Artikel Baru

Mesin Pengupas Kulit Ari Kopi Kering - Harga Mesin Huller Kopi Kering

MESIN PENGUPAS KULIT ARI KOPI KERING




Dengan mesin pengupas kulit ari kering dapat meminimalisir biji kopi pecah pada saat pemprosesan. karena mesin ini didesain untuk pengolah biji kopi yang sudah dikeringkan.
Mesin Pengupas Kulit Ari Kopi Kering


Pemprosesan kulit ari kopi kering bisa langsung dilakukan dengan mesin dari ARENA MESIN, berikut spesifikasi mesinnya :



Tipe                             AT-100
Dimensi                       700 x 500 x 800 cm
Material Body             : Mild Steel
Material Rangka         : Siku
Pengerak                     : Engine Bensin 5,5 HP
Transmisi                     : Pulley dan V-Belt
Kapasitas                     100-15 kg/jam

Tipe                             : AT-500
Dimensi                       : 900 x 500 x 100 cm
Material Body             : Mild Steel
Material Rangka          : Besi profil kotak, Siku
Pengerak                     : Diesel 8 HP

Transmisi                     : Pulley dan V-Belt
Kapasitas                     : 400 - 500  kg/jam 


Pengupasan Kopi Sistem Kering



cara pengupasan ini merupakan pengupasan atau pelepasan kulit kopi paling luar, kita buang untuk mendapatkan biji kopi. tapi sebelum kita medapatkan biji kopi maka perlu proses penjemuran buah kopi terlebih dahulu. penjemuran ini akan berlangsung seminggu dan tergantung terik matahari. sebab bila buah kopi tidak kering sampai dalam akan susah untuk dikupas dengan sistem kupas kering.





Gambar diatas adalah hasil pengupasan buah kopi yang kering setelah dikupas dengan mesin. pengunaan mesin akan memudahkan petani kopi dalam mengejar dan mempersingkat produksi kopi. biji kopi yang telah tekelupas dari kulitnya baik kulit tanduk maupun daging buahnya akan menuju ke proses roasting atau pemasakan kopi sangrai.

penjelasan diatas adalah tingkatan dari kematangan kopi sangrai. dan tingkat kematangan kopi bisa dilihat dari berapa lama biji kopi masuk ke dalam mesin sangrai kopi. 


dalam proses sangrai kopi terutama bila mengunakan mesin akan ada indikator panas suhu dan timer. ini digunakan untuk memudahkan penguna agar bisa menentukan kematangan kopi yang diinginkan. setelah kopi disangrai maka proses selanjutnya adalah mengiling biji kopi.



kopi yang telah digiling akan menghasilkan serbuk atau powder kopi yang nanti pada penyajian ada yang suka disaring ampasnya atau tetap pakai ampas, itu semua tergantung selera dari si penikmat kopi.



Jenis Kopi Yang Banyak Dikenal

a. Kopi Arabika


Jenis kopi arabika sangat rentan terhadap serangan penyakit karat daun Hemileia vastatrix (HV), terutama bila ditanam di daerah dengan elevasi kurang dari 700 m, sehingga dari segi perawatan dan pembudayaan kopi arabika memang butuh perhatian lebih dibanding kopi Robusta atau jenis kopi lainnya. Kopi arabika saat ini telah menguasai sebagian besar pasar kopi dunia dan harganya jauh lebih tinggi daripada jenis kopi lainnya. Di Indonesia kita dapat menemukan sebagian besar perkebunan kopi arabika di daerah pegunungan toraja, Sumatera Utara, Aceh dan di beberapa daerah di pulau Jawa. Beberapa varietas kopi arabika memang sedang banyak dikembangkan di Indonesia antara lain kopi arabica jenis Abesinia, arabika jenis Pasumah, Marago, Typica dan kopi arabika Congensis.

b. Kopi Robusta 


Kopi robusta merupakan keturunan beberapa spesies kopi, terutama Coffea canephora. Tumbuh baik di ketinggian 400-700 m dpl, temperatur 21-24° C dengan bulan kering 3-4 bulan secara berturut-turut dan 3-4 kali hujan kiriman. Kualitas buah lebih rendah dari Arabika dan Liberika.

c. Kopi Liberika


Kopi Liberika adalah jenis kopi yang berasal dari Liberia, Dan Afrika Barat. Kopi ini dapat tumbuh setinggi 9 meter dari tanah. Pada abad-19, jenis kopi ini didatangkan ke Indonesia untuk menggantikan kopi Arabika yang terserang oleh hama penyakit.

d. Kopi Charrier


Coffea charrieriana (atau Kopi Charrier atau Kopi charrieriana ) adalah spesies dari tanaman berbunga di keluarga Rubiaceae. Ini adalah kopi tanpa kafeina. yang hanya ditemukan di Kamerun. hanya tumbuhan ini yang diketahui tidak mengandung kafeina secara alami.

e. Coffea magnistipula


Coffea magnistipula adalah spesies dari tanaman berbunga di Rubiaceae keluarga . Ini adalah semak spesies Coffea yang endemik ke hutan Guinea rendah dari tropis Afrika Barat , khususnya Selatan Kamerun Plateau dan Chaillu Massif dari Gabon . Nama ilmiahnya berasal dari stipule besardi mana air hujan dan puing mengumpulkan. Tanaman ini tidak biasa di antaraspesies Coffea karena memiliki akar adventif.

No comments