Artikel Baru

Mesin Pengupas Kulit Ari Kopi Kering - Harga Mesin Huller Kopi Kering

MESIN PENGUPAS KULIT ARI KOPI KERING

harga jual mesin pengupas kulit kopi kering murah cuma disini. alat pengupas tanduk ari kopi kering terbaik dari yang terbaik. mesin giling kopi kering terbaru dengan sistem pemisah kulit tanduk terpisah dengan otomatis. mesin huller kopi kering termurah 2019 mini.


mesin huller kopi kering



Dengan mesin pengupas kulit ari kering dapat meminimalisir biji kopi pecah pada saat pemprosesan. karena mesin ini didesain untuk pengolah biji kopi yang sudah dikeringkan.
mesin pengupas kulit kopi kering
Mesin Pengupas Kulit Ari Kopi Kering


Pemprosesan kulit ari kopi kering bisa langsung dilakukan dengan mesin dari ARENA MESIN, berikut spesifikasi mesinnya :



Tipe                             AT-100


  • Dimensi                       700 x 500 x 800 cm
  • Material Body             : Mild Steel
  • Material Rangka         : Siku
  • Pengerak                     : Engine Bensin 5,5 HP
  • Transmisi                     : Pulley dan V-Belt
  • Kapasitas                     100-15 kg/jam

Tipe                             : AT-500


  • Dimensi                       : 900 x 500 x 100 cm
  • Material Body             : Mild Steel
  • Material Rangka          : Besi profil kotak, Siku
  • Pengerak                     : Diesel 8 HP
  • Transmisi                     : Pulley dan V-Belt
  • Kapasitas                     : 400 - 500  kg/jam 


_______________________________________________________________________________________

Pengupasan Kopi Sistem Kering



cara pengupasan ini merupakan pengupasan atau pelepasan kulit kopi paling luar, kita buang untuk mendapatkan biji kopi. tapi sebelum kita medapatkan biji kopi maka perlu proses penjemuran buah kopi terlebih dahulu. penjemuran ini akan berlangsung seminggu dan tergantung terik matahari. sebab bila buah kopi tidak kering sampai dalam akan susah untuk dikupas dengan sistem kupas kering.





Gambar diatas adalah hasil pengupasan buah kopi yang kering setelah dikupas dengan mesin. pengunaan mesin akan memudahkan petani kopi dalam mengejar dan mempersingkat produksi kopi. biji kopi yang telah tekelupas dari kulitnya baik kulit tanduk maupun daging buahnya akan menuju ke proses roasting atau pemasakan kopi sangrai.

penjelasan diatas adalah tingkatan dari kematangan kopi sangrai. dan tingkat kematangan kopi bisa dilihat dari berapa lama biji kopi masuk ke dalam mesin sangrai kopi. 


dalam proses sangrai kopi terutama bila mengunakan mesin akan ada indikator panas suhu dan timer. ini digunakan untuk memudahkan penguna agar bisa menentukan kematangan kopi yang diinginkan. setelah kopi disangrai maka proses selanjutnya adalah mengiling biji kopi.



kopi yang telah digiling akan menghasilkan serbuk atau powder kopi yang nanti pada penyajian ada yang suka disaring ampasnya atau tetap pakai ampas, itu semua tergantung selera dari si penikmat kopi.



Jenis Kopi Yang Banyak Dikenal

a. Kopi Arabika


Jenis kopi arabika sangat rentan terhadap serangan penyakit karat daun Hemileia vastatrix (HV), terutama bila ditanam di daerah dengan elevasi kurang dari 700 m, sehingga dari segi perawatan dan pembudayaan kopi arabika memang butuh perhatian lebih dibanding kopi Robusta atau jenis kopi lainnya. Kopi arabika saat ini telah menguasai sebagian besar pasar kopi dunia dan harganya jauh lebih tinggi daripada jenis kopi lainnya. Di Indonesia kita dapat menemukan sebagian besar perkebunan kopi arabika di daerah pegunungan toraja, Sumatera Utara, Aceh dan di beberapa daerah di pulau Jawa. Beberapa varietas kopi arabika memang sedang banyak dikembangkan di Indonesia antara lain kopi arabica jenis Abesinia, arabika jenis Pasumah, Marago, Typica dan kopi arabika Congensis.

