Artikel Baru

Cara Fermentasi Jerami Untuk Pakan Bebek

Fermentasi Pakan Kambing, 10 Menu Lokal Layak Coba - JOYNIMFARM

Allow, selamat sore, sesi kali ini akan menjelaskan tentang cara fermentasi jerami untuk pakan bebek Fermentasi Pakan Kambing, 10 Menu Lokal Layak Coba - JOYNIMFARM simak selengkapnya lebih dalam tentang Fermentasi Pakan Kambing, 10 Menu Lokal Layak Coba - JOYNIMFARM.

Fermentasi Pakan Kambing, 10 Menu Lokal Layak Coba - JOYNIMFARM

Fermentasi pakan kambing

Judul besar di atas adalah inti dari artikel ini. Tapi, sebelum ke tujuan topik fermentasi pakan kambing, saya ajak Anda untuk ke bagian paling medasarnya terlebih dahulu.

Ilmu pakan kambing itu sangat luas. Karena ilmu pengetahuan dan sentuhan teknologi tentang inovasi pakan kambing sudah berkembang pesat.

Sehingga, muncul banyak alternatif pilihan pakan yang bisa kita ambil.

Fermentasi Pakan Kambing, 10 Menu Lokal Layak Coba - JOYNIMFARM

Seharusnya, kita tidak perlu bingung dalam mengambil sikap dalam menentukan jenis pakan untuk kambing kita. Tinggal menyesuaikan saja dari semua informasi yang kita dapat dengan kondisi real di sekitar kita.

Tidak perlu memaksakan. Jika hijauan banyak melimpah, tidak perlu harus ganti menu dengan pakan fermentasi. Karena pakan fermentasi belum tentu hasilnya lebih bagus dari pakan hijauan.

Begitu juga sebaliknya. Seandainya ketersediaan hijauan terbatas, jangan terlalu fanatik dan anti fermentasi. Karena hasil dari pakan fermentasi juga bisa sebagus pakan hijauan.

Menurut saya, hasil bagus itu relatif. Jika kita melihat dari sudut pandang yang lebih luas, pilihan yang kita ambil bisa jadi adalah yang terbaik untuk kondisi kita.

Nanti, akan saya tunjukkan bahwa banyak pilihan pakan kambing yang bisa kita pilih. Dan, Anda bisa menyesuaikannya dengan potensi terbaik dari wilayah masing – masing.

Resiko pakan fermentasi

Perlu saya sampaikan bahwa fermentasi pakan kambing bukannya tanpa resiko. Karena ini adalah cara memperlakukan pakan dengan bantuan mikrobiologi.

Bakteri yang digunakan adalah jenis bakteri tertentu dan bekerja dengan sistem

[3] Yusmadi, dkk. Kajian Mutu dan Palatibilitas Silase dan Hay Ransum Komplit Berbasis Sampah Organik Primer pada Kambing Peranakan Etawah. 2008 Agripet : Vol (8) No. 1: 31-38.

[4] Farida, yeni, dkk. Pemanfaatan Tanaman Lokal sebagai Pakan Ternak Fermentasi dan Suplemen Pakan di Desa Sendang, Kabupaten Wonogiri. Agrokreatif, Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Mei 2018, Vol 4 (1): 6167.

[5] Munawaroh, Lucky L. dkk. Pengaruh Pemberian Fermentasi Complete Feed Berbasis Pakan Lokal Terhadap Konsumsi, Konversi Pakan dan Feed Cost Kambing Bligon Jantan. Buletin Peternakan Vol. 39 (3): 167-173, Oktober 2015.

[6] Lontra, I Made dan Putu Sutami. Pengaruh Pemberian Kulit Kopi Terfermentasi dan Leguminosa Untuk Pertumbuhan Kambing Peranakan Etawah. Informatika Pertanian, Vol. 22 No.1, Juni 2013: 45 – 51.

Begitulah pembahasan mengenai Fermentasi Pakan Kambing, 10 Menu Lokal Layak Coba - JOYNIMFARM semoga artikel ini bermanfaat salam

Tulisan ini diposting pada label cara fermentasi jerami untuk pakan bebek, cara membuat fermentasi jerami untuk pakan bebek, cara fermentasi jerami untuk pakan ternak,

https://kambingjoynim.com/fermentasi-pakan-kambing-10-menu-lokal/

No comments