 600 x 1000 mm
Pengerak                      : Motor Bensin 5,5 HP
Material Pemeras        : Stainless Steel
Material Rangka         : Siku Besi
Material Corong         : Stainless Steel
Transmisi                    : Gear Box, Pulley Dan V-Belt
Kapasitas                     : 30-40 kg/jam


C. Mesin Oven Pengering Tepung Sagu

Mesin oven ini berguna untuk mengeringkan saripati sagu hasil pemersan sagu kasar.

alat pengering kerupuk

Spesifikasi Mesin Oven Pengering Tepung Sagu

Spesifikasi Tipe           : Sirkulasi Heat Tanduk Rusa
Pintu                           : 1 Pintu
Dimensi                       : 600 x 500x 900 mm
Pemanas                      : LPG
Daya                            : 250 watt
Sistem                         : Cabinet
Jumlah rak                   : 4 rak
Ukuran Rak                 : 50 x 40 cm
Material Penahan Panas : Glaswool
Dinding Dalam           : Stainless Steel
Dinding Luar              : Mild Steel
Material Rak               : Screen Stainless Steel
Kapasitas                    : 8-15 kg/proses (tergantung komoditi)
Thermokontrol Otomatis

D. Mesin Pengayak Tepung Sagu

Mesin pengayak tepung ini memisahkan tepung kasar dengan tepung halus dengan cara diayak berdasarkan mesh saringan pengayak.

Mesin Pengayak Tepung - Harga Ayakan Tepung Sagu
Gambar Mesin Pengayak Tepung Sagu


Spesifikasi Pengayak Tepung Sagu

  • Kapasitas                 : 20-30 kg/jam
  • Penggerak                : Dinamo 1/2 HP
  • Dimensi                   : 900 x 900 x 1200 mm
  • Material Pengayak   : Stainless Steel
  • Material Tabung       : Stainless Steel
  • Material Cover        : Plat Besi
  • Material Corong      : Plat Besi
  • Diamater                 : 750 mm
  • Rangka Mesin         : Siku Besi
  • Transmisi                 : V-belt Dan Pulley
  • Jumlah Per              : 8 buah




_________________________________________________________________________________

Sagu Khas Maluku


Sagu ialah makanan inti buat masyarakat Indonesia yang tinggal di sejumlah besar lokasi Indonesia Timur. Dari mulai Maluku, Papua, bahkan juga Nusa Tenggara biasanya kenal sagu dalam susunan menu makanan penting masyarakat aslinya. Sagu sendiri sebetulnya datang dari tepung yang didapatkan dari batang pohon sagu (Metroxylon sagu Rottb.) yang memiliki bentuk mirip pohon palma. Biasanya pohon sagu tumbuh di tepian sungai atau lokasi dengan kandungan air yang cukuplah tinggi seperti rawa. Pohon sagu bisa tumbuh sampai sampai 30 mtr. serta dari satu pohon beberapa petani sagu bisa membuahkan 150-300 kg bahan baku tepung sagu. 

Untuk memperoleh tepung sagu yang berkualitas, biasanya warga Indonesia Timur mencari sendiri sampai ke hutan-hutan. Tetapi buat mereka yang telah tinggal di perkotaan, sagu begitu gampang diketemukan di pasar-pasar. Dengan tradisionil, warga Indonesia Timur yang tinggal di pelosok masih tetap lakukan produksi sagu sendiri. Mereka umumnya mencari pohon-pohon sagu berkualitas sampai ke pedalaman sungai serta pelosok rawa-rawa. 

Buat warga Maluku, khususnya yang tinggal di daerah pesisir, Sagu adalah makanan inti yang begitu gampang diproses serta diketemukan. Umumnya mereka lebih suka pada sagu dibanding beras untuk jadikan makanan inti mereka. Akan tetapi, untuk memproses batang pohon sagu jadi tepung sagu serta olahan yang lain bukan proses yang simpel. Proses yang dilewati cukuplah susah serta mempunyai tingkatan tentu. 

Seseorang petani sagu umumnya mulai pergi mencari pohon sagu yang berkualitas semenjak pagi hari seputar jam 07.00. Sang petani biasanya mempunyai perahu sendiri untuk sampai daerah perairan yang susah diraih lewat jalan darat. Dalam pilih pohon sagu yang berkualitas, petani sagu cukuplah memerhatikan batang sagu yang mempunyai diameter lumayan besar serta kelihatan kuat. Makin besar batang pohon sagu, bermakna makin tua usia pohon itu serta diyakinkan mempunyai kualitas sagu yang baik. Meskipun terlihat gampang, tetapi sang petani harus tetap mengecek kualitas batang sagu itu sebab kondisinya harus fresh tanpa pembusukan sedikitpun. 

Sesudah mendapatkan batang sagu yang berkualitas, petani sagu umumnya akan mulai penebangan pohon sagu. Sesudah itu, batang itu akan dipotong-potong jadi bagian-bagian, dipisahkan dari kulit luarnya serta diambil sisi daging batangnya. Sisi dalam yang berupa daging berikut yang bisa menjadi tepung sagu nanti. Sisi dalam batang yang baik biasanya berwarna putih dengan serat-serat coklat muda. 