b. Kopi Robusta 


Kopi robusta merupakan keturunan beberapa spesies kopi, terutama Coffea canephora. Tumbuh baik di ketinggian 400-700 m dpl, temperatur 21-24° C dengan bulan kering 3-4 bulan secara berturut-turut dan 3-4 kali hujan kiriman. Kualitas buah lebih rendah dari Arabika dan Liberika.

c. Kopi Liberika


Kopi Liberika adalah jenis kopi yang berasal dari Liberia, Dan Afrika Barat. Kopi ini dapat tumbuh setinggi 9 meter dari tanah. Pada abad-19, jenis kopi ini didatangkan ke Indonesia untuk menggantikan kopi Arabika yang terserang oleh hama penyakit.

d. Kopi Charrier


Coffea charrieriana (atau Kopi Charrier atau Kopi charrieriana ) adalah spesies dari tanaman berbunga di keluarga Rubiaceae. Ini adalah kopi tanpa kafeina. yang hanya ditemukan di Kamerun. hanya tumbuhan ini yang diketahui tidak mengandung kafeina secara alami.

e. Coffea magnistipula


Coffea magnistipula adalah spesies dari tanaman berbunga di Rubiaceae keluarga . Ini adalah semak spesies Coffea yang endemik ke hutan Guinea rendah dari tropis Afrika Barat , khususnya Selatan Kamerun Plateau dan Chaillu Massif dari Gabon . Nama ilmiahnya berasal dari stipule besardi mana air hujan dan puing mengumpulkan. Tanaman ini tidak biasa di antaraspesies Coffea karena memiliki akar adventif.

___________________________________________________________________________________________

kami siap melayani pengiriman mesin ke seluruh Indonesia. daerah tersebut diantara:

Banda Aceh Langsa Lhokseumawe Sabang Subulussalam Binjai Gunungsitoli Medan Padang Sidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjungbalai Tebing Tinggi Bengkulu Jambi Sungaipenuh Dumai Pekanbaru Bukittinggi Padang Padang Panjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih Bandar Lampung Metro Pangkalpinang Batam Tanjungpinang Jawa Bandung Banjar Batu Bekasi Blitar Bogor Cilegon Cimahi Cirebon Depok Jakarta Jakarta Utara Jakarta Timur Jakarta Pusat Jakarta Selatan Jakarta Barat Kediri Madiun Magelang Malang Mojokerto Pasuruan Pekalongan Probolinggo Salatiga Semarang Serang Sukabumi Surabaya Surakarta Tasikmalaya Tangerang Tangerang Selatan Tegal Yogyakarta Kalimantan Pontianak Singkawang Banjarbaru Banjarmasin Palangka Raya Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Nusa Tenggara Denpasar Bima Mataram Kupang Sulawesi Gorontalo Makassar Palopo Parepare Baubau Kendari Palu Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Maluku Ambon Tual Ternate Tidore Kepulauan Papua Jayapura Sorong, Bangka Belitung

____________________________________________________________________________________________

Kulit Kopi Anti-oksidan 


Kopi adalah satu diantara komoditi makanan yang penting di dunia serta tempati posisi ke-2 sesudah crude oil. Tanaman ini umumnya bisa tumbuh di wilayah tropikal serta subtropikal. Ada seputar 60 negara jadi penghasil kopi di dunia serta Indonesia tempati posisi ke empat jadi penghasil kopi paling banyak di dunia dengan produksi pertahunnya sampai 686.763 ton (tahun 2007) . Di Indonesia ada dua type kopi yang populer yakni type arabika (coffee arabica) serta Robusta (Coffee canephora). Ketidaksamaan di antara ke-2 type kopi ini ialah terdapat pada rasa, wilayah tumbuh serta kandungan kafeinnya. Kopi Arabika umumnya ditanam pada wilayah dataran tinggi sedang kopi Robusta umumnya ditanam pada wilayah dataran rendah. Kopi Robusta umumnya disebutkan kopi kelas dua karena mempunyai rasa yang lebih pahit, kandungan kafeein yang tinggi serta rasa-rasanya dikit asam tapi kopi ini lebih tahan pada serbuan hama serta penyakit. Sedang, kopi Arabika ialah type kopi nomer satu dimana kandungan kafeinnya lebih rendah serta tidak ada rasa asamnya.

