Artikel Baru

10 Manfaat Tanaman Porang Untuk Penyakit Kritis

10 Manfaat Tanaman Porang Untuk Penyakit Kritis
Hi, selamat sore, artikel ini akan dibahas tentang apa manfaat tanaman porang 10 Manfaat Tanaman Porang Untuk Penyakit Kritis simak selengkapnya lebih dalam tentang 10 Manfaat Tanaman Porang Untuk Penyakit Kritis.

Video mantan pemulung yang beromzet miliaran karena tanaman porang di dunia maya saat ini sedang viral. Tanaman dengan nama latin Amorphopallus Muelleri itu kini banyak diburu oleh pengusaha asal Jepang, Cina dan Korea. Kandungan tanaman porang bernama Konjac Glucomannan (KGM) dan teksturnya mirip seperti tepung. Konjac Glucomannan diperkaya oleh beberapa zat seperti karbohidrat, serat, dan zat lainnya yang bersifat antikoksidan hingga antiinflamasi.

Selain memang digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan makanan, setidaknya ada 11 manfaat lain dari tanaman porang tersebut. Beberapa malah bermanfaat mencegah dan mengatasi . Simak manfaatnya yang dikutip dari laman situs dokter sehat.

Sumber: Tirto.id

Memperlancar Sembelit dan Cegah Kanker Usus

Kandungan serat dalam tanaman porang efektif membantu melunakkan feses dan memperlancar pergerakan usus agar feses tersebut mudah dikeluarkan. Serat memang berperan penting dalam merawat kesehatan sistem pencernaan dan mencegahnya dari berbagai penyakit termasuk . Manfaat tanaman porang untuk mengatasi sembelit dan mencegah kanker usus tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dirilis oleh Journal of the American College of Nutrition pada tahun 2008.

Bantu Program Diet

Lagi-lagi kandungan serat pada porang disebut-sebut dapat membantu program diet karena mampu berikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, sebuah studi yang dirilis pada tahun 2005 lalu menyatakan jika mengonsumsi suplemen glucomannan yang terbuat dari tanaman porang efektif untuk membakar sekitar 1200 kalori. Jadi selain perbanyak buah dan sayuran, tak ada salahnya memasukan porang ke dalam menu diet yang sedang kita jalani.

10 Manfaat Tanaman Porang Untuk Penyakit Kritis

Usir Jerawat

Penelitian yang dirilis oleh American Journal of Dermatology and Venereology pada tahun 2013 menjelaskan, kandungan Glucomannan pada porang bermanfaat untuk merawat kulit. Walaupun masih memerlukan studi lanjutan, porang memiliki potensi menghilangkan jerawat dan merawat kulit secara keseluruhan.

Bantu Sembuhkan Luka

Manfaat kandungan Glucomannan ternyata juga terbukti efektif mempercepat proses penyembuhan luka. Glucomannan akan membantu mengoptimalkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Walaupun masih belum bisa dikatakan kuat karena objek penelitian masih menggunakan hewan.

Atasi Radang

International Journal of Biological Macromolecules pada tahun 2016 menyinggung perihal peran kandungan Konjac Glucomannan (KGM) pada tanaman porong. Hasilnya, kandungan tersebut pada tanaman porang membawa dampak positif memebantu mengatasi peradangan.

Cegah dan Atasi Diabetes

Tahun 2015, Journal of Bioactive Carbohydrates and Dietary Fibre merilis tanaman porang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi . Berdasarkan hasil penelitian, mengonsumsi porang dengan American Ginseng dapat mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh, utamanya para penderita diabetes tipe 2 (diabetes mellitus). Selain itu, kandungan serat pada porang yang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama sedikit banyak membantu Anda untuk mengontrol frekuensi makan sehingga kadar gula darah tetap stabil.

Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu gejala yaitu tekanan darah tinggi ternyata dapat dicegah dengan memasukkan porang dalam menu sehat sehari-hari. Walaupun masih belum dapat dibuktikan seberapa efektif, manfaat porang salah satunya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Kadar Kolesterol Terkendali

10 Manfaat Tanaman Porang Untuk Penyakit Kritis

Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat memang sangat sulit untuk dihindari. Mengingat jenis kolesterol ini berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari terutama dari jenis asupan berlemak. Nah, Journal of American Clinical Nutrition pada tahun 2008 menyebutkan bahwa kandungan glucomannan pada porang efektif untuk menjaga kadar kolesterol tetap ideal.

Meminimalisir Risiko Penyakit Kritis (Jantung dan Stroke)

Saat takanan darah dan kadar kolesterol jahat terkendali dengan manfaat tanaman porang. Sebenarnya sudah cukup untuk mencegah penyakit kritis seperti . Apalagi kadar serat tinggi yang juga ada pada tanaman porang sudah lama disetujui dapat merawat organ jantung dan mencegah dari penyakit.

Detoksifikasi

Bagi masyarakat Tiongkok, tepung porang sudah sejak lama dan dipercaya sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu tujuan penggunaan porang adalah untuk detoksifikasi. Akan tetapi, belum ada bukti ilmiah yang secara khusus meneliti tentang hal ini sehingga klaim manfaat porang untuk detoksifikasi belum bisa dikatakan kuat.

AXA Mandiri

Oke penjelasan tentang 10 Manfaat Tanaman Porang Untuk Penyakit Kritis semoga artikel ini berfaedah salam

untuk info alat pemotongpencuci|pengolah} buah porang bisa menghubungi kami. 

mesin pembuat tepung porang

Tulisan ini diposting pada tag khasiat buah porang, kegunaan buah porang, manfaat buah porang untuk kesehatan,

https://www.axa-mandiri.co.id/ini-dia-10-manfaat-porang-bagi-kesehatan/

No comments