Daging batang itu nanti akan digerus dengan memakai mesin sampai jadi tepung. Proses ini akan dikerjakan dengan berulang sampai 2-3 kali sampai memperoleh tepung yang betul-betul halus. Tidaklah sampai disana, tepung itu juga harus lewat proses penyaringan serta pengendapan sepanjang tadi malam. Sisi paling akhir hasil saring itu yang bisa menjadi tepung sagu murni dengan kualitas terbaik serta siap untuk di jual atau diproses jadi sagu batangan. 

Warga Maluku umumnya memproses sagu jadi beberapa macam makanan inti, yang populer ialah papeda dengan struktur yang kental seperti lem. Diluar itu, ada type makanan sagu bakar, di mana tepung sagu dipanaskan sampai menyatu serta berupa seperti roti. Makanan ini umumnya dipakai menjadi camilan sore hari atau sarapan dengan pelengkap teh atau kopi panas. Banyak makanan yang bisa dibuat dari olahan sagu sebab sagu begitu gampang diproses, mengenyangkan serta kaya beberapa zat yang menyehatkan badan. Sagu mempunyai kandungan karbohidrat cukuplah tinggi, tetapi begitu rendah gula serta lemak hingga begitu pas buat pasien diabetes. 

Sagu ialah satu diantara banyaknya makanan asli nusantara yang mempunyai kualitas tinggi. Kekuatan ini semestinya bisa lebih di kembangkan sebab sagu dapat jadikan menjadi cadangan makanan inti jika satu waktu kelak persediaan beras tipis. Sagu sampai kini tidak kebanyakan diketahui, tetapi tidak hanya menyehatkan sagu nyatanya begitu gampang untuk diproses jadi beberapa type makanan. [sumber : IndonesiaKaya]



Perbedaannya Tepung Sagu  dan Tepung Tapioka


Pengolahan sagu dan tapioka, Anda mungkin seringkali bingung waktu temukan bungkus tepung di dapur. Sesaat yang diingat cuma sempat beli tepung sagu serta tapioka. Duh, yang manakah tepung sagu serta yang manakah tepung tapioka ya? 

Mungkin anda pun bingung dalam memperbedakan ke-2 tepung itu. Memang dari penampilan dikit susah untuk membedakannya. Tetapi ke-2 tepung ini jelas sekali berlainan. Yuk, baca ciri serta bedanya berikut ini, agar tidak salah gunakan. 

1. Bahan asal 

Tepung sagu serta tapioka saling kelompok ‘pati’ yang bermakna bebas gluten. Pas dikonsumsi buat yang berdiet gluten-free atau menanggung derita celiac disease. Walau serupa, butuh diingat jika kedua-duanya berasal berbahan yang berlainan. 

Tepung sagu terbuat dari pohon sagu, sesaat tepung tapioka terbuat dari singkong. Tepung sagu ialah hasil proses pengeringan dari endapan sisi tengah pohon sagu yang awalnya sudah dihaluskan serta digabung air. Sedang tepung tapioka atau tepung kanji ialah hasil pengeringan dari pati singkong. 

2. Kenampakan 


Tepung sagu mempunyai warna putih susu dengan struktur yang garing serta kesat. Sedang tepung tapioka berwarna putih bersih dengan struktur yang licin. 

Baca Juga : Mesin Pembuat Abon

3. Manfaat Sagu dalam masakan 


Tepung sagu serta tapioka saling berperan untuk memberi struktur kenyal pada olahan basah serta struktur renyah pada olahan kering. 
Tepung sagu biasa dipakai dalam adonan pempek, bakso, siomay, kue sagu keju, serta selendang mayang. Selain itu, tepung tapioka seringkali dipakai untuk bikin cireng, kerupuk, rempeyek, serta ronde. Sebab warnanya bening, tepung tapioka seringkali jadikan bahan pengental dalam bermacam tumisan. [sumber : resepkoki]

kami siap melayani pengiriman mesin kami sampai saat ini sampai seluruh Indonesia. daerah tersebut diantara:

Banda Aceh Langsa Lhokseumawe Sabang Subulussalam Binjai Gunungsitoli Medan Padang Sidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjungbalai Tebing Tinggi Bengkulu Jambi Sungaipenuh Dumai Pekanbaru Bukittinggi Padang Padang Panjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih Bandar Lampung Metro Pangkalpinang Batam Tanjungpinang Jawa Bandung Banjar Batu Bekasi Blitar Bogor Cilegon Cimahi Cirebon Depok Jakarta Jakarta Utara Jakarta Timur Jakarta Pusat Jakarta Selatan Jakarta Barat Kediri Madiun Magelang Malang Mojokerto Pasuruan Pekalongan Probolinggo Salatiga Semarang Serang Sukabumi Surabaya Surakarta Tasikmalaya Tangerang Tangerang Selatan Tegal Yogyakarta Kalimantan Pontianak Singkawang Banjarbaru Banjarmasin Palangka Raya Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Nusa Tenggara Denpasar Bima Mataram Kupang Sulawesi Gorontalo Makassar Palopo Parepare Baubau Kendari Palu Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Maluku Ambon Tual Ternate Tidore Kepulauan Papua Jayapura Sorong, Bangka Belitung

No comments