Pada pihak lain, bisa tumbuhnya tanaman kopi dikuasai oleh kondisi iklim wilayah itu dimana di antara kopi Arabika serta Robusta mempunyai type iklim yang berlainan untuk pertumbuhannya. Kriteria iklim untuk kopi Arabika ialah mempunyai garis lintang 6-9 oLU sampai 24 oLS, tinggi tempat penanaman ialah 1250 sampai 1850 m dpl, curah hujan 1500 sampai 2500 mm/tahun serta suhu hawa rata-rata 17 – 21 oC. Sedang kriteria iklim untuk kopi Robusta ialah mempunyai garis lintang 20 oLS sampai 20 oLU, tinggi tempat penanaman ialah 300 sampai 1500 m dpl, curah hujan 1500 sampai 2500 mm/tahun serta suhu rata-rata ialah 21 – 24 oC .

Kopi adalah tanaman tahunan dengan pohon berupa semak tegak dengan tinggi di antara 2 sampai 5 m. Pada pohon itu ada batang-batang yang cukup tipis, tegak serta berjumbai. Daunnya berbetuk oval dengan panjang 10 sampai 15 cm serta lebarnya 4 sampai 6 cm. Warna daunnya ialah hijau tua dengan dikit berkerut dipermukaannya. Pohon kopi mulai berbuah 5 sampai 7 tahun sesudah ditanam. Buah kopi mempunyai permukaan yang licin serta kulit buah ini keras. Umumnya buah muda berwarna hijau tapi menjadi merah waktu masak. Bentuk tanaman kopi bisa disaksikan pada gambar 1 tersebut

Tanaman Kopi

Dalam pemanfaatannya, sisi kopi yang dipakai ialah biji kopinya. Biji ini umumnya diproses hingga nanti bisa dikonsumsi dengan cara langsung oleh manusia jadi minuman. Bentuk olahan itu umumnya berupa seperti bubuk supaya gampang di jual atau di-export. Proses pemrosesan biji kopi ini bisa dibagi jadi dua type yakni proses kering serta proses basah. Pada proses kering, biji kopi yang sudah dipanen setelah itu dikeringkan di bawah cahaya matahari seterusnya dengan mekanik biji kopi dapat dipisahkan dari kulit serta daging buahnya. Untuk proses basah, buah di rendam di dalam air serta kelak akan buah akan alami kerusakkan hingga biji dapat terpisah dari kulit serta daging buah.

Dalam proses pemrosesan buah kopi jadi satu bahan makanan yang akan dikonsumsi seperti minuman kopi, sisi buah yang diambil ialah biji kopinya. Jadi mana didapati buah kopi mempunyai bagian-bagian seperti yang bisa kita lihat pada gambar 2.


Sisi Dalam Biji Kopi

Biji kopi diproses demikian rupa hingga nanti bisa digunakan untuk dikonsumsi oleh manusia. Pada proses itu ada sisi buah yang dibuang yakni pulp (sisi mesocarp), skin (sisi eksokarp), mucilage serta parchment (sisi endocarp) serta beberapa bagian itu bisa kita lihat pada gambar 2 dimana mereka bisa dimaksud dengan sampah kulit biji kopi yang umumnya dibuang dimana dari keseluruhan berat buah kopi yang diproses jadi biji kopi seputar 40 – 45 persen dibuat kulit biji kopi. Di indonesia sendiri pemakaian sampah ini cuma untuk pakan ternak atau diproses hingga dapat dipakai jadi pupuk buat tanaman.

Formasi penyusun dari skin, pulp, parchment ialah karbohidrat (35%), protein (5,2%), fiber (30,8%) serta mineral (10,7%) sedang sisi mucilage memiliki kandungan air (84,2%), protein (8,9%), gula (4,1 persen) serta abu (0,7%). Diluar itu, sampah kulit biji kopi ini memiliki kandungan beberapa senyawa metabolit sekunder yakni seperti dari cafein serta kelompok polifenol. Dari beberapa riset, senyawa polifenol yang ada di sampah ini ialah flavan-3-ol, asam hidroksinamat, flavonol, antosianidin, katekin, epikatekin, teratur,tanin, asam ferulat (Esquivel, P &Jimenez V.M.2011).

