Artikel Baru

Manfaat Jahe Sama Madu

Simak Manfaat Jahe, Kunyit, dan Temulawak dalam Satu Rebusan
Allow, bertemu kembali, di kesempatan akan membawa pembahasan tentang manfaat jahe sama madu Simak Manfaat Jahe, Kunyit, dan Temulawak dalam Satu Rebusan simak selengkapnya lebih dalam tentang Simak Manfaat Jahe, Kunyit, dan Temulawak dalam Satu Rebusan.

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo punya kebiasaan sehat meminum ramuan herbal dan rempah berupa rebusan kunyit, jahe, dan temulawak. Dicampur menjadi satu rebusan setelah dirajang dan diiris-iris, tiga bahan tersebut diyakini bisa menambah kebugaran.

Terbukti, Jokowi bisa terus menjalankan tugasnya sebagai kepala negara sembari blusukan menyapa rakyat. Kesehatan tubuhnya ditunjang oleh ramuan yang sudah ia minum selama 17 tahun tersebut.

Simak Manfaat Jahe, Kunyit, dan Temulawak dalam Satu Rebusan

Dilansir dari Evewoman, Rabu (24/7), kunyit tidak hanya digunakan untuk membumbui makanan dengan rasa khas tetapi juga dapat digunakan untuk tujuan kesehatan. Dicampur dengan jahe, manfaat kunyit akan optimal. Cukup siapkan 1 gelas air panas, 1 sendok teh jahe, 1 sendok teh kunyit, 1 sendok teh madu atau lemon, dan 1 sendok teh lada hitam untuk membuatnya menjadi minuman yang sehat dan enak dinikmati.

Teh jahe kunyit adalah jenis minuman sehat yang memiliki nilai gizi yang sangat kuat yang meliputi zat besi, kalsium, magnesium dan tembaga. Jahe dan kunyit bisa mencegah dan memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker khususnya yang mempengaruhi sistem pencernaan.

Berikut adalah manfaat masing-masing dari jahe, kunyit, dan temulawak.

1. Jahe

Simak Manfaat Jahe, Kunyit, dan Temulawak dalam Satu Rebusan

Manfaat sama juga diungkap dalam laman Irishtatler, jahe selama berabad-abad telah digunakan dalam berbagai cara dan diyakini memiliki ragam manfaat. Jahe dapat membantu pencernaan, meredakan mual dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Salah satu manfaat paling menarik adalah sifat anti-inflamasi jahe. Sebuah studi tahun 2001 menemukan bahwa pasien osteoartritis (OA) dengan nyeri lutut sedang hingga berat mengalami penurunan nyeri yang signifikan pada nyeri lutut saat berdiri setelah mengonsumsi jahe selama enam minggu. Jahe juga sering digunakan dalam tonik, teh, suplemen buatan sendiri dan racikan lainnya.

2. Kunyit

Kunyit menawarkan banyak manfaat kesehatan. Secara khusus, kunyit bisa efektif meringankan peradangan, berkontribusi pada kesehatan sendi dan dapat membantu menjaga sendi tetap fleksibel. Ketika dicampur dengan jahe yang mengandung gingerol, bahan aktif dalam jahe dapat meningkatkan efektivitasnya.

3. Temulawak

Temulawak atau jahe Jawa adalah salah satu rempah khas Indonesia dan sering digunakan sebagai tanaman obat. Ini karena, tanaman itu memiliki senyawa kimia yang sering disebut fellandrean. Selain itu, temulawak juga mengandung minyak atsiri, glukosida, kapur barus, foluymetik carbinol dan curcuminoid.

Temulawak memiliki beberapa kandungan senyawa kimia yang ditemukan di rimpang, yang meliputi fellandrean, turmerol, minyak atsiri, glukosida, foluymetik karbinol dan curcuminoid. Curcuminoid berguna menetralkan racun, meredakan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol darah dan kadar trigliserida, antibakteri, mencegah sel-sel hati berlemak, dan antioksidan.

Temulawak juga bisa mengobati gangguan pencernaan seperti perut kembung hingga gangguan ginjal.

Seperti jahe, temulawak juga punya sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi gejala radang sendi atau rematik. Bagi perempuan, rasa sakit haid bisa lebih reda setelah mengonsumsi temulawak.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Sekian penjelasan perihal Simak Manfaat Jahe, Kunyit, dan Temulawak dalam Satu Rebusan semoga info ini menambah wawasan terima kasih

untuk info alat pemotong Jahe Kunyit Kunir Empon-Empon  

mesin parut jahe kunyit kunir

Tulisan ini diposting pada tag manfaat jahe sama madu, manfaat air jahe sama madu, manfaat minum jahe sama madu,

https://www.jawapos.com/kesehatan/24/07/2019/sering-diminum-jokowi-ini-manfaat-rebusan-kunyit-jahe-dan-temulawak/

No comments