Polifenol bisa disimpulkan satu senyawa kimia yang biasanya ada pada bahan alam dimana susunan dasarnya mempunyai gugus aromatic yang terikat satu atau lebih gugus OH. Senyawa ini sudah jadi fokus perhatian oleh beberapa ilmuwan sebab mempunyai banyak faedah buat kesehatan

yakni ia dapat menahan atau menyembuhkan penyakit degenerative yang kronik seperti kanker, diabetes, tersumbatnya pembuluh darah, serta penyakit neurodegenerative. Diluar itu, polifenol populer kekuatannya jadi anti-oksidan. Karakter anti-oksidan senyawa ini terkait dengan kehadiran gugus fenolik yang dikandungnya yang bisa mendonorkan atom hidrogen dalam satu radikal bebas hingga tidak berbentuk reaktif.

Anti-oksidan bisa disimpulkan jadi satu senyawa yang mempunyai potensi membuat perlindungan sel dari dampak beresiko radikal bebas oksigen reaktif lewat cara menghalangi berlangsungnya satu oksidasi yakni bereaksi dengan radikal bebas yang reaktif hingga membuat radikal bebas tidak reaktif..

Sekarang ini diketemukan jika nyatanya radikal bebas bertindak dalam berlangsungnya beberapa penyakit. Ini karena disebabkan radikal bebas ialah spesi kimia yang mempunyai elektron tunggal bebas di kulit terluar hingga begitu reaktif serta dapat bereaksi dengan protein, lipid, karbohidrat atau DNA. Reaksi di antara radikal bebas dengan molekul itu berbuntut pada munculnya satu penyakit. Radikal bebas atau oksigen reaktif bisa mengakibatkan penuaan awal, menyebabkan berlangsungnya kanker, tingkatkan kandungan LDL (Low Density Lipoprotein) yang bisa mengakibatkan penumpukan cholesterol pada dinding pembuluh darah hingga bisa memunculkan penyakit jantung koroner.

Seperti yang sudah dijelaskan awalnya, kandungan metabolit sekunder yang menguasai pada kulit biji kopi ialah senyawa polifenol. Hingga ;imbah ini bisa disebutkan punya potensi jadi anti-oksidan yang lumayan baik.

Bicara masalah industri kopi dari hulu ke hilir tentulah tidak sempat jauh-jauh dari masalah sampah. Kopi serta prosedurnya memang tinggalkan sampah yang bila tidak diproses secara baik dapat bikin rugi sekelilingnya.

BISA dipikirkan berapakah banyak sampah yang dibuat kopi dari satu perkebunan kopi? Bila satu perkebunan saja dapat membuahkan sampah bekas proses kopi (pembelahan ceri kopi dengan bijinya) sebegitu jumlahnya bagaimana dengan semua perkebunan kopi di dunia? Ada berapakah banyak sampah yang masih ada kan? Tetapi tenang, sekarang petani telah demikian pandai. Serta dengan kepiawaian dan pengetahuan yang oke, beberapa petani serta beberapa orang yang ikut serta di industri kopi telah memproses sampah kopi jadi banyak hal yang berguna.

Genjarnya rumor lingkungan yang sering digalakkan membuat aktor industri kopi berpikir kreatif untuk memproses sampah kopi. Sampah yang dibuat di perkebunan atau di warung kopi (berbentuk ampas) bisa diproses tanpa ada dibuang demikian saja. Lalu apa yang dapat dibuat sampah kopi? Baca penjelasan berikut ini.


Diproses Jadi Cascara

Sekarang cascara sudah jadi pujaan yang bisa mulai di nikmati beberapa peminum kopi dunia. Juga sebab sudah jadi diva, banyak petani yang mulai memproses cascara mereka dengan tidak buang sampah kopi bekas proses demikian saja. Cascara sendiri ialah teh dari kulit ceri kopi yang diproses demikian rupa dan dikeringkan. Sesudah dikeringkan cascara setelah itu dapat diseduh seperti teh serta di nikmati seperti nikmati kopi serta teh. Cascara mempunyai cita rasa fruity yang kuat. Adanya cascara, sampah kopi sekarang mulai menyusut banyaknya.

Jadi Pakan Ternak

Telah lama warga di seputar perkebunan kopi menggunakan sampah kulit kopi jadi makanan ternak. Dibanding dibuang demikian saja, mereka kumpulkan sampah serta melimpahkannya pada peternakan untuk seterusnya diproses jadi pakan ternak. Kulit ceri kopi diakui baik untuk ternak sebab memiliki kandungan vitamin plus mempunyai rasa yang manis hingga disenangi hewan ternak itu.

Jadi Pupuk Kompos

Nyatanya sampah kopi dapat juga jadikan pupuk kompos yang nyatanya baik untuk tanaman. Sampah kopi dipandang wajar jadikan kompos sebab dapat di jabarkan dengan organik. Proses pemrosesan dari sampah kopi jadi kompos dikerjakan dengan aerobik yakni membutuhkan pertolongan oksigen. Pupuk kompos dari sampah kopi ini jadi pilihan beberapa petani supaya kurangi sampah dan jadi pilihan pas memperoleh pupuk untuk tanaman lain dengan lebih ekonomis.


Sampah Kulit Kopi Jadi Pilihan Pakan Ternak 

Kopi sekarang ini adalah satu diantara komoditas yang begitu menjanjikan, sebab kopi Indonesia begitu populer di penjuru dunia. Bahkan juga menurut Ditjen Perkebunan, Kementan, jika export kopi ditahun 2016 sampai 267.058 Ton atau sejumlah 650 juta US Dolar. Ini menunjukkan kopi jadi satu diantara komoditas favorit.

Di Indonesia, perkebunan kopi terbagi dalam perkebunan rakyat serta perkebunan industri sedang di Kepulauan Bangka Belitung sendiri luas perkebunan kopi retalif masih kecil tapi mempunyai kekuatan yang besar untuk ditingkatkan.

Dengan semakin mengembangnya pemrosesan kopi baik rasio kecil atau rasio industri tentu saja akan membuahkan hasil sambilan dari pemrosesan kopi itu yakni diantaranya ialah sampah kulit kopi. Dari pemrosesan itu akan membuahkan ± 65 persen biji kopi serta ± 35 persen sampah kulit kopi yang mana sampah kulit kopi itu masih dapat digunakan diantaranya jadi alternative pakan ternak. Kandungan dalam kulit kopi sendiri mempunyai kandungan nutrisi seperti berikut CP 9,94 persen, SK 18,17 persen, Lemak 1,97 persen, Abu 11,28 persen, Ca 0,68 persen, P 0,20 persen, GE 3306 Kkal serta TDN 50,6 persen (Budiari, 2009).

Agar bisa digunakan jadi pakan ternak semestinya sampah kulit kopi difermentasi terlebih dulu untuk tingkatkan kandungan nutrisinya. Fermentasi kulit kopi umumnya memakai larutan Aspergillus Niger. Langkah membuatnya ialah campur air dengan gula pasir, NPK, Urea, serta Aspergillus Niger setelah itu kombinasi itu di inkubasi serta diaerasi sepanjang 24-36 jam serta larutan itu siap dipakai. Setelah itu sampah kulit kopi digabung dengan larutan itu dengan membuat lapisan-lapisan kombinasi itu serta tempatkan dalam tempat yang teduh dari hujan serta cahaya matahari langsung. Setelah itu diamkan sepanjang 5-6 hari untuk proses fermentasi serta sesudah 5-6 hari sampah kulit kopi yang sudah terfermentasi dikeringkan setelah itu giling sesuai dengan keperluan serta sampah kulit kopi terfermentasi siap dipakai jadi pakan ternak.

Menurut Guntoro et all (2003) pemberian kulit kopi 100 – 200 gr/ekor/hari pada kambing PE tingkatkan perkembangan rata-rata dari 68,15 gr (pakan tradisionil) jadi 99,25 – 100,10 gr/ekor/hari. Serta pemberian kulit kopi terfermentasi sekitar 11 persen dari keseluruhan ransum ayam buras bali tingkatkan produksi telurnya dari 35-45 persen dari mulanya 25 persen.

Dari data di atas bisa disaksikan sampah kulit kopi memiliki kekuatan yang lumayan besar menjadi alternative pakan ternak yang dapat tingkatkan produktifitas ternak.Hingga pemanfaatannya dapat dikerjakan terutamanya di perkebunan kopi rakyat yang umumnya mempunyai hewan ternak di lingkungan kebun itu.



